Sering Menggunakan Softlens ? Kenali Bahayanya

0
50
Bahaya sering menggunakan softlens
Bahaya sering menggunakan softlens

Softlens kini semakin populer, banyak yang menggunakan alat bantu satu ini untuk mengatasi masalah penglihatan. Tapi banyak juga yang menggunakan softlens untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih menarik. Berbagai macam warna ditawarkan oleh banyak produk untuk menunjang penampilan bagi pemakainya. Tapi dari keindahan itu, ternyata ada bahaya yang ditimbulkan softlens untuk kesehatan mata loh.

Penasaran dampak buruknya ?

Jika kamu penasaran, Insan Medika akan memberikan beberapa dampak buruk bagi kamu yang sering menggunakan alat bantu satu ini. Tapi sebelum itu kita harus tahu dulu pengertian dari softlens ini agar bisa dijabarkan lebih rinci.

Pengertian Softlens ?

Softlens atau bisa kita sebut dengan lensa kontak merupakan lensa korektif, kosmetik atau terapi yang biasanya ditempatkan di kornea mata. Lensa Kontak ini dibuat dari plastik yang mengandung air.

Kegunaan Softlens ?

Seperti disebutkan diatas softlens ini bisa digunakan untuk memperbaiki ketajaman penglihatan, baik itu untuk penyakit rabun jauh, rabun dekat dan juga astigmatisme. Selain untuk memperbaiki ketajaman penglihatan softlens kadang digunakan untuk mempercantik penampilan terutama pada mata.

Bahaya dari penggunaan Softlens

Meskipun softlens dapat memberikan tampilan mata yang bagus dengan instan, tapi menurut sebagian orang penggunaan softlens ini agak sulit dalam penggunaannya. Mulai dari ketidakcocokan hingga tidak bisa digunakan dengan baik. Selain itu ada beberapa bahaya yang mengintai bagi pengguna softlens, diantaranya :

1. Mata menjadi kering

Mata Kering

Banyak pengguna Softlens yang mengalami masalah mata kering. Ini terjadi karena pengguna menggunakan softlens dalam jangka waktu yang panjang. Akibatnya akan mengganggu lapisan air pada mata.

2. Mata Merah

Mata Merah

Mata merah saat sudah menggunakan softlens bisa saja terjadi. Penyebabnya akibat dari kelalaian pengguna itu sendiri karena kebersihan yang tidak terjaga dan juga penggunaan yang tidak tepat. Selain itu mata merah juga bisa terjadi karena adanya alergi pada mata dan juga akibat penggunaan yang terlalu lama.

3. Abrasi Kornea

Abrasi Kornea merupakan trauma pada kornea yang mengenai lapisan epitel sehingga menyebabkan rasa nyeri yang hebat pada mata. Abrasi kornea ini bisa disebabkan karena penggunaan softlens yang kotor.

4. Infeksi dan Ulkus Kornea

Infeksi Mata

Penggunaan softlens yang keliru juga bisa menyebabkan permasalahan pada mata. Dampaknya mata bisa terkena infeksi dan juga Ulkus Kornea. Bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami kebutaan.

Itu adalah beberapa dampak yang bisa terjadi jika kamu menggunakan softlens. Jika kamu ingin menggunakan softlens sebaiknya belajar dahulu cara tepat menggunakan softlens. Selain itu gunakan softlens seperlunya saja, jangan terlalu lama agar tidak berdampak serius pada kesehatan mata. 

Gejala yang ditimbulkan

Ada beberapa gejala yang mungkin terjadi jika kamu mengalami iritasi pada mata saat menggunakan softlens, diantaranya :

  1. Ada rasa tidak nyaman pada area mata.
  2. Mengalami kelebihan air mata.
  3. Sensitif pada cahaya.
  4. Mata terasa gatal, terbakar dan juga seperti ada pasir di area mata.
  5. Mata merah yang tidak biasa.
  6. Penglihatan mata kabur.
  7. Terjadinya pembengkakan pada area mata.
  8. Timbulnya rasa sakit pada mata.

Lalu bagaimana langkah jika mata mengalami gejala di atas ?

Bila kamu mengalami gejala – gejala di atas, kamu bisa segera melepas lensa mata dan tidak menggunakannya kembali. Setelah itu, segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan lupa bawa lensa kontak yang bermasalah saat akan berkonsultasi pada dokter.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here