HomeCaregiverManfaat dan Jenis Pelayanan Home Care untuk Lansia

Manfaat dan Jenis Pelayanan Home Care untuk Lansia

Salah satu jenis layanan home care Indonesia yang paling diminati adalah layanan untuk lansia. Bukan tanpa alasan, kesehatan dan kenyamanan lansia sering kali menjadi prioritas utama bagi banyak keluarga.

Layanan home care lansia memberikan rasa keamanan sekaligus kenyamanan baik untuk lansia itu sendiri maupun keluarga karena dapat memantau perkembangan orang terkasih dari rumah.

Beruntungnya, kini layanan home care lansia bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui penyedia jasa atau fasilitas kesehatan terdekat Anda seperti pelayanan home care di puskesmas.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan home care lansia, dalam artikel ini membahas manfaat dan jenis pelayanan home care untuk lansia beserta penjelasan lain yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan layanan ini. 

Manfaat Layanan Home Care untuk Lansia

Manfaat layanan home care untuk lansia
blogs.insanmedika.co.id

Melansir dari Care Partners, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan layanan home care untuk lansia, seperti:

Perasaan bebas bagi lansia

Dalam hal ini, perawat home care akan membantu apapun kebutuhan lansia dalam sehari-hari, memungkinkan mereka tetap dapat melakukan aktivitas maupun hobi seperti biasanya.

Bermanfaat bagi kesehatan mental dan fungsi kognitif

Menghabiskan waktu di dalam rumah yang aman dan nyaman pada usia senja sangat baik untuk lansia daripada harus sering berpergian di luar rumah. Dengan adanya perawat home care, semua kebutuhan perawatan lansia akan tercukupi di rumah. Hal ini memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan fungsi kognitif lansia.

Mendapatkan perawatan sesuai kebutuhan

Sebelum memulai pelayanan home care, Anda akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan perawat mengenai rangkaian perawatan home care yang Anda butuhkan. Hal ini membuat Anda mendapatkan perawatan sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Pelayanan Home Care untuk Lansia

Contoh layanan home care untuk lansia
blogs.insanmedika.co.id

Merawat anggota keluarga yang telah lanjut usia merupakan suatu kewajiban keluarga, tapi terkadang hal ini membutuhkan kemampuan emosional, fisik, hingga mental yang lebih.

Fungsi pelayanan home care di sini adalah membantu dalam meringankan kewajiban Anda dalam merawat lansia. Tak heran jika permintaan layanan home care untuk lansia saat ini sangat banyak.

Ada beberapa perawatan yang bisa Anda dapatkan dengan layanan home care ini, mulai dari perawatan kesehatan hingga perawatan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh home care untuk lansia yang bisa Anda dapatkan:

  1. Pengawasan medis
  2. Pemberian obat
  3. Pemantauan kondisi kesehatan, termasuk kondisi fisik dan mental
  4. Dukungan dan bantuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, berpakaian, dan makan
  5. Pendampingan untuk pergi ke rumah sakit (jika dibutuhkan)
  6. Kegiatan sosial untuk menjaga kesehatan emosional

Jika Anda mencari layanan home care terdekat, Insan Medika adalah jasa penyedia home care keperawatan yang akan membantu Anda dalam menemukan perawat home care terbaik.

Selain itu, dengan beberapa macam pilihan layanan home care, salah satunya perawat lansia, Anda dapat menemukan perawat handal yang bersertifikasi dan profesional. Membuat Anda tenang dalam menyerahkan segala perawatan orang terkasih Anda kepada perawat.

Baca juga: Jasa Perawat Home Care Terdekat 24 Jam

Jenis Pelayanan Home Care untuk Lansia

Jenis layanan home care untuk lansia
blogs.insanmedika.co.id

Melansir dari Johns Hopkins Medicine, ada beberapa jenis pelayanan home care untuk lansia yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Berikut jenis-jenis pelayanannya:

  1. Layanan dokter
  2. Layanan perawat
  3. Terapi fisik dan wicara
  4. Layanan sosial medis
  5. Perawatan personal
  6. Perawatan dasar

Semua jenis pelayanan tersebut dapat Anda temukan di Insan Medika Layanan Home Care Lansia. Anda hanya butuh untuk memilih jenis layanan, kemudian perawatnya, dan bersiap untuk mendapatkan layanan home care terbaik.

Standar Pelayanan Home Care untuk Lansia

Layanan home care Insan Medika
blogs.insanmedika.co.id

Untuk memastikan kualitas pelayanan, ada standar yang harus dipenuhi oleh penyedia layanan home care untuk lansia. 

Insan Medika sendiri memiliki standar layanan home care yang tinggi, tak heran jika banyak pasien atau keluarga pasien yang puas dengan layanan yang diberikan perawat dari penyedia jasa home care ini.

Beberapa standar tersebut meliputi:

  1. Pelatihan dan sertifikasi bagi staf perawatan
  2. Perencanaan perawatan yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pasien
  3. Pengawasan teratur oleh tim medis terlatih
  4. Ketersediaan peralatan medis yang diperlukan dan pemantauan kondisi kesehatan

Baca Juga: Bingung pilih Layanan Home Care atau Senior Living ?

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang Layanan Home Care untuk Lansia

Layanan apa saja yang dilakukan home care?

Di Insan Medika, ada beberapa daftar layanan home care yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Layanan tersebut meliputi layanan perawat lansia, layanan perawat orang sakit, layanan perawat semi medis, dan layanan perawat medis.

Apa saja pekerjaan home care?

Bukan hanya sebatas perawatan medis, Anda juga dapat merasakan pelayanan non medis, perawatan luka, perawatan lansia, perawatan ibu yang baru melahirkan, perawatan baby care, dan lainnya.

Apa saja ruang lingkup pelayanan home care?

Ruang lingkup home care sendiri meliputi memberikan perawatan secara komprehensif terhadap pasien, memberikan rasa nyaman dan aman kepada pasien, serta memberikan edukasi mengenai kesehatan terhadap pasien dan keluarga.

Langkah-langkah tindakan home care?

Hal pertama yang dilakukan perawat home care adalah memberikan penjelasan kepada keluarga pasien mengenai rencana perawatan yang akan dilakukan terhadap pasien, kemudian menjalankan rencana perawatan tersebut sesuai dengan prosedur yang ada.

Kesimpulan

Saat ini, layanan home care untuk lansia di rumah memang memberikan solusi terbaik untuk mereka yang membutuhkan perawatan tambahan dan dukungan.

Berbagai layanan home care untuk lansia yang ditawarkan juga memberikan pilihan bagi keluarga yang menginginkan orang terkasihnya mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Insan Medika dengan perawat bersertifikasi dan profesional siap membantu Anda dalam menemukan perawat home care terbaik. Anda hanya perlu mengunjungi laman website Insan Medika, dan pilih perawat yang cocok untuk kebutuhan Anda.


Perawat home care
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI
Care Partners (2021). Top 6 Benefits of In-Home Care for Seniors. Diakses pada 4 Maret 2024.
John Hopkins Medicine. What are the different types of home health care services?. Diakses pada 4 Maret 2024.

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putra
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care