Cara Mencegah dan Mengobati Cantengan dengan Ampuh

0
991
Cara ampuh Mencegah dan mengobati cantengan
Mencegah dan mengobati cantengan dengan ampuh. (thepodiatrygroup.com)

Cantengan adalah kondisi pertumbuhan kuku yang masuk menembus kulit dan daging pada jari. Kebanyakan kasus cantengan terjadi pada kuku jempol kaki, namun tidak menutup kemungkinan cantengan juga bisa terjadi pada jari tengah atau jari tangan.

Beberapa penyebab seseorang mengalami cantengan adalah terlalu dalam memotong kuku, menggunakan sepatu sempit dan mengalami cidera yang menyebabkan pertumbuhan kuku terganggu.

Cantengan dapat menimbulkan rasa yang begitu menyakitkan terutama ketika tertekan atau terbentur benda keras. Tak jarang bagian jari yang cantengan akan berdarah dan diikuti dengan keluarnya nanah apa bila cantengan sudah lama atau parah.

Agar jari tidak mengalami cantengan, maka lakukanlah cara mencegah cantengan berikut ini:

Baca juga: Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

Cara mencegah cantengan

Seseorang yang mempunyai keluhan cantengan, baik di kuku jempol kaki atau mana pun pasti akan mengeluhkan kesakitan terutama ketika jari tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan atau melakukan olahraga.

Jangan sampai cantengan terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari, oleh sebab itu perhatikan tips mencegah jari mengalami cantengan berikut:

  • Jangan pernah memotong kuku terlalu dalam atau mengikuti bentuk jari. Cukup potong kuku lurus untuk menghindari pertumbuhan kuku menusuk kulit atau daging jari.
  • Jangan menggunakan sepatu atau kaus kaki sempit karena dapat menyebabkan jari dan kuku saling menekan. Apa bila kebiasaan ini terus terjadi maka dapat berisiko menyebabkan cantengan.
  • Bagi wanita, hindari menggunakan sepatu hak tinggi dan stocking yang ketat karena keduanya dapat menyebabkan tekanan pada jari kaki.
  • Lakukan perawatan kaki dengan relaksasi perendaman kaki ke dalam air hangat dan berikanlah pelembab.
  • Jangan menunda untuk melakukan perawatan atau operasi cantengan apa bila terdapat kuku yang tumbuh tidak normal. Segera konsultasikan ke dokter.

Dalam mengobati cantengan hanya ada dua metode, yaitu perawatan cantengan dan operasi cantengan dengan cara mencabut sebagian sisi kuku atau seluruh kuku.

Bagaimana cara melakukan perawatan cantengan?

  • Rutin merendam kaki ke dalam air hangat minimal tiga kali sehari, yaitu pagi, siang dan malam hari selama 15-25 menit. Campurkan sabun antiseptik untuk membantu membunuh bakteri yang berkembang pada area cantengan.
  • Bersihkan bagian cantengan secara perlahan dari sel-sel kulit yang mati dan tekan perlahan untuk mengeluarkan darah kotor atau nanah.
  • Mengganjal kuku bagian dalam menggunakan gumpalan kapas yang telah diberi cairan antiseptik seperti Rivanol untuk merenggangkan dan mengarahkan pertumbuhan kuku ke arah yang benar.
  • Oleskan krim atau salep antiseptik untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada area cantengan sebanyak 3 kali sehari setelah kaki dibersihkan dengan air hangat.
  • Selama melakukan perawatan cantengan ini diharapkan untuk tidak menggunakan kaos kaki atau sepatu hingga cantengan sembuh. Apa bila terpaksa diharuskan menggunakan sepatu, usahakan ukurannya lebih lebar.
  • Gunakan ingrown toe nail correction tool atau Alat untuk mengoreksi kuku yang cantengan.

Kapan Anda harus melakukan operasi cantengan?

  • Ketika cantengan Anda sudah parah dan tidak bisa dilakukan perawatan untuk mengembalikan pertumbuhan kuku kembali normal.
  • Ketika cantengan Anda sudah lama dan tak kunjung sembuh padahal sudah dilakukan perawatan dengan berbagai jenis obat atau salep.
  • Ketika cantengan Anda sudah bernanah dan menimbulkan rasa menyakitkan atau bau tak sedap.
  • Ketika jari yang mengalami cantengan sudah bengkak sehingga sering berdarah atau bernanah.

Jangan menunda lebih lama lagi, operasi cantengan tidak membutuhkan waktu lama dan biayanya pun cukup terjangkau sekitar Rp 34 ribu di Puskesmas.

Ketika cantengan tak kunjung diobati atau ditangani maka dapat menyebabkan masalah serius seperti infeksi yang menjalar hingga ke tulang.

Cantengan akan lebih berbahaya apa bila terjadi pada orang yang mempunyai penyakit diabetes karena dapat menyebabkan gangren.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here