Caregiver Siap Siaga Dalam Keadaan Darurat Pada Lansia Penurunan Kesadaran.

0
52
Caregiver Siap Pertolongan Pertama pada Keadaan Darurat Penurunan Kesadaran pada Lansia. Source : klikdokter.com

Pertolongan pertama adalah tindakan langsung yang diberikan kepada lansia yang mengalami keadaan yang membahayakan jiwanya sebelum ambulan atau petugas kesehatan tiba.

Tujuan dari pertolongan pertama adalah untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk menyelamatkan hidup lansia. Hal penting yang perlu diperhatikan oleh Caregiver diantaranya :

  1. Segera hubungi petugas kesehatan dan ambulan.
  2. Meminta bantuan orang terdekat atau tetangga.
  3. Amankan lingkungan sekitar lansia dan hindarkan jalur pemindahan lansia dari penghalang.
  4. Selama menunggu bantuan datang, jangan melakukan tindakan tertentu apabila tidak yakin atau ragu-ragu.
  5. Menanyakan apa saja yang bisa dilakukan kepada petugas kesehatan melalui alat bantu komunikasi.

Lansia dapat mengalami gangguan kesadaran dan terjadi secara mendadak yang dapat disebabkan oleh payah jantung, serangan jantng, infeksi paru-paru, infeksi saluran kemih, gula darah terlalu rendah atau gula darah terlalu tinggi dan kadar garam terlalu rendah, dsb. Bila Caregiver mendapati lansia mengalami penurunan kesadaran/tidak sadarkan diri, sebaiknya lakukan hal berikut :

  • Baringkan lansia tanpa alas bantal di kepala.
  • Naikkan bagian kaki dengan menambahkan ganjalan (bisa dengan menggunakan bantal atau selimut yang digulung) sehingga posisi mata kaki lebih tinggi dari dada pasien.
  • Pastikan tidak ada sesuatu yang menutupi bagian hidung dan tenggorokan lansia agar tetap dapat bernafas dan aliran udara tetap masuk. Bila ada segera bersihkan. Periksa apakah masih ada nafas dan denyut jantung dengan meletakkan tangan di atas dada lansia, dari hidung terasa ada hembusan angin yang berasal dari pernafasannya. Bila tidak ada pernafasan, lakukan pernafasan buatan dengan meniupkan udara pernafasan kita ke lansia melalui mulut atau hidung.
  • Selain itu, segera periksa adakah denyut nadi leher. Bila tidak ada, maka segera lakukan penekanan/lompresi jantung dari luar sebanyak 15 kali, diselingi 2 kali pernafasan buatan sehingga menghasilkan denyut jantung sekitar 100 x/menit.
  • Jika lansia muntah maka miringkan badan dan kepala agar tidak tersedak.
  • Sambil melakukan pertolongan, segera panggil orang lain agar mencari pertolongan petugas kesehatan dan mencari ambulans untuk bantuan lebih lanjut.
  • Tunggu hingga bantuan dan jangan memberikan makanan atau minuman selama memberikan bantuan.
Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here