HomeLukaTerjadi Eksim di Kelopak Mata, Ini Ternyata Penyebabnya

Terjadi Eksim di Kelopak Mata, Ini Ternyata Penyebabnya

Eksim adalah kondisi peradangan yang terjadi pada kulit. Kondisi ini bisa menyerang sejumlah bagian tubuh, termasuk kelopak mata. Lantas, apa yang menjadi penyebanya? Bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Eksim di kelopak mata

Eksim dalam istilah medis bisa disebut dermatitis autopik. Kondisi ini biasaya menimbulkan gejala yang khas, seperti munculnya rasa gatal, kemerahan pada kulit, hingga tanda peradangan yaitu bercak abu-abu kecoklatan. Kondisi ini cenderung kambuh dan mempengaruhi bagian kulit mana pun, salah satunya kelopak mata. Hal ini biasanya terjadi pada satu atau pada kedua mata.

Baca juga: Ketahui Eksim dari Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Berikut Ini

Eksim sendiri umumnya terjadi karena sel-sel dalam kulit mendeteksi bahaya sehingga kulit menimbulkan rekasi berupa peradangan. Selain itu, munculnya eksim juga diyakini ada hubungannya dengan respon sistem kekebalan tubuh yang telalu aktif terhadap alergen.

Beberapa gejala yang biasanya terjadi pada eksim di kelopak mata antara lain:

  • Mata bengkak,
  • Gatal,
  • Kulit kelopak mata kering dan iritasi,
  • Ada sensasi terbakar dan rasa sakit,
  • Terjadi ruam merah dan bersisik,
  • Kulit menebal, berkerut, dan pecah-pecah.

Faktor penyebab eksim di kelopak mata

Meski belum diketahui penyebabnya secara pasti, namun kebanyakan kasus orang yang mengalami eksim di bagian mata terjadi karena bakteri Staphylococcus aureus di kulit. Jenis bakteri ini dapat menyebabkan masalah dan berkembang biak dengan cepat.

Dilansir dari Alodokter, para ahli menyimpulkan bahwa kondisi ini dapat terjadi karena adanya faktor genetik yang memengaruhi perlindungan kulit. Kulit yang sehat dapat membantu mempertahankan kelembapan tubuh dan melindungi dari iritan, alergen, dan bakteri.

Sedangkan, kulit pada kelopak mata dinilai lebih tipis dibandingkan kulit tubuh lainnya. Selain itu juga terdapat sedikit lemak dan banyak pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan kulit di area kelopak mata mudah mengalami eksim atau dermatitis.

Faktor penyebab lain yang diduga menjadi faktor penyebab eksim di kelopak mata diantaranya:

  • Makanan yang memicu alergi,
  • Cairan lensa kontak (softlens),
  • Obat tetes mata,
  • Produk yang mengandung wangi atau parfum,
  • Obat-obatan,
  • Tungau debu,
  • Produk perawatan, seperti skincare,
  • Bulu hewan peliharaan.

Baca juga: 5 Obat Eksim Alami Tradisional dan Cara Menggunakannya

Cara mengatasi eksim di kelopak mata

Cara mengatasi atau mengobati eksim di kelopak mata disarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kulit. Doket akan melakukan pemeriksaan terkait gejala dan riwayat kesehatan Anda.

Berikut ini ada beberapa pilihan pengobatan eksim di kelopak mata, diantaranaya:

1. Menggunakan salep kortikosteroid

Dilansir dari National Eczema Society, salep kortikosteroid ringan dengan 0,5–1% hidrokortison aman jika digunakan untuk mengobati eksim di area kulit kelopak mata. Salep ini berguna untuk membantu mengurangi gatal dan peradangan kulit akibat eksim.

Namun, jika gejala eksim yang Anda alami lebih parah, dokter biasanya juga dapat meresepkan salep kortikosteroid yang lebih kuat.

2. Memperhatikan penggunaan produk perawatan kulit

Menghindari terjadinya eksim di areaa kelopak mata, Anda perlu memperhatikan kembali penggunaan produk perawatan kulit yang digunakan. Sebab, orang dengan dermatitis atopik perlu melakukan perawatan kulit wajah yang baik.

Hindari menggunakan sabun wajah yang memiliki kandungan alkohol atau pewangi. Gunakan pelembab kulit secara rutin untuk menghindari kulit kering. Jika area kelopak mata gatal, hindari untuk menggaruk atau menyentuhnya. Cukup kompres dengan handuk dingin untuk mengurangi rasa gatal.

Baca juga: Waspada, Kenali 5 Bahaya Penggunaan Skincare Abal-abal

3. Salep Calcineurin inhibitor

Dokter biasanya juga meresepkan salep calcineurin inhibitor untuk mengobati eksim di kelopak mata. Obat ini biasanya digunakan sebagai alternatif kortikosteroid yang tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

Salep ini terdiri dari dua jenis, yaitu takrolimus dan pimekrolimus. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menghambat protein tertentu yang memicu peradangan. Dilansir dari Hallo Sehat, salep ini tergolong lebih aman jika digunakan di kulit yang tipis seperti kelopak mata.

4. Hindari alergen dan iritan

Selanjutnya, Anda perlu menghindari hal-hal yang memicu terjadinya alergi dan iritasi. Salah satu contoh, Anda dapat menggunakan kacamata pelindung saat beraktivitas di lingkungan yang berdebu atau terkontaminasi. Sebab, bahan atau kondisi apapun dapat menyebabkan deramtitis atopik.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Halodoc (2019). Eksim di Kelopak Mata, Apa Penyebabnya?. Diakses pada 5 Mei 2023.

Mayo Clinic (2020). Atopic dermatitis (eczema). Diakses pada 5 Mei 2023.

Cleveland Clinic (2021). Eyelid Dermatitis. Diakses pada 5 Mei 2023.

Medical News Today (2021). Eczema on eyelids: Causes, treatments, and more. Diakses pada 5 Mei 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer