Cara Meredakan Nyeri Akibat Jari Terjepit

0
66
Meredakan Nyeri akibat jari kejepit
Meredakan Nyeri akibat jari kejepit

Jari tangan kejepit ketika menutup pintu? Pasti sakit dan juga perih rasanya. Tapi ketika kamu mengalami kejadian tersebut jangan buru – buru cemas yah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri akibat jari tangan yang kejepit. 

Bagaimana cara meredakan jari tangan yang kejepit pintu ?

Jari tangan yang kejepit pintu biasanya sering terjadi baik itu dialami anak – anak maupun orang dewasa. Kejadian ini biasanya karena kita kurangnya kehati – hatian.

Kejepit pintu ini biasanya akan mengalami rasa nyeri dan juga bengkak pada jari tangan yang terjepit> Selain itu ketika jari tangan kejepit juga bisa menyebabkan peradangan dan juga kesulitan ketika menggunakan ujung jari yang terluka.

Cara terbaik untuk meredakan jari yang terjepit biasanya dengan mengobati peradangan yang menjadi penyebab jari mengalami rasa nyeri, bengkak dan juga kemerahan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa sakit ini, diantaranya :

1. Kompres dengan air es

Saat kamu atau keluargamu mengalami kejadian jari kejepit. Caranya kamu bisa tempelkan es yang sudah dibungkus handuk ataupun kain dengan lembut ke jari yang mengalami cedera. Lakukan cara ini selama 10 – 15 menit, selama beberapa kali sehari.

Cara ini dapat mengurangi peradangan, pembengkakan dan rasa nyeri. Rasa dingin dari es juga bisa melegakan jari dari rasa sakit.

2. Istirahat sejenak dari aktivitas

Jika kamu kejepit saat bekerja, sebaiknya berhenti untuk istirahat sejenak. Terutama jika cedera pada jari dirasa cukup parah. Hal ini dilakukan untuk mencegah jari mengalami cedera lebih lanjut, terlebih jika cedera pada jari dinilai parah.

3. Angkat jari yang cedera

Ketika kamu mengalami cedera pada jari yang terjepit. Coba angkat jari kamu yang terluka di atas dada anda. Cara ini berguna untuk memperlambat aliran darah ke lokasi tersebut untuk membatasi peradangan dan juga tekanan pada jari. Ini penting dan juga perlu dilakukan secara rutin.

4. Minum obat pereda nyeri

Jika gejala yang ditimbulkan jari terjepit dirasa mengganggu kegiatan kamu, kamu bisa konsumsi obat untuk meredakan nyeri, seperti paracetamol ataupun ibuprofen.

5. Bersihkan dan juga tutupi luka yang terbuka

Ketika jari kamu kejepit dan menyebabkan kuku mengalami patah, sebaiknya kamu bersihkan area tersebut segera dengan lembut menggunakan sabun dan air ataupun bilasan menggunakan antibakteri. Lalu tutup luka dengan kain kasa atau perban yang steril.

Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan jari yang kejepit tergantung pada tingkat cedera dan juga lokasinya. Dalam waktu 48 jam setelah mengalami perawatan, biasanya rasa nyeri dan juga pembengkakan akan membaik. Tapi jika jari yang kejepit mengalami luka pada kulit dan kuku, proses penyembuhan akan memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 4 hari atau bisa sampai berminggu minggu.

Jika jari anda kejepit dan tidak bisa digerakan sama sekali, pergilah ke dokter agar dapat mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi :

https://www.healthline.com/health/smashed-finger#recovery

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here