HomeFakta KesehatanPandangan Sering Kabur dan Pusing Tiap Bangun Tidur, Benarkah...

Pandangan Sering Kabur dan Pusing Tiap Bangun Tidur, Benarkah Tanda Hipertensi?

Apakah Anda pernah merasa pusing hingga pandangan sering kabur saat bangun tidur. Tentu hal ini menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Namun, adanya gejala ini bisa lebih dari sekadar kelelahan atau tidur yang tidak cukup. Gejala-gejala ini bisa menjadi tanda Anda mengalami hipertensi. Apakah hal ini benar? Simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Sering kabur dan pusing tiap bangun tidur tanda hipertensi?

Dalam istilah medis, pusing berputar biasanya dikenal dengan sebutan vertigo. Vertigo adalah kondisi maalah kesehatan yang biasanya berhubungan dengan kelainan pada sistem saraf pusat atau kelainan pada sistem keseimbangan tubuh.

Hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik lebih 90 mmHg. Namun, perlu diketahui jika tidak semua penderita hipertensi akan merasakan adanya gejala. Oleh sebab itu, hipertensi sering disebut silent killer.

Baca juga: Simak, 7 Cara Atasi Hipertensi dengan Perawatan di Rumah

Sementara pandangan kabur dan pusing tiap bangun tidur sering dikaitkan dengan tanda-tanda awal hipertensi. Sebab, ada beberapa gejala hipertensi yang disertai gangguan seperti sakit kepala dan pandangan yang kabur ketika bangun tidur.

Dilansir dari Detik health, berikut ini beberapa gejala hipertensi:

  • Sakit kepala atau pusing. Kepala yang terasa pusing atau sakit, terutama di bagian belakang kepala, adalah gejala umum hipertensi.
  • Napas pendek. Sulit bernapas atau napas pendek bisa terjadi karena tekanan darah tinggi memengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah dengan efisien.
  • Nyeri dada. Nyeri dada atau ketidaknyamanan bisa terjadi sebagai akibat dari kerusakan pada pembuluh darah atau jantung akibat hipertensi.
  • Penglihatan kabur. Gangguan penglihatan, seperti penglihatan kabur atau berkedip, bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi.
  • Mudah lelah saat aktivitas.

Cara mencegah hipertensi

Guna menghindari gejala yang semakin parah dan kondisi yang lebih serius, sebaiknya Anda rutin untuk melakukan medical check up. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah risiko terjadinya hipertensi, diantaranya:

  1. Makan dengan sehat. Konsumsi makanan rendah garam, rendah lemak jenuh, dan kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh.
  2. Berolahraga secara teratur. Lakukan aktivitas fisik aerobik seperti berjalan kaki, berlari, atau berenang selama setidaknya 30 menit sehari.
  3. Kurangi konsumsi alkohol dan rokok. Batasi konsumsi alkohol dan hindari merokok, karena keduanya dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
  4. Kelola stres. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau teknik relaksasi lainnya.
  5. Kontrol berat badan. Pertahankan berat badan yang sehat dengan mengikuti pola makan seimbang dan aktif secara fisik.
  6. Lakukan pemeriksaan rutin. Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur dan periksakan kondisi kesehatan Anda kepada dokter.

Pandangan kabur dan pusing tiap bangun tidur dapat menjadi tanda-tanda awal hipertensi, tetapi mereka juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor lain. Penting untuk diingat bahwa hipertensi seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas, oleh karena itu, pemeriksaan rutin tekanan darah sangat penting.

Baca juga: 10 Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi (Hipertensi)

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengelola faktor risiko, kita dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan hipertensi dan mencegah komplikasi yang mungkin timbul. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan atau memiliki riwayat keluarga dengan hipertensi, segera konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan perawatan yang tepat.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

VeryHealth (2023). 9 High Blood Pressure (Hypertension) Symptoms. Diakses pada 28 Januari 2024.

Medical News Today (2024). What can cause dizziness when waking up?. Diakses pada 28 Januari 2024.

British Heart Foundation. High blood pressure – symptoms and treatment. Diakses pada 28 Januari 2024.

Detik Health (2024). Pandangan Kabur-Pusing Berputar Tiap Bangun Tidur, Apakah Tanda Hipertensi Dok?. Diakses pada 28 Januari 2024.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care