Kandungan dan dampak akibat ledakan granat asap di Monas
Kandungan dan dampak akibat ledakan granat asap di Monas. (oegickmedianews.com & ksmtour.com)

Masyarakat Indonesia dihebohkan oleh berita adanya sebuah granat yang meledak di dalam kompleks Monumen Nasional (Monas) Jakarta Utara pada Selasa, 3 Desember 2019.

Diinformasikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono bahwa benar ledakan berasal dari granat asap. “Hasil temuan tim di lapangan ini adalah granat asap yang meledak,” ucap Eddy yang dikutip dari Kompas.com.

Granat asap tersebut meledak ketika dipegang oleh Serma Fajar Arisworo salah satu anggota TNI, akibatnya tangan sebelah kiri Fajar mengalami luka yang cukup parah. Tidak hanya Fajar yang menjadi korban ledakan granat ini, Praka Gunawan Yusuf pun terkena efek ledakan.

Sehingga kedua anggota TNI tersebut terpaksa dilarikan ke rumah sakit RS Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta Pusat dan tengah menjalani perawatan intensif.

Umumnya granat asap digunakan dalam dunia kemileteran untuk mengkomunikasikan pesan di zona perang. Terdapat beberapa warna asap yang ditimbulkan, setiap warna mempunyai makna yang berbeda-beda.

Dalam pembuatan granat asap yang berwarna dibutuhkan berbagai kandungan seperti kalium, magnesium karbonat, minyak tanah, tricalcium phosphate, klorat, laktosa dan pewarna. Sedangkan untuk pembuatan granat asap berwarna putih dapat mengandung hexachloroethane-zinc dan aluminium glanular.

Meski granat asap sudah dirancang sedemikian rupa untuk tidak terlalu berbahaya bagi manusia, nyatanya bom asap tetap mempunyai dampak yang cukup buruk dan dapat menimbulkan luka bakar, luka akibat ledakan dan mengiritasi kulit.

Selain itu, kandungan belerang dan natrium bikarbonat dalam granat asap sangat berbahaya bagi sistem pernapasan dan dapat menimbulkan iritasi pada paru-paru.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Insan Medika mempunyai empat layanan utama, yaitu: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Bayi/Anak. Khusus pembaca artikel ini dapatkan harga spesial untuk setiap penggunaan jasa perawat.* Pesan sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here