Cantengan: Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Perawatan Secara Tepat

0
2798
Cara mengobati cantengan secara tepat dan ampuh
Cara mengobati cantengan secara tepat dan ampuh. (medicalnewstoday.com)

Cantengan disebabkan oleh tumbuhnya kuku yang menekan bagian kulit hingga melukai dan menembus daging pada jari khususnya ibu jari (jempol) kaki.

Cantengan selalu menimbulkan rasa sakit seperti nyut-nyutan terutama ketika jempol kaki yang cantengan tertekan. Selain itu, kondisi jempol kaki dapat berdarah hingga mengeluarkan nanah secara berkepanjangan.

Ketika cantengan sudah terlanjur menembus daging, satu-satunya cara menyembuhkan cantengan yang sudah parah adalah dengan operasi cantengan.

Penyebab Cantengan

Siapa saja dapat berisiko mengalami cantengan, baik di ibu jari, jari tengah atau bagian jari mana saja yang ditumbuhi oleh kuku. Berikut adalah penyebab utama cantengan:

  • Memotong kuku terlalu dalam. Kebanyakan kasus cantengan disebabkan oleh kesalahan memotong kuku terlalu dalam khususnya kuku jempol kaki. Selain kuku kaki yang keras, bagian jempol kaki juga sering mendapatkan tekanan dari sepatu.
  • Menggunakan sepatu sempit. Hati-hati menggunakan sepatu terlalu sempit karena dapat menekan ujung jempol sehingga mengganggu pertumbuhan kuku menjadi lebih menjorok ke dalam kulit.
  • Mengalami cidera kuku. Beberapa kecelakaan seperti tersandung atau terbentur benda keras yang menimbulkan kerusakan pada kuku dapat berisiko kuku tumbuh tidak normal sehingga timbul cantengan.
  • Melakukan aktivitas yang berisiko menimbulkan cantengan. Beberapa aktivitas olahraga seperti sapak bola, menari balet, rugby atau kick boxing dapat menyebabkan cidera pada kuku dan memengaruhi pertumbuhan kuku tidak normal.
  • Bentuk kuku. Selain faktor eksternal, cantengan dapat disebabkan oleh faktor bentuk kuku itu sendiri. Beberapa orang mempunyai bentuk kuku yang mengerucut seperti huruf ‘n’ ke dalam sehingga pertumbuhannya menusuk kulit dan menembus daging jari.

Baca juga: Berikut 10 Bumbu Dapur Yang Dapat Dijadikan Sebagai Obat Alami

Gejala cantengan

Gejala cantengan dapat langsung dirasakan oleh penderitanya ketika mendapati kuku yang tumbuh tidak normal, di antaranya sebagai berikut:

  • Timbul rasa perih, nyeri dan sakit pada area kuku yang tumbuh tidak normal.
  • Kulit dan daging jari mencuat di atas kuku dan kerap mengalami pendarahan apa bila tertekan.
  • Keluarnya nanah berwarna putih atau kuning dari jari yang cantengan.
  • Terjadi peradangan atau bengkak kemerahan pada bagian ujung jari, lama-lama akan berubah menjadi kehitaman.

Infeksi pada jari yang cantengan menyebabkan keluarnya darah dan nanah sehingga dibutuhkan pengobatan atau operasi cabut kuku apa bila cantengan sudah parah.

Mengatasi cantengan

Terdapat dua tindakan untuk mengatasi cantengan yang paling efektif dan terbukti berhasil menyembuhkan cantengan. Yaitu cara perawatan dan operasi cantengan.

1. Perawatan pada cantengan

Perawatan dapat dilakukan apa bila cantengan tidak begitu parah dan masih bisa diobati menggunakan salep atau tindakan khusus (terapi cantengan).

Lakukan langkah ini terlebih dahulu apa bila Anda tidak berani untuk melakukan operasi cabut kuku cantengan.

Cara perawatan untuk mengobati cantengan dapat dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Rendam kaki ke dalam air hangat selama 15-25 menit sebanyak tiga kali sehari. Bersihkan bagian yang cantengan dengan cara mengusapnya secara lembut hingga bersih. Jangan menambahkan garam ke dalam air hangat karena dapat menyebabkan rasa perih. Sebaiknya gunakan sabun antiseptik untuk membunuh kuman pada area yang cantengan.
  • Ketika kulit, daging dan kuku yang cantengan sudah lembut atau melunak, angkat kaki dan sisipkan bulatan kapas antara kuku dan daging jari bagian dalam. Pastikan kapas sebelumnya telah dibasahi menggunakan antiseptik seperti Rivanol atau obat merah.
  • Selain menggunakan kapas untuk memisahkan kuku dengan bagian kulit atau daging yang infeksi, Anda dapat menggunakan benar gigi. Caranya masukkan benang gigi ke dalam kuku dan tarik ke atas lalu tahan hingga tercipta rongga.
  • Gunakan alat untuk mengoreksi kuku cantengan seperti Ingrown Toe Nail Correction Tool yang banyak dijual di toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau Lazada.
  • Langkah terakhir adalah oleskan salep antibiotik pada jari yang mengalami cantengan secara menyeluruh lalu perban menggunakan kasa steril untuk menghindari kontaminasi dengan bakteri atau kuman.
Alat untuk mengoreksi kuku yang cantengan
Ingrown toe nail correction tool atau Alat untuk mengoreksi kuku yang cantengan

Lakukan terapi tersebut minimal dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa ‘nyut-nyutan’ atau nyeri pada jari yang cantengan.

