HomeFakta KesehatanMemahami Keamanan dan Efektivitas Konsumsi Collagen Drink untuk Memutihkan...

Memahami Keamanan dan Efektivitas Konsumsi Collagen Drink untuk Memutihkan Kulit

Dalam dunia perawatan kulit yang terus berkembang, produk-produk yang mengandung kolagen, termasuk collagen drink, semakin populer. Kolagen sendiri adalah protein yang terdapat di dalam tubuh manusia dan berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat lainnya. Namun, apakah sering mengonsumsi collagen drink aman bagi kesehatan?

Sekilas tentang apa itu collagen drink?

Collagen drink adalah minuman yang mengandung kolagen, sebuah protein struktural yang penting untuk kulit, rambut, dan kuku. Ini sering dipasarkan sebagai cara untuk meningkatkan kecantikan kulit, meremajakan, dan memutihkan kulit.

Biasanya, produk ini mengandung kolagen hewan, seperti ikan atau sapi, yang dipecah menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Beberapa collagen drink juga mengandung bahan tambahan, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Collagen drink umumnya tersedia dalam berbagai bentuk, seperti serbuk, cairan, pil, hingga permen.

Baca juga: Kenali Bahaya Suntik Putih bagi Kesehatan, Awas Dapat Memicu Kanker

Manfaat yang di klaim pada collagen drink

Produk collagen drink sering kali diklaim memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Memutihkan Kulit. Ini adalah manfaat yang sering di klaim pada collagen drink, bahwa kolagen dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit lebih cerah.
  • Mengencangkan kulit dan mencegah penuaan. Mengonsumsi collagen drink dapat membantu mengganti kadar kolagen yang hilang seiring pertambahan usia, sehingga kulit tetap terlihat muda dan sehat.
  • Meningkatkan Kekencangan Kulit. Kolagen dikenal karena perannya dalam mempertahankan elastisitas kulit.
  • Melancarkan sirkulasi darah menuju kulit. Collagen drink dapat merangsang lancarnya sirkulasi darah, yang pada gilirannya dapat membuat kulit lebih sehat dan cerah.
  • Mendukung kesehatan otot. Minuman kolagen dapat membantu meningkatkan massa otot dan mempercepat pemulihan setelah latihan.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Tes Mendeteksi Alergi Kulit Beserta Tahapannya

Amankah mengonsumsi collagen drink?

Dilansir dari Halodoc, collagen drink boleh dikonsumsi. Namun, hal ini perlu diperhatikan terkait dengan aman atau tidaknya produk dan campuran bahan di dalamnya. Sehingga, baiknya periksa dahulu BPOM untuk mengetahui kredibilitasi produk sebelum mengonsumsinya.

Jika Anda ingin mengonsumsi collagen drink, dianjurkan langsung oleh dokter kulit. Hal ini untuk mencegah risiko pembelian produk palsu. Hal ini biasanya langsung diresepkan oleh dokter serta disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan masalah kulit yang dialami. Hal ini juga bisa mencegah efek samping dari pemakaian collagen drink.

Terdapat beberapa fakta dan pertimbangan sebelum Anda mengonsumsi collagen drink yang dilansir dari beberapa sumber, diantaranya:

  1. Kolagen perlu dicerna. Secara alami, tubuh Anda tidak langsung menyerap kolagen dalam bentuk minuman. Kolagen perlu dicerna dan dipecah menjadi asam amino sebelum dapat memberikan manfaat.
  2. Adanya bahan tambahan. Collagen drink sering mengandung bahan tambahan seperti vitamin dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat tambahan untuk kulit.
  3. Hasil bervariasi. Efek collagen drink dapat bervariasi dari individu ke individu. Tidak semua orang akan mengalami perubahan yang sama pada kulit mereka.

Efek samping pemakaian collagen drink

Berikut ini terdapat risiko atau efek samping yang dapat terjadi apabila mengonsumsi collagen drink dalam dosis yang sembarangan dan tidak terdaftar di BPOM, antara lain:

1. Sensitivitas

Kandungan asam glutamat bebas yang ada pada minuman berkolagen bisa meningkatkan risiko kesulitan tidur dan sakit kepala. Hal ini rentan terjadi pada seseorang yang biasanya mengalami sensitivitas terhadap kandungan tersebut.

2. Mengalami batu ginjal

Salah satu risiko lain yang dapat terjadi apabila mengonsumsi collagen drink sembarangan adalah mengalami batu ginjal. Penyakit ini umumnya ditandai dengan terbentuknya endapan padat di ginjal yang berasal dari zat kimia dalam urine. Hal ini akan semakit tinggi berisiko apabila Anda memiliki riwayat batu ginjal kalsium oksalat.

Mencegah terjadinya hal ini, disarankan untuk membatasi konsumsi collagen drink kurang dari 5 hingga 6 gram per-hari. Ukuran ini setara dengan 1 sendok makan.

3. Terjadinya reaksi alergi

Kandungan kolagen dapat memicu munculnya reaksi alergi. Hal ini karena umumnya collagen drink juga mengandung kerang, telur, dan ikan laut. Apabila Anda memiliki alergi pada kandungan tersebut, akibanya akan memicu terjadinya ruam, gatal-gatal, dan kemerahan di permukaan kulit.

4. Masalah pencernaan

Protein yang terkandung dalam collagen drink dapat menyebabkan masalah perncernaan, seperti diare, kembung, menurunkan nafsu makan, hingga sembelit. Hal ini dapat terjadi sebab konsumsinya tidak diimbangi dengan serat dan cairan yang memadai.

Tubuh akhirnya jadi bekerja keras untuk mencerna banyak protein yang masuk ke tubuh. Sehingga terjadilah masalah pencernaan. Menghindari hal tersebut, batasi penggunaannya dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Baca juga: Waspada, Kenali 5 Bahaya Penggunaan Skincare Abal-abal

5. Memicu peningkatan kadar kalsium

Risiko lain yaitu dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah serta berpotensi menyebabkan hiperkalsemia. Kondisi ini yang dapat memicu munculnya gejala, seperti sembelit, muntah, mual, rasa lelah berlebih, dan nyeri tulang.

Nah, berikut tadi adalah fakta-fakta mengenai collagen drink. Dapat disimpulkan jika collagen drink dapat menjadi tambahan yang baik untuk perawatan kulit Anda, tetapi itu bukanlah solusi ajaib untuk memutihkan kulit. Penting untuk mengelola harapan Anda dan untuk memahami bahwa perawatan kulit yang holistik, termasuk diet sehat, perlindungan dari sinar matahari, dan perawatan kulit yang sesuai, juga penting.

Jika Anda ingin mencoba collagen drink, pastikan untuk memilih produk yang berkualitas tinggi dan konsultasikan dengan ahli perawatan kulit atau dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran kesehatan.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Healthline (2023). What Is Collagen, and What Is It Good For?. Diakses pada 17 September 2023.

Seasons (2022). Anti-aging benefits and dangers of drinking collagen powder. Diakses pada 17 September 2023.

Health (2023). Is It Safe to Take Collagen Supplements Every Day?. Diakses pada 17 September 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer