HomeKesehatan5 Penyakit atau Gangguan Penglihatan pada Lansia Yang Paling...

5 Penyakit atau Gangguan Penglihatan pada Lansia Yang Paling Banyak Terjadi

Rabun pada mata yang banyak diderita oleh orang lanjut usia adalah salah satu penyakit gangguan penglihatan yang umum terjadi pada orang dengan usia di atas 65 tahun.

Orang yang telah berusia di atas 65 tahun telah dikategorikan ke dalam orang lanjut usia (lansia) atau manusia lanjut usia (manula).

Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa satu dari tiga orang lanjut usia mengalami penurunan fungsi pada penglihatannya.

Baca juga: Daftar 17 Penyakit Pada Lansia Yang Patut Diwaspadai

5 Penyakit atau Gangguan Penglihatan pada Lansia

Berikut 4 jenis gangguan penglihatan yang dapat terjadi pada orang lanjut usia:

1. Katarak

Katarak terjadi akibat adanya lapisan yang menempel pada lensa mata sehingga mengakibatkan pandangan menjadi buram karena sulitnya cahaya masuk ke mata.

Penderita mata katarak akan kesulitan untuk membaca, berjalan, mengemudi dan kegiatan lainnya. Penyakit mata katarak dapat disembuhkan melalui operasi.

2. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata akibat meningkatnya tekanan pada mata dan dapat berisiko menyebabkan kebutaan secara permanen.

Penyakit mata Glaukoma dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usia, keturunan (genetik), penyakit diabets dan penggunaan obat-obatan.

Pada awal kemunculan penyakit ini sangat jarang diketahui karena tidak menimbulkan gejala yang dapat dirasakan langsung oleh penderitanya.

Dibutuhkan penanganan khusus oleh dokter untuk melakukan pemeriksaan secara lebih mendalam untuk mengetahui fungsi syaraf pada mata hingga memeriksa tekanan dan visual.

3. Age-Related Macular Degeneration (AMD)

Penyakit mata akibat degenerasi makula yang ada pada area retina mata sebagai fungsi pusat penglihatan ini sangat umum terjadi pada orang lanjut usia.

Faktor usia menjadi penyebab utama seseorang mengalami penyakit AMD, meski begitu, beberapa faktor penyebab seperti keturunan, penyakit dan kebiasaan merokok juga berperan meningkatkan risiko AMD pada seseorang.

4. Retinopati

Penyakit penglihatan ini disebabkan oleh komplikasi diabetes yang memengaruhi suplai darah menuju retina terhenti. Penderita penyakit mata Retinopati Diabetes akan mengalami penglihatan buram.

Pada awal kemunculan, penyakit mata ini tidak menimbulkan gejala sama sekali dan dapat menyebabkan kebocoran cairan pada mata. Pada kondisi yang lebih buruk, penglihatan akan semakin bermasalah.

5. Presbiopi

Penyakit mata ini disebabkan oleh penurunan fungsi elastisitas lensa dan otot pada mata akibat bertambahnya usia. Beberapa gejala yang dialami oleh penderita penyakit mata ini adalah:

  • Gangguan pandangan jarak dekat.
  • Mata mudah lelah serta pegal.
  • Mengalami nyeri kepala.

Dibutuhkan pemeriksaan dan pengobatan secara khusus oleh dokter untuk menangani masalah penyakit mata ini.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care