2. Operasi cantengan

Apa bila tindakan perawatan atau terapi cantengan tidak kunjung membuahkan hasil, maka cara terakhir adalah dengan melakukan operasi cantengan.

Operasi cantengan dilakukan dengan cara mencabut kuku yang bermasalah baik secara keseluruhan atau hanya sebagian sisi kuku saja.

Anda dapat melakukan operasi cantengan cabut kuku di Puskesmas terdekat dengan biaya kurang lebih 34 ribu tanpa BPJS. Berikut langkah atau prosedur untuk melakukan operasi cantengan di Puskesmas.

  • Sebelum berangkat ke Puskesmas, siapkan uang secukupnya dan identitas pribadi seperti KTP atau BPJS jika ada.
  • Datang ke Puskesmas seawal mungkin, biasanya puskesmas mulai membuka pelayanan umum pada pukul 09:00.
  • Ambil nomor antrean dan daftarkan diri Anda sebagai anggota Puskesmas dengan mengisi berkas Administrasi. Beberapa kota menggratiskan pendaftaran anggota Puskesmas, namun ada pula yang diharuskan membayar sekitar Rp 10.000,00.
  • Pada beberapa Puskesmas ketika nomor antrean Anda dipanggil maka pada saat itu juga Anda akan didaftarkan terlebih dahulu ke Puskesmas tersebut oleh petugas Puskesmas sebelum akhirnya Anda diberikan nomor antrean berobat ke dokter.
  • Setelah Anda selesai mendaftar dan sudah mendapatkan nomor antrean berobat ke dokter, maka tunggulah sampai nama Anda dipanggil untuk melakukan operasi cantengan.

Jangan gugup atau takut, usahakan tetap tenang apa bila Anda telah memasuki ruangan operasi atau IGD. Berikut tindakan yang akan dilakukan oleh dokter untuk mengoperasi cantengan.

  • Dokter akan menyuntikkan bius ke tiga bagian jari atau jempol. Bagian samping kanan kiri dan depan. Usahakan Anda tetap tenang dan jangantegang ketika disuntik bius. Anda dapat mengambil napas panjang dan memegang kuat bagian kanan dan kiri bagian bed (tempat tidur) ketika mulai disuntik.
  • Ketika semua bagian telah disuntik menggunakan bius, dokter akan memastikan bahwa jempol Anda sekarang sudah kebal dan tidak merasakan apa-apa.
  • Langkah selanjutnya dokter akan dengan cepat mencopot atau melepas seluruh kuku penyebab cantengan. Tindakan ini sangat cepat bahkan kurang dari 10 detik dan Anda tidak akan merasakan kesakitan.

Tips, jangan pernah melihat proses penyuntikkan bius ke jari dan pencopotan kuku hingga jari atau jempol Anda telah sepenuhnya selesai dioperasi dengan akhir jari/jempol Anda diperban.

Obat cantengan

Dokter akan memberikan obat seperti antibiotik dan obat penahan rasa sakit untuk dikonsumsi selama 2-3 hari. Biasanya dokter akan menyuruh Anda untuk kembali lagi ke Puskesmas antara 2-3 hari dan siapkan uang secukupnya kira-kira 35 ribu saja.

Dokter akan memeriksa, mengganti perban, memberikan obat dan menyuruh Anda untuk kembali ke Puskesmas guna perawatan seperti penggantian perban dan pemberian obat lagi. Biasakan akan diberikan salep antibakteri guna mencegah bakteri berkembang di luar pada bagian luka operasi.

Hindari jempol atau jari yang dioperasi terkena air. Anda dapat membungkus kaki menggunakan kantong kresek ketika mandi.

Setelah tiga kali melakukan perawatan bekas luka operasi cantengan, Anda dapat melakukan perawatan secara mandiri tanpa harus datang ke Puskesmas.

Belilah beberapa perlengkapan berikut ini di apotik

  • Rivanol.
  • Plester roll yang besar.
  • Kasa steril.
  • Gunting.

Perawatan pasca operasi cabut kuku cantengan secar amandiri

  • Lakukan perawatan dengan cara membersihan luka menggunakan kasa steril yang dibasahi menggunakan Rivanol dan mengganti perban setiap pagi dan sore hari.
  • Oleskan salep antibiotik yang diberikan dari Puskesmas secara menyeluruh.
  • Perban jempol atau jari menggunakan kasa steril dan rekatkan menggunakan plester roll.
  • Demi menghematan kasa steril, Anda dapat memotong kasa steril menjadi dua bagian. Bagian pertama digunakan untuk membersihkan luka dan bagian kedua untuk memperban.
  • Lakukan perawatan pasca operasi cantengan ini sampai jempol atau jari Anda benar-benar kering dan sembuh.

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here