perawat lansia, perawat homecare, homecare, home care
Pentingnya memilih perawat lansia

“Kenapa kita harus kiat memilih perawat lansia yang baik?”

Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

  • Peranan perawat lansia bagi kesehatan orang tua sangatlah penting, umumnya guna meningkatkan kegiatan merawat serta kualitas hidup pasien, khususnya bagi para orang tua yang sudah lanjut usia. Perawat bisa membantu untuk memberikan bantuan dalam hal perawatan secara lebih konsisten. Sehingga masalah kesehatan pasien dapat diatasi dengan cepat.

    Untuk para lansia, semakin tua akan semakin menurun kemampuannya. Entah itu fisik atau kognitif. Terkadang lansia, akan mudah pikun dan sulit melakukan berbagai aktivitas. Berarti anda harus merawatnya dengan baik. tapi sayangnya anda sibuk bekerja. Pilihan paling tepatnya tentu menggunakan jasa dari perawat lansia. Sehingga orang tua anda terawat dengan baik dan anda pun tak perlu khawatir lagi.

  • Berikut ini fungsi perawat lansia yang baik:
      • Memberi Bantuan non Medis
        Kegiatan home care bukan serta merta hanya menyangkut soal medis dan kesehatan saja. Berbagai bantuan non medis untuk melakukan kegiatan sehari-hari juga turut dikerjakan oleh perawat. Terutama bagi pasien berkebutuhan khusus yang tidak bisa lagi melakukan aktivitas ringan seperti mandi, mengambil makanan, secara independen.
      • Tugas dan Tanggung Jawab
        Perawat lansia menawarkan perawatan medis untuk orang tua seperti memantau kondisi tubuh pasien, mengelola dan pemantauan obat, perawatan infeksi dan luka, dan pembuatan laporan kondisi perkembangan pasien.
      • Mudah Beradaptasi
        Pilihlah seorang perawat lansia yang mudah beradaptasi. Jangan memilih yang terlalu cuek. Dia harus bisa beradaptasi dengan pasien maupun anggota keluarga lainnya. apalagi perawat tersebut akan tinggal di rumah anda. dia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga tahu apa yang harus dilakukan kalau suatu hal buruk terjadi. Karena merawat lansia berbeda dengan merawat bayi.
    • Memiliki Rasa Empati
      Memilih perawat lansia selanjutnya dengan memilih perawat yang memiliki rasa empati. Kalau dia tidak memiliki rasa empati, pasti tidak bisa merawat lansia dengan baik. dia hanya melakukan tugas yang dilakukan tanpa memiliki empati atau kehati-hatian. Akhirnya orang tua anda tidak bisa terawat dengan baik. dia harus sabar dan ikhlas dalam merawat untuk mengabdikan diri ke lansia. Memang hal ini tidak bisa dilihat secara langsung, oleh karena itu sebelum memilih perawat anda bisa melakukan wawancara terlebih dahulu.
  • Tips untuk mendapatkan perawat lansia yang baik:
      • Mampu berkomunikasi dengan baik
        Selain beradaptasi dengan cepat, perawat Lansia juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Bisa menyampaikan pesan dengan jelas. Bisa melontarkan sebuah pertanyaan sederhana yang mampu memperoleh jawabannya dengan jelas pula. Gaya komunikasinya bisa disesuaikan dan paling tepat. Ini penting agar perawat dapat mengambil hati orang yang dirawatnya. Lansia pun akan menganggapnya sebagai teman berbagi.
      • Memiliki rasa humor
        Humor seringkali bisa menjadi senjata ampuh dalam hal mencairkan suasana kaku dan membosankan. Humor juga seketika bisa menghadirkan keakraban satu sama lain. Lansia dengan Demensia cenderung senang jika diajak tertawa. Jadi Anda harus memilih perawat Lansia yang secara alami memiliki selera humor yang cukup baik demi memberikan suasana nyaman ke Lansia.
    • Memaksimalkan kesehatan pasien lansia
      Membantu meningkatkan kesehatan lansia dan mengedukasi keluarga terkait cara merawat serta tindakan medik saat darurat.

Nah sudah tahu kan bagaimana cara memilih perawat lansia yang baik, maka dari itu kami bisa membantu anda dalam memberikan perawat yang baik untuk anda.

Insan medika persada dapat membantu anda untuk mendapatkan perawat home care , caregriver , perawta lansia , dan lain-lain yang baik dan berkualitas.

Jangan lupa kunjungi website kami : www.insanmedika.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here