HomeKesehatanMengenal Prof. Dr. Ali Mohamed Zaki, Penemu virus Corona

Mengenal Prof. Dr. Ali Mohamed Zaki, Penemu virus Corona

Dilaporkan per hari ini Selasa, 28 Januari 2020 telah terdapat 106 korban meninggal dunia akibat infeksi virus corona (2019-nCoV) di Wuhan, China.

Para ilmuwan terus berupaya untuk membasmi virus ini, salah satu ilmuwan yang pernah bersinggungan dengan virus corona adalah Prof Dr Ali Mohamed Zaki, PhD.

Prof Ali pernah bekerja di Rumah Sakit Dr Soliman Fakeeh di Jedah Arab Saudi dan berhasil menemukan virus jenis baru pada pasien laki-laki berusia 60 tahun yang tengah mengalami gejala pneumonia.

Virus temuannya tersebut kemudian dipublikasikan di salah satu jurnal internasional, The New England Journal of Medicine (NEJM) pada 2013 yang lalu dengan judul “Hospital Outbreak of Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus“.

Coronavirus yang pada saat itu tengah mewabah di Timur Tengah dengan nama resmi Middle East Respiratory Syndrome-related coronavirus (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) akhirnya berhasil dikendalikan menggunakan vaksin.

Kedua virus tersebut menginfeksi paru-paru yang menyebabkan permasalahan pada saluran pernapasan dan menimbulkan gejala batuk, pilek hingga demam.

Gejala tersebut mirip dengan gejala yang ditimbulkan dari infeksi virus corona (2019-nCoV) yang mewabah di Wuhan China.

Pemecatan Prof Ali dan Hilangnya Petunjuk Mengenai Coronavirus

Keberhasilan Prof Ali dalam mengidentifikasi penyakit baru yang dialami oleh pasien 60 tahun tersebut tidak berbuah manis. Ia dipecat dari pekerjaannya saat tengah berada di kampung halamannya, Mesir.

Pemecatan Prof Ali ditenggarai oleh ketidaksukaan pihak tertentu terhadap publikasi mengenai temuan kasus coronavirus di ProMED, alhasil rumah sakit tempat prof Ali bekerja didesak untuk menghentikan kontrak kerja.

“Mereka tidak suka kasus ini muncul di proMED dan memaksa rumah sakit menghentikan kontrak saya. Selanjutnya saya terpaksa meninggalkan pekerjaan saya karena identifikasi dan menyebarkan info adanya virus berbahaya,” kata Prof Ali kepada The Guardian, pada 2013 yang lalu.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care