HomeFakta KesehatanHati-hati Penyakit Stroke bisa Menyerang Anak Muda, Kok bisa?

Hati-hati Penyakit Stroke bisa Menyerang Anak Muda, Kok bisa?

Tampaknya mustahil jika anak muda bisa mengalami stroke. Kebanyakan stroke terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia. Namun, faktanya stroke sendiri bisa menyerang orang yang usianya masih muda, contonya remaja. Kenapa bisa? Apa yang menjadi penyebabnya? Simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Spastisitas Pasca Stroke, Simak!

Penyebab stroke terjadi pada anak muda

Stroke adalah kondisi medis yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang, sehingga jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal ini yang dinilai menjadi penyebab dari terjadinya stroke.

Selain itu, diperkirakan 10 persen stroke terjadi pada orang yang berusia di bawah 50 tahun. Penyebabnya, tak lain karena penggunaan obat-obatan terlarang dan kondisi genetik.

Nah, berikut ini ada beberapa penyebab lain penyakit stroke yang terjadi pada anak muda:

1. Hipertensi

Penyakit stroke umumnya terjadi karena komplikasi dari penyakit medis, seperti ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi tekanan darah normal. Hal ini memang tidak umum terjadi pada anak muda. Sulit untuk mengobati jika anak muda sudah mengalami hipertensi. Pasalnya, hipertensi sendiri dapat mengganggu pembuluh darah dan dapat menyebabkan penyakit stroke.

2. Anemia sel bit

Anemia sel sabit adalah kondisi darah turunan yang dapat menyebabkan penggumpalan darah abnormal (seperti bulan sabit). Hal ini disebabkan oleh proses yang disebut ‘sickling,’ atau perubahan karakteristik dalam bentuk sel darah merah.

Akibatnya, pasokan darah dan oksigen tidak dapat mengaliri secara sempurna terutama ke bagian kepala. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya stroke di usia muda.

3. Kelainan pembuluh darah

Penyebab selanjutnya yang dapat memicu terjadinya stroke di usia muda adalah kelainan pembuluh darah. Contohnya adalah aneurisma otak dan malformasi arteri.

Aneurisma otak adalah pembesaran pembuluh darah di otak akibat dinding pembulu darah yang lemah. Sedangkan, malformasi arteri adalah pertumbuhan pembuh darah arteri dan vena yang abnormal.

Kedua kelainan ini dapat menyebabkan terbentuknya gumpalan atau stroke iskemik dan bahkan dapat meningkatkan risiko terjadinya pembuh darah pecah atau stroke hemarogik.

4. Penggunaan obat atau perawatan tertentu

Seperti yang disebutkan di awal jika penggunaan obat-obatan atau perawatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke pada usia muda. Beberapa obat-obatan atau perawatan yang memicu seperti:

  • Rokok dan alkohol. Perlu diketahui jika penggunaan rokok, minuman beralkohol, pil kafein, bahkan narkoba menjadi faktor risiko terbesar penyebab stroke pada anak muda.
  • Perawatan kanker. Akibat perubahan fisiologi tubuh dan efek samping pengobatan anti kanker dapat meningkatkan pembentukan gumpalan darah.
  • Terapi hormon atau menggunakan obat hormon. Penggunaan steroid, pil KB, hingga terapi hormon dapat memicu terjadinya stroke.

5. Masalah pada jantung

Selain obat-obatan, masalah pada jantung ternyata dapat mengakibatkan terjadinya stroke, baik dari detak jantung yang tidak teratur, masalah fungsi jantung, hingga serangan jantung.

Namun perlu diketahui, jika penyakit jantung bawaan umumnya terdiagnosis pada usia yang sangat dini. Sehingga akan sangat mungkin jika hal ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Baca juga: Memahami Stroke Serta Stadium dan Tingkatannya

Tips agar terhindar dari stroke saat usia muda

Mencegah stroke adalah langkah yang amat penting dan perlu dilakukan sejak dini. Agar terhindar dari stroke saat usia muda ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang, seperti sayur dan buah-buahan.
  • Olahraga rutin setidaknya 20-30 menit per hari. Olahraga yang bisa dilakukan seperti, jalan kaki, bersepeda, lari, berenang, dan olahraga lainnya.
  • Hindari mengonsumsi alkohol, rokok, dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
  • Rutin untuk memantau tekanan darah dan memeriksa kondisi ke dokter.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Halodoc (2018). Harus Tahu 4 Penyebab Stroke yang Terjadi di Usia Muda. Diakses pada 29 Oktober 2023.

Everyday Health (2023). How Old Do You Have to Be to Have a Stroke? Younger Than You Think. Diakses pada 29 Oktober 2023.

Medical News Today (2023). What causes a stroke in young adults?. Diakses pada 29 Oktober 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care