Beda Lupa Normal dan Lupa Demensia

0
124
Depresi yang terjadi bersamaan dengan demensia memang bisa terjadi. Dari segi gejala, depresi yang ditandai dengan kehilangan minat, juga terjadi pada kegiatan yang selama ini mampu dilakukan sendiri, sehingga ketika tidak lagi dilakukan, haruslah dibedakan apakah tidak dilakukannya tersebut karena enggan atau karena tidak mau, ataukah tidak mampu.
Source : Tribunnews.com

Bagaimana Membedakan Lupa Normal dan Lupa Demensia?

Kalau lupa biasa -apalagi pada lansia- biasanya dapat mengingat kembali,mungkin dalam waktu yang lebih lama atau dengan pancingan. Untuk activity daily living (ADL) juga masih mandiri. Sedangkan pada demensia, lupa akan hal yang baru sehingga akan bertanya berulang-ulang, ADL-nya juga perlu dibantu.

Gangguan ingatan atau memori yangberkaitan dengan usia normal tidak menghalangi Anda untuk menjalani kehidupan yang produktif. Misalnya Anda kadang lupa nama seseorang atau salah meletakkan kacamata (di dalam kulkas, mislanya), tetapi kemudian dapat mengingatnya kembali. Perubahan dalam memori ini umumnya dapat dikelola dan tidak mengganggu kemampuan untuk bekerja, hidup mandiri atau mempertahankan kehidupan sosial.

Sedangkan, gangguan ingatan atau memori yang mengganggu aktivitas hidup adalah salah satu tanda demensia yang pertama atau yang paling dikenali. Hal ini berhubungan dengan informasi mengenai 10 gejala demensia Alzheimer dan juga dapat terlihat dari beberapa hal berikut ini, seperti mengajukan pertanyaan yang sama berulang-ulang, melupakan kata-kata ‘tempat tidur’, bukan ‘meja’ misalnya, membutuhkan waktu lebih lama menyelesaikan tugas sehari-hari yang familiar, tersesat saat berjalan atau mengemudi di area yang akrab, memiliki perubahan dalam suasana hati atau perilaku tanpa alasan yang jelas. (Dr. Fifi,SpS)

Lupa NormalLupa Demensia
Lupa nama orang yang jarang ketemuLupa nama orang yang sering ketemu
Lupa sebagian dari suatu kejadian dalam waktu singkatLupa menjadi lebih sering dari sebelumnya
Lupa meletakkan benda pada tempat yang seharusnyaBicara berulang-ulang tentang hal yang sama pada saat bicara
Perubahan mood masih sesuaiPerubahan mood tidak dapat diprediksi
Perubahan minatKehilangan minat dan kesulitan membuat keputusan
Mengeluh sering lupa tapi dapat memberikan conto hal yang dilupakanMengeluh lupa hanya bila ditanya dan tidak dapat memberikan contoh apa yang dilupakan
Sesekali kesulitan menemukan kata yang tepat saat bicaraSering kesulitan menemukan kata yang tepat saat berbicara bahkan kadang mensubstitusinya
Kadang kesulitan menentukan arah tapi tidak tersesat di lingkungannyaTersesat bahkan di lingkungannya sekitar rumah
Ingat hal penting, pembicaraan tidak tergangguSering lupa hal penting, kemampuan bicara sangat menurun
Kehidupan sosial seperti biasaKehilangan minat untuk aktivitas sosial
Perbedaan Lupa Normal dengan Lupa Demensia (Dr.dr. Aldy S. Rambe,SpS(K), spesialis saraf)

Bagaimana Membedakan Gejala Depresi yang Mengarah pada Demensia Alzheimer atau Bukan ?

Depresi yang terjadi bersamaan dengan demensia memang bisa terjadi. Dari segi gejala, depresi yang ditandai dengan kehilangan minat, juga terjadi pada kegiatan yang selama ini mampu dilakukan sendiri, sehingga ketika tidak lagi dilakukan, haruslah dibedakan apakah tidak dilakukannya tersebut karena enggan atau karena tidak mau, ataukah tidak mampu.

Jika yang pertama yang terjadi, maka hal tersebut berkaitan dengan depresinta dan bukan karena tak mampu melakukannya; ini yang disebut sebagai pseudodemensia. Sementara jika memang karena tidak mampu lagi melakukan aktivitas tersebut, maka sangat mungkin berkaitan dengan demensia.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here