HomeKankerMengenal Klasifikasi Stadium Kanker Nasofaring dan Penyebarannya

Mengenal Klasifikasi Stadium Kanker Nasofaring dan Penyebarannya

Karsinoma nasofaring atau kanker nasofaring adalah salah satu jenis kanker ganas yang menyerang tenggorokan, tepatnya pada lapisan luar nasofaring. Lapisan ini biasanya dapat ditemukan pada tenggorokan bagian atas.

Meski begitu, kanker nasofaring sulit untuk dikenali karena jarang menimbulkan gejala yang spesifik. Gejala biasanya baru disadari ketika kanker nasofaring sudah di tahap lanjut. Lantas, apa saja jenis-jenis stadiun kanker nasofaring? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Mengenal 5 Stadium Gagal Ginjal, Simak yuk!

Mengenal lebih spesifik kanker nasofaring

Sebelum mengetahui klasifikasi stadium pada kanker nasofaring, alangkah lebih baik jika Anda mengenal dahulu secara spesifik kanker nasofaring.

Nasofaring sendiri adalah salah satu bagian tenggorokan yang terdapat di belakang rongga hidung dan terletak di balik langit-langit mulut. Oleh sebab itulah, biasanya kanker nasofaring ditandai dengan munculnya beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan ketika mendengar, bernapas, hingga berbicara.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa memang kanker nasofaring belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun, terdapat dugaan bahwa kondisi ini berkitan dengan infeksi virus EBV (Eipstein-Barr) yang penularannya melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi. Virus ini memang jarang menimbulkan infeksi berkepanjangan, namun bisa menyebabkan penyakit seperti mononukeleosis.

Mengetahui jenis stadium kanker nasofaring

Guna mengetahui jenis stadium kanker nasofaring, dokter biasanya akan melakukan beberapa tahapan pemeriksaan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti:

  • Biopsi, yaitu pengambilan sampel jaringan di nasofaring bersamaan dengan prosedur nasaendoskopi kemudian akan diperiksa di laboratorium patologi anatomi.
  • Nasofaringoskopi atau nasoendoskopi, yaitu prosedur untuk melihat bagian dalam nasofaring menggunakan bantuan alat khusus bernama nasofaringoskop dan metode endoskopi.

Setelah melakan pemeriksaan fisik, barulah dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui stadiun kanker nasofaring melalui CT Scan, MRI, PET Scan, dan tes rontgen.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh 4 Jenis Kanker Payudara yang Bisa Terjadi pada Wanita

Berikut ini 4 macam stadium pada kanker nasofaring yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kanker nasofaring stadium 0

Stadium kanker nasofaring paling awal adalah stadium 0 atau disebu juga kanker in situ. Pada stadium ini, muncul gejala sel abnormal yang berisiko menjadi kanker dan berpotensi menyebar ke jaringan lain di dekatnya.

2. Kanker nasofaring stadium 1

Memasuki stadium 1, sel abnormal di nasofaring mulai berubah menjadi kanker. Pada tahap ini, kanker bisa jadi sudah menginvasi atau menyebar ke jaringan di sekitarnya, seperti orofaring atau bagian tenggorokan yang berada di balik rongga mulut.

3. Kanker nasofaring stadium 2

Memasuki kanker nasofaring stadium 2, kanker mulai menyebar ke satu atau beberapa kelenjar getah bening di bagian leher atau di balik faring (saluran yang menghubungkan trakea dan hidung). Pada tahap ini, tidak ditemukan sel kanker di organ lain.

4. Kanker nasofaring stadium 3

Memasuki stadium 3, menunjukan bahwa kanker sudah mulai parah. Kanker nasofaring sudah menyebar ke tulang dan organ sinus di sekitarnya.

5. Kanker nasofaring stadium 4

Stadium 4 adalah tingkat paling parah pada kanker nasofaring. Pada level ini, kanker sudah menyebar ke jaringan atau organ tubuh lainnya yang berada jauh dengan nasofaring. Kanker kemungkinan juga telah menyerang tulang selangka hingga paru-paru.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Halodoc (2019). Kenali 4 Stadium Karsinoma Nasofaring. Diakses pada 11 Juni 2023.

Mayo Clinic (2022). Nasopharyngeal carcinoma. Diakses pada 11 Juni 2023.

Cancer.net (2022). Nasopharyngeal Cancer: Stages and Grades. Diakses pada 11 Juni 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang