HomeKesehatanBeragam Gejala, Kenali 7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling...

Beragam Gejala, Kenali 7 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum Terjadi

Penyakit autoimun adalah kondisi medis yang muncul ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan dan organ tubuhnya sendiri. Sistem kekebalan yang normalnya dirancang untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit, pada kasus penyakit autoimun, malah menyerang diri sendiri. Ini bisa menyebabkan berbagai gejala dan masalah kesehatan serius. Pada ulasan berikut akan membahas mengenai penyakit autoimun, penyebab, gejala, dan jenis penyakit autoimun yang umum diketahui.

Baca juga: 7 Jenis Penyakit ini termasuk Silent Killer: Kenali Gejala dan Pencegahannya

Apa itu penyakit Autoimun?

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang jaringan tubuh sendiri. Ini dapat merusak berbagai organ dan jaringan, serta menyebabkan berbagai gejala yang bervariasi tergantung pada jenis penyakit dan organ yang terkena. Penyebab pasti penyakit autoimun masih belum sepenuhnya dipahami, tetapi ada faktor genetik dan lingkungan yang memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit ini.

Penyebab penyakit Autoimun

Meskipun penyebab pasti penyakit autoimun masih menjadi misteri, ada beberapa faktor yang diyakini berkontribusi terhadap perkembangan penyakit ini:

1. Genetika: Ada faktor genetik atau keturunan yang kuat dalam penyakit autoimun. Jika ada riwayat keluarga dengan penyakit autoimun, risiko terkena kondisi serupa dapat meningkat.

2. Faktor Lingkungan: Paparan berbagai faktor lingkungan seperti infeksi, paparan toksin, dan polusi udara dapat memicu respons autoimun pada individu yang rentan.

3. Hormon: Hormon, terutama estrogen, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan berperan dalam penyakit autoimun yang lebih umum terjadi pada wanita.

Gejala penyakit Autoimun

Gejala penyakit autoimun dapat sangat bervariasi tergantung pada jenis penyakit dan organ yang terkena. Beberapa gejala umum yang dapat muncul meliputi:

  • Kelelahan berlebihan. Mudah mengalami kelelahan serta rasa lelah yang kronis adalah gejala umum pada banyak penyakit autoimun.
  • Peradangan. Peradangan kronis di berbagai bagian tubuh, seperti sendi, kulit, atau organ dalam.
  • Nyeri sendi. Nyeri dan bengkak pada sendi yang mirip dengan arthritis (peradangan pada sendi).
  • Gangguan kulit. Ruam, kemerahan, dan masalah kulit lainnya.
  • Gangguan pencernaan. Masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS) atau penyakit celiac.
  • Gangguan tiroid. Ketidakseimbangan hormon tiroid yang dapat menyebabkan hipertiroidisme atau hipotiroidisme.
  • Kerusakan organ. Penyakit autoimun dapat merusak berbagai organ, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, dan otak.

Baca juga: Mengenal Scalp Psoriasis, Penyakit Kulit yang Mirip Ketombe

7 jenis penyakit Autoimun yang umum yang sering terjadi

1. Arthritis Reumatoid. Sebuah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sendi, menyebabkan peradangan, nyeri, dan kerusakan sendi.

2. Lupus. Kondisi autoimun yang mempengaruhi kulit, sendi, ginjal, dan berbagai organ tubuh lainnya.

3. Penyakit Celiac. Reaksi autoimun terhadap gluten, yang dapat merusak usus dan menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Penyakit Hashimoto. Autoimunitas yang mengarah pada gangguan tiroid dan hipotiroidisme.

5. Penyakit Graves. Sebaliknya dari Hashimoto, ini adalah autoimunitas yang menyebabkan hipertiroidisme.

6. SLE (Systemic Lupus Erythematosus). Kondisi autoimun yang dapat memengaruhi berbagai organ dan jaringan dalam tubuh.

7. Penyakit Addison. Kerusakan kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon, yang mengarah pada berbagai gejala termasuk kelelahan dan penurunan berat badan.

Penanganan penyakit Autoimun

Penanganan penyakit autoimun bergantung pada jenis penyakit dan tingkat keparahannya. Pengobatan dapat mencakup obat antiinflamasi, imunosupresan, dan terapi fisik. Selain itu, gaya hidup sehat, termasuk diet yang sesuai, olahraga, manajemen stres, dan tidur yang cukup, dapat membantu mengelola gejala penyakit autoimun.

Penyakit autoimun adalah kondisi yang kompleks dan sering kali menghadirkan tantangan bagi individu yang terkena. Memahami apa itu penyakit autoimun, penyebabnya, dan gejala yang mungkin muncul adalah langkah pertama dalam pengelolaan dan penanganannya. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, penting untuk segera berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Healthline (2023). Everything to Know About Autoimmune Diseases. Diakses pada 22 Oktober 2023.

Web MD (2023). What Is an Autoimmune Disease?. Diakses pada 22 Oktober 2023.

Medical News Today (2023). Autoimmune diseases: All you need to know. Diakses pada 22 Oktober 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care