Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

0
58
Bahaya Kecanduan Gadget bagi Anak
Bahaya Kecanduan Gadget bagi Anak

Semakin berkembangnya teknologi tentu saja akan sangat mempermudah segala urusan kita, baik dalam hal pekerjaan ataupun untuk mencari hiburan semata. Tapi semakin berkembangnya teknologi tentu akan ada masalah baru yang akan dihadapi oleh masyarakat diantaranya adalah kecanduan gadget. Kecanduan gadget ini bisa saja menjangkit orang dewasa ataupun anak – anak.

Kecanduan gadget yang sudah akut terutama pada anak dapat merusak kesehatan fisik maupun mental si anak. Konon kecanduan gadget ini sama parahnya dengan kecanduan terhadap alkohol ataupun narkoba.

Memang dengan adanya gadget si anak dapat mempelajari banyak hal dari mulai melatih otak, menari, olahraga ataupun banyak hal lainnya. Tapi jika si anak mulai kecanduan bermain gadget dan melupakan kehidupan sosialnya itu tentu akan berdampak sangat buruk bukan ? Si anak bisa saja menjadi pribadi yang introvert, kurang percaya diri dan juga mungkin tidak bisa mengeluarkan bakatnya jika dilihat banyak orang.

Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin anak atau keponakanmu mengalami masalah seperti diatas ada loh cara untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut adalah beberapa tips yang patut dicoba untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak :

  1. Jadi contoh yang baik untuk anak
    Kerap kali seorang anak akan mengikuti apa yang ada disekitarnya terutama kebiasaan yang sering dilakukan orang tuanya. Si anak tentu akan mengambil contoh dari apa yang ia lihat dan juga rasakan. Jika orang tua sering menggunakan gadget terus menerus di depan anak, tentu si anak akan merasa penasaran dan akan mencoba menggunakan gadget itu seperti orang tuanya. Jadi usahakan untuk selalu kurangi penggunaan gadget ketika di depan si anak yah!
  2. Membatasi penggunaan gadget si anak
    Tips kedua, jika si anak mulai kecanduan gadget sebaiknya mulai kurangi penggunaan gadget untuk si anak. Anda bisa membatasi penggunaan gadget sesuai dengan kelompok umurnya. Para ahli menyarankan agar si anak mengakses gadget maksimal 1-2 jam per hari. Tapi pembatasan penggunaan gadget juga harus disesuaikan dengan kelompok umurnya :
    – Untuk anak dibawah 2 tahun sebaiknya tidak disarankan untuk diberi akses untuk menggunakan gadget. Jika terpaksa hanya untuk usia 1,5 tahun keatas aja yah, itu juga hanya boleh diberikan gadget tidak lebih dari 1 jam.
    – Kelompok selanjutnya ada di umur 2 – 5 Tahun, gunakan gadget hanya 1 jam perhari. Penggunaan gadget untuk kelompok umur ini usahakan adalah tayangan yang berkualitas yang bisa merangsang tumbuh kembang anak.
    – Kelompok ketiga adalah umur 6 tahun ke atas. Penggunaan maksimalnya usahakan tidak lebih dari 2 jam per hari atau hanya boleh di akhir pekan saja.
  3. Jangan berikan akses penuh
    Tips ketiga, jangan berikan akses penuh pada gadget si anak. Cara ini sangat penting untuk mencegah si anak membuka atau menonton tayangan yang tidak sesuai dengan si anak. Sekarang banyak kok aplikasi di smartphone yang bisa membatasi akses di anak untuk menggunakan gadgetnya seperti kakatu, kids place dan aplikasi lainnya.
    Selain itu pastikan juga tv, komputer ataupun gadget lainnya dekat dengan ruang keluarga agar masih dalam pengawasan orang tua.
  4. Ajarkan untuk bisa menahan diri
    Ini adalah tips yang penting buat si anak. Ketika anak ingin menggunakan gadget ada sebaiknya anda ajarkan untuk menahan diri atau alihkan untuk melakukan permainan yang dapat merangsang tumbuh kembang anak. Pastikan permainan yang diberikan adalah permainan yang mereka senangi yah, agar si anak tidak merasa bosan dan jenuh.
  5. Beri tahu anak bahaya menggunakan gadget terlalu lama
    Tips ini bisa dilakukan untuk anak usia 5 tahun keatas karena usia tersebut sudah mengerti dan mudah memahami apa yang dikatakan orang tua. Orang tua bisa membahas tentang bahaya gadget untuk mata. Pastikan juga ketika menjelaskan pada anak gunakan bahasa yang mudah dipahami untuk anak atau bisa juga jika orang tua mahir menggambar bisa gunakan gambar sebagai objek untuk menjelaskan kepada anak tentang bahaya terlalu lama menggunakan gadget.

Beberapa tips diatas mungkin perlu waktu untuk bisa diterapkan kepada anak, karena perlu kesabaran yang ekstra agar si anak mau dan mengerti akan bahaya menggunakan gadget terlalu lama. Peran orang tua ataupun lingkunan sekitar juga sangat penting bagi anak dalam menggunakan gadget.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi :
https://id.theasianparent.com/6-tips-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak
https://www.alodokter.com/ini-cara-mengatasi-anak-yang-kecanduan-gadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here