HomeFakta KesehatanAwas! Kenali 7 Dampak Negatif Tak Pemanasan Sebelum Olahraga

Awas! Kenali 7 Dampak Negatif Tak Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan sebelum olahraga adalah langkah penting yang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat meningkatkan risiko cedera dan memiliki efek negatif lainnya terhadap tubuh.

Lantas, apa saja bahaya yang terjadi jika tubuh tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga? Mengapa aktivitas ini begitu penting bagi tubuh?

Baca juga: Sedang Viral! Kenali 5 Manfaat Olahraga Pound Fit bagi Kesehatan Tubuh

Sekilas tentang pentingnya pemanasan sebelum olahraga

Pemanasan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan sebelum olahraga. Tujuannya untuk membantu meningkatkan suhu tubuh serta membantu tubuh beradaptasi dengan kegiatan olahraga yang akan Anda lakukan, sehingga tubuh tidak kaget.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemanasan sebelum olahraga sangat penting:

  • Membantu mempercepat detak jantung dan pernapasan. Sehingga, aliran darah yang kaya oksigen dan nutrisi yang dibutuhkaan otot dapat mengalir dengan lancar.
  • Mencegah Cedera. Pemanasan membuat otot menjadi lebih lentur dan tidak kaku lagi.
  • Meningkatkan Kelenturan. Pemanasan melibatkan gerakan peregangan yang membantu meningkatkan kelenturan otot dan sendi. 
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah. Pemanasan sebelum olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan organ tubuh lainnya. 
  • Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi. Pemanasan sebelum olahraga juga membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi mental. 

Sesi pemanasan yang baik, berlangsung dalam waktu 5-10 menit. Aktivitas yang bisa dilakukan untu pemasan seperti latihan kardiovaskular yang dikombinasikan dengan peregangan. Latihan ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan suhu tubuh, serta meningkatkan detak jantung.

Baca juga: Denyut Jantung Terasa Tidak Beraturan, Berbahayakah?

Bahaya tidak melakukan pemanasan sebelum bekerja

Tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat meningkatkan risiko cedera dan memiliki efek negatif lainnya terhadap tubuh. Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat terjadi diantaranya:

1. Meningkatkan risiko terjadinya cedera

Tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga dapat membuat otot dan sendi menjadi kaku. Ketika Anda langsung melakukan gerakan olahraga yang intens, risiko cedera seperti keseleo, otot terkilir, atau robekan otot dapat meningkat.

Selain itu, tak melakukan pemanasan sebelum olahraga juga dapat mengakibatkan aliran darah kurang banyak menuju otot. Hal ini akan membuat otot kurang siap dalam menyediakan energi untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga.

2. Mengurangi fleksibilitas

Pemanasan umumnya melibatkan gerakan seperti peregangan, yang dapat membantu meningkatkan kelenturan otot dan seni. Tanpa melakukan pemanasan, maka otot-otot ini akan menjadi kaku dan kurang fleksibel.

3. Menurunkan performa

Pemanasan sebelum olahraga membantu meningkatkan aliran darah ke otot dan mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik yang lebih berat. Tanpa pemanasan, performa Anda selama olahraga dapat menurun karena otot dan sistem kardiovaskular tidak siap

Pasalnya, dengan pemanasan maka sirkulasi darah dan detak jantung lancar, sehingga sendi-sendi akan melonggar dan aliran darah yang diterima otot menjadi meningkat.

4. Dapat mengurangi fokus dan konsentrasi

Pemanasan dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Tanpa pemanasan, Anda mungkin merasa tidak siap secara mental dan sulit mencapai performa terbaik Anda.

5. Mengganggu kualitas tidur

Tidak melakukan pemanasaan saat akan olahraga dapat menganggu kualitas tidur Anda berantakan. Pasalnya, otot yang tegang akan menganggu kenyamanan. Berbeda jika Anda melakukan rangkaian pemanasan dengan baik maka akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Selain melakukan pemanasan sebelum olahraga, lakukan peregangan juga sebelum tidur secara rutin. Dengan begitu, tidur Anda akan menjadi lebih nyenyak dan rileks.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Ketahui 7 Efek Buruk Akibat Kurang Tidur

6. Risiko nyeri punggung bawah

Dari banyak kasus terjadi, setelah olahraga biasanya paha belakang, pinggul, dan sekitar otot panggul akan terasa sakit. Hal itu terjadi karena tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Pasalnya, paha belakang, pinggul, dan sekitar otot panggul memiliki peran penting dalam mengurangi beban tekanan pada tulang lumbar belakang. Jangan khawatir, sebab kondisi ini dapat dicegah dan diatasi.

7. Detak jantung menjadi meningkat

Ketika olahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Bahaya tak melakukan pemanasan sebelum olahraga adalah dapat mengakibatkan jantung berdetak cepat secara tiba-tiba.

Jantung umumnya akan menyesuaikan ritme berdetak sesuai dengan dorongan darah ke seluruh tubuh. Sehingga, memungkinkan detak jantung dan peredaran darah menjadi lebih efisien.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Lifestyle (2022). These are the dangers of skipping the warm-up before training. Diakses pada 30 Juli 2023.

Healthline (2019). 6 Warmup Exercises to Help Boost Your Workout. Diakses pada 30 Juli 2023.

Verywellfit (2020). Should You Warm Up Before Exercise?. Diakses pada 30 Juli 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care