4 Tahap Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa
Manfaat puasa berikut 4 Tahap Terjadi Pada Tubuh Saat Berpuasa

Berpuasa adalah ibadah wajib yang harus dijalankan oleh umat muslim di bulan Ramadan. Secara kesehatan, berpuasa mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia.

Bahkan puasa sering diterapkan oleh dokter kepada pasien yang hendak menjalani operasi.

Ketika berpuasa, organ tubuh akan mulai menyesuaikan diri, melakukan perbaikan dan membuat organ tubuh menjadi lebih kuat.

Lebih lanjut, berikut adalah yang terjadi kepada tubuh saat berpuasa.

Baca juga: 4 Menu Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Lansia. Nomor 3 Sangat Bahaya!

Kadar Gula dan Tekanan Darah Menurun

Saat pertama menjalani puasa maka tubuh akan menyesuaikan kadar gula dan tekanan darah hingga mendekati atau bahkan stabil.

Berbeda saat tidak menjalani puasa maka tubuh akan sangat sulit mengontrol kadar gula dan tekanan darah karena aktifitas makan sering tidak teratur.

Pada awal berpuasa inilah tubuh melakukan proses pembersihan diri dari berbagai zat yang tidak menguntungkan seperti racun dan sejenisnya.

Efeknya beberapa orang akan mengalami pusing atau sakit kepala, mual hingga rasa lapar berlebihan yang diakibatkan oleh tubuh yang mulai bekerja menyesuaikan pola makan.

Memperbaiki dan Meremajakan Sel Tubuh

Setelah tubuh mulai terbiasa dengan puasa maka proses selanjutnya pencernaan mulai kehilangan beban berat karena tidak adanya makanan yang diproses.

Ini sangat bagus untuk proses pencernaan yang di luar bulan Ramadan selalu bekerja tanpa henti kapan saja, berbeda saat puasa maka perut khususnya pencernaan mempunyai jadwal kapan akan mulai bekerja dan kapan bisa istirahat.

Pada tahap ini sel-sel tubuh mulai diperbaiki dan sel racun atau sel yang merugikan tubuh akan disingkirkan oleh sel darah putih. Pada tahap ini sel darah putih sangat dominan untuk bekerja melakukan recovery tubuh.

Peningkatan Energi dan Penyesuaian

Tahap ketiga tubuh akan mendapatkan cukup energi akibat dari penyesuaian tubuh sebelumnya. Pikiran pun mulai terbiasa dengan keadaan yang rutin dijalani dan telah mampu berkonsentrasi lebih baik lagi.

Ketika berpuasa tubuh akan sangat mudah dan cepat dalam melakukan perbaikan dirinya sendiri begitu pula sel darah putih yang dominan bekerja memperbaiki sel yang rusak.

Selain itu organ tubuh lain seperti usus, hati, ginjal, paru-paru dan kulit melakukan proses detoksifikasi dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Tubuh Lebih Sehat dan Terbiasa Puasa

Akan muncul lonjakan energi yang tidak didapatkan di awal-awal berpuasa, pikiran jadi lebih tenang dan mudah berkonsentrasi.

Tahap inilah proses perbaikan organ tubuh berada pada puncaknya, tubuh akan menyelesaikan proses penyembuhan dan penyempurnaa dengan proses keluarnya racun.

Orang yang berpuasa akan mempunyai organ tubuh yang berfungsi lebih maksimal daripada orang yang tidak berpuasa.

Baca juga: 6 Cara Tepat Mencegah Penyakit Stroke Paling Ampuh dan Terbukti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here