Bahaya Meletakan Ponsel Di Samping Saat Tidur

0
27
Bahaya Menaruh Ponsel Dekat saat Tidur
Bahaya Menaruh Ponsel Dekat saat Tidur ( Source : tribunnews.com )

Semakin berkembangnya teknologi terkadang kita semakin tergantung terhadap teknologi tersebut. Saking tergantungnya, banyak dari kita yang selalu membawa ponsel kemanapun, bahkan saat ia tertidur.

Ketika akan tidur, tidak jarang orang meletakan ponselnya di samping ataupun dibawah bantal saati tertidur. Ini dimaksudkan ketika itu bunyi kita tidak bingung untuk mencarinya.

Tapi tahukah kamu cara tersebut sangat membahayakan kesehatan ?

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau sering disebut dengan WHO ketika seseorang tertidur dan meletakan ponselnya berdekatan saat tertidur akan sangat berbahaya dan dapat merusak otak akibat radiasi yang di pancarkan oleh ponsel. Radiasi yang dipancarkan akan memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan terjadinya kanker atau tumor.

Hal tersebut sangat rentan menyerang anak – anak yang baru tumbuh karena kulit kepala dan juga tengkoraknya lebih tipis dibandingkan orang dewasa.

Selain itu ada beberapa masalah lain yang akan diderita jika seseorang sering meletakan ponsel didekatnya saat tertidur :

  1. Sulit Tidur
    Cahaya biru yang dipancarkan ponsel akan menghambat produksi hormon kamu terutama hormon melatonin. Hormon ini sangat berguna untuk mengatur tidurmu. Selain itu pancaran sinar biru juga dapat menyebabkan mengganggu jam biologis tubuhmu.
    Untuk antisipasi pastikan kamu mematikan ponsel atau meletakannya jauh dari tempat tidurmu.
  2. Konsentrasi akan berkurang
    Hal bahaya selanjutnya adalah berkurangnya konsentrasi yang diakibatkan ponselmu. Kok bisa ? Ini bisa terjadi karena ponselmu akan mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang akan mempengaruhi kualitas tidurmu. Efek ini akan menyebabkan kualitas tidurmu terganggu karena radiasi tadi menyebabkan aliran darah yang dialirkan ke otot tidak maksimal. Karena itu saat kamu bangun pagi, kamu akan mengalami kurang konsentrasi, nyeri dan juga kurang fokus.

Itu adalah beberapa bahaya yang diakibatkan kebiasaan saat menyimpan ponsel di dekat kamu saat tertidur. Jadi selalu biasakan untuk mematikan ponsel saat tertidur ataupun menyimpan ponsel jauh dari tempatmu tertidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here