HomeNewsRapid Test Antigen Sebagai Syarat Baru Perjalanan Keluar Kota...

Rapid Test Antigen Sebagai Syarat Baru Perjalanan Keluar Kota Saat Pandemi

Hari ini tanggal 18 Desember 2020, Pemerintah memutuskan menggunakan rapid test antigen sebagai syarat untuk melakukan perjalanan keluar kota. Aturan ini berlaku mulai 18 Desember sampai 8 Januari 2021. 

Namun, ketentuan ini hanya berlaku untuk calon penumpang yang menggunakan angkutan udara, laut dan juga bus.

“Jadi begini, untuk rapid test antigen itu kan menjadi kebijakan nasional, artinya bagi maskapai bagi yang akan membeli tiket itu diwajibkan calon penumpangnya melakukan hasil rapid test antigen ketentuannya misal naik maskapai A membeli tiket biasanya itu sudah dipersyaratkan. Nah mulai tanggal 18, sampai dengan tanggal 8 Januari, semuanya wajib disertakan rapid test antigen,” kata Syafrin Liputo.

Dilanjutkannya, calon penumpang angkutan udara akan menjadi prioritas untuk dilakukan pengecekan rapid test antigen.

Lalu apa itu rapid test antigen ?

Rapid test antigen merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi infeksi virus corona di tubuh kita. Rapid test antigen ini akan memeriksa imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukan adanya infeksi virus saat ini. Pada kasus SARS-CoV-2, virus menyebabkan COVID-19, memiliki beberapa antigen yang diketahui yaitu nukleokapsid fosfoprotein dan spike glikoprotein. Rapid test antigen ini bisa mengungkap jika seseorang sedang terinfeksi patogen seperti virus SARS-CoV-2. 

Karena itu, rapid test antigen ini paling baik dilakukan ketika orang baru saja terinfeksi. Karena sebelum antibodi muncul saat melawan virus yang masuk kedalam tubuh, ada peran antigen yang bertugas untuk mempelajarinya. 

Mekanisme tes ini tidak begitu berat dengan bahan kimia yang lebih sedikit dibandingkan tes PCR, selain itu tes ini memiliki hasil yang lebih cepat dibanding dengan hasil dari PCR, hanya butuh waktu sekitar 30 – 60 menit.

Apakah Kinerja rapid test antigen lebih baik dari PCR dan rapid test antibodi ?

Walaupun lebih baik dari rapid test antibodi, rapid test antigen ini masih kurang begitu akurat jika dibandingkan dengan menggunakan test PCR. Tapi rapid test antigen ini bisa membantu menyaring orang – orang yang membutuhkan tes yang lebih pasti. Umumnya rapid test antigen diperuntukan untuk orang – orang yang memiliki resiko besar terpapar virus corona.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

- Advertisement -