HomeCaregiver7 Peran Teknologi Bagi Pelayanan Home Care, Simak yuk!

7 Peran Teknologi Bagi Pelayanan Home Care, Simak yuk!

Berkembangnya teknologi tentu mempengaruhi banyak aspek, salah satunya di bidang pelayanan kesehatan. Kecanggihan teknologi dapat memudahkan aktifitas manusia dengan cepat dan instan.

Hal itu juga berlaku bagi pelayanan home care. Teknologi yang canggih sangat memberikan dampak positif bagi perawat/caregiver. Sebaliknya, perawat/caregiver juga harus mampu untuk bisa menggunakan serta memanfaatkan teknologi saat ini.

Home care sendiri merupakan layanan kesehatan yang dilakukan dirumah kepada pasien yang menderita sakit. Tujuannya untuk memulihkan, mempertahankan, meningkatkan kesehatan, mengoptimalkan kesembuhan pasca perawatan di rumah sakit.

Berikut ini adalah peran teknologi bagi pelayanan home care yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Transformasi Teknologi Dalam Dunia Caregiver

1. Memudahkan untuk berkomunikasi

Berkomunikasi dalam dunia layanan kesehatan home care adalah hal yang sangat diwajibkan. Karena sangat penting bagi perawat/caregiver untuk bisa berkomunikasi dengan mudah dengan pasien ataupun dokter.

Oleh sebab itu perkembangan aplikasi pada ponsel pintar kini sangat berperan untuk efektifitas waktu bagi perawat/caregiver khususnya untuk berkomunikasi. Hanya dengan lewat chat atau pesan singkat, Anda bisa sangat mudah berkomunikasi dengan dokter terkait kesehatan atau progress dari pasien.

2. Memudahkan untuk mencari informasi

Sebagai perawat home care, melek akan informasi khususnya dunia kesehatan adalah hal yang sangat penting. Karena itu akan sangat berpengaruh ketika merawat pasien home care.

Teknologi dalam hal ini sangat berperan karena memudahkan perawat mengetahui informasi seputar obat, sikap, atau bahkan tindakan yang tepat untuk pasien tanpa harus membawa buku-buku yang berat.

3. Memudahkan mencatat progress kesehatan pasien

Salah satu tanggung jawab seorang perawat homecare/caregiver adalah progress kesehatan pasien, yang harus disampaikan kepada penyedia layanan hingga keluarga pasien.

Hal itu kini bisa diatasi sangat mudah. Berkembangnya aplikasi, software, bahkan perangkat online memudahkan para perawat/caregiver untuk mencatat riwayat medis pasien hanya dengan satu aplikasi terpusat. Yang mana dalam laporan tersebut bisa dimonitor oleh orang-orang yang bersangkutan.

4. Memudahkan monitoring secara online

Pelayanan pada home care sendiri dilakukan atas pengawasan dokter. Teknologi yang berkembang saat ini membuat dokter bisa monitoring kondisi pasien secara online.

Dengan begitu pasien juga tak perlu cape untuk berkunjung langsung untuk bisa tau kondisi/progress pada pasien.

5. Membuat alur kerja menjadi lebih sederhana

Perkembangan digital di dunia teknologi membuat semua hal bisa dilakukan secara online. Salah satunya pelayanan yang bisa diatur secara online. Dengan begitu alur yang disiapkan tidak sepanjang ketika pasien harus datang ke rumah sakit/tempat pelayanan secara langsung.

Kini pasien dapat membuat janji, mendaftar, hingga melakukan konsultasi secara langsung dengan pelayanan home care dengan waktu yang telah ditentukan.

6. Menyimpan dan merawat data jadi lebih mudah

Teknologi tidak hanya menguntungkan pasien dan tenaga medis saja. Namun juga sangat berperan penting bagi penyedia layanan kesehatan.

Adanya teknologi, membuat pelayanan menjadi lebih mudah dan dapat menyimpan data penting hingga rekam medis milik pasien menjadi lebih aman. Selain itu, penyedia layanan dapat dengan mudah membuka dan menyimpan data kembali secara semula.

7. Sebagai alat pemasaran

Sebagai alat pemasaran, teknologi sangat berpengaruh bagi pelayanan kesehatan khususnya home care. Berkembangnya media sosial sekarang membuat jasa pelayanan home care menjangkau pasien yang lebih luas.

Layanan home care dapat memasang iklan atau membuat website yang memuat informasi mengenai jasa layanan yang ditawarkan. Terlebih kini banyak orang mudah untuk mengakses dunia digital meskipun dari jarak jauh.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang