HomeKesehatan LansiaMengenal Aquafit, Olahraga Air yang Aman dan Sehat untuk...

Mengenal Aquafit, Olahraga Air yang Aman dan Sehat untuk Lansia

Keterbatasan fisik pada orang yang sudah lanjut usia kerap membuat mereka enggan untuk berolahraga. Bukan sehat, namun hal itu malah membuat tubuh lansia semakin rapuh. Padahal, banyak olahraga yang mudah, aman, dan cocok dilakukan oleh para lansia, salah satunya adalah olahraga Aquafit.

Baca juga: Kenali Olahraga yang Tepat untuk Lansia

Apa itu olahraga Aquafit?

Aquafit atau olahraga aerobik air adalah latihan ketahanan tubuh lewat penggabunagn gerakan tubuh bagian atas dan bawah dengan menggunakan media air. Olahraga ini termasuk olahraga yang tidak terlalu berat dan menyenangkan, sehingga cocok untuk dilakukan oleh lansia.

Hal ini bahkan dibuktikan langsung oleh instruktur Fitness First yang menjelaskan, bahwa gerakan Aquafit memang sesuai dengan lansia karena ramah dan tak terlalu sulit. Selain itu, olahraga Aquafit juga dinilai dapat mengurangi risiko cedera pada lansia saat bergerak.

Sama halnya dengan senam aerobik pada umumnya, olahraga Aquafit juga menggunakan iringan musik. Sementara, untuk teknik yang biasanya dilakukan dalam olahraga ini memiliki tujuh teknik, diantaranya: lunge, push, squat, hinge, gait, dan rotate. Pada gerakan rotate, dinilai dapat melatih fleksibilitas lansia.

Baca juga: Mengenal Line Dance, Olahraga Lansia yang Dapat Pertajam Daya Ingat

Manfaat olahraga Aquafit bagi lansia

Terdapat beberapa manfaat olahraga Aquafit terutama bagi lansia, diantaranya:

  • Membantu untuk melatih kekuatan tubuh, tanpa menggunakan alat-alat berat yang berisiko membahayakan tulang dan persendian.
  • Membantu keseimbangan. Fluiditas air dapat membantu lansia melatih keseimbangan, memberi lebih percaya diri.
  • Meningkatkan fleksibilitas. Dengan dukungan air dapat meningkatkan fleksibilitas, yang membantu otot Anda.
  • Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Menggabungkan olahraga berat dengan tekanan air dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan sirkulasi.
  • Membantu untuk masa pemulihan. Terutama bagi lansia yang mengalami stroke dan diabetes.
  • Mengatur berat badan. Melakukan olahraga Aquafit dapat membantu membakar kalori hingga 200-300 kalori. Hal ini juga membantu meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Memperkuat tulang. Olahraga berbasis air dapat menjaga atau meningkatkan kesehatan tulang.
  • Meredakan nyeri sendi. Dengan sedikit ketegangan pada sendi, air memberi Anda manfaat terapeutik, dan dapat meredakan nyeri.

Cara melakukan olahraga Aquafit

Pada dasarnya, gerakan yang digunakan dalam olahraga Aquafit tidak terlalu rumit. Namun, karena berada di dalam air, sehingga mendapatkan beban sebagaimana bergerak di dalam air.

Selain itu, untuk melakukan olahraga ini dibutuhkan kolam dengan kedalaman 1,5 meter dengan posisi tubuh yang sebagian besar terendam air. Hanya bagian pundak ke atas yang berada di atas permukaan air. Sehingga, sekitar 90% berat tubuh menjadi lebih ringan.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Pilates untuk Kesehatan Lansia, Kuatkan Otot dan Sendi

Tips melakukan olahraga Aquafit dengan aman

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika ingin melakukan olahraga Aquafit, diantaranya:

  • Gunakan pakaian renang yang aman dan nyaman. Dalam hal ini, bisa menggunakan baju renang one piece full cut yang terbuat dari poliester dan bukan spandeks. Jangan menggunakan t-shirt atau celana longgar.
  • Ikat rambut atau gunakan topi renang. Tujuannya agar nyaman dan tidak mengganggu saat proses olahraga.
  • Gunakan kacamata dan sepatu air. Hal ini untuk mempertahankan traksi di dalam kolam.
  • Bisa gunakan peralatan apung seperti sabuk flotasi dan papan tendangan. Kedanya dapat memberikan stabilitas tambahan saat melakukan olahraga air.
  • Bisa gunakan peralatan resistif seperti, dumbbel busa, sarung tangan berselaput dan sirip berenang, dan penimbangan pergelangan kaki. Peralatan-peralatan ini bersifat opsional namun bisa digunakan untuk membantu meningkatakn instensitas latihan di dalam air.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Bethesda Health (2017). Health Benefits of Water Aerobics for Seniors. Diakses pada 3 Mei 2023.

Kumparan (2018). Aquafit, Aerobik Air yang Punya Banyak Manfaat. Diakses pada 3 Mei 2023.

Aquatic Performance Training (2022). 5 Benefits of Water Aerobics For Seniors. Diakses pada 3 Mei 2023.

Senior Lifestyle. 5 Simple and Fun Water Aerobics Exercises for Seniors. Diakses pada 3 Mei 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang