HomeHomecare7 Layanan Homecare yang Sesuai dengan Kebutuhan Pasien

7 Layanan Homecare yang Sesuai dengan Kebutuhan Pasien

Layanan homecare saat ini cukup diminati karena memberikan banyak kemudahan pada pasien. Lewat homecare, layanan kesehatan yang sifatnya tidak darurat kini bisa dilakukan di rumah saja. Pilihan layanan homecare pun kian beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Perawat yang datang ke rumah nantinya akan memberikan layanan sesuai rencana dan kontrak yang sudah disepakati bersama. Tidak hanya membantu pasien pulih dari luka atau sakit, perawat homecare juga bisa membantu proses pengobatan atau terapi yang dilakukan pasien tanpa harus meninggalkan rumah.

7 Jenis Layanan Homecare

Layanan homecare
Ilustrasi pelayanan homecare oleh perawat (Sumber: Freepik)

Di Indonesia, setidaknya ada 7 jenis layanan homecare yang tersedia. Anda bisa memilih salah satu dari layanan di bawah ini untuk anggota keluarga yang sedang sakit, cidera, atau masalah kesehatan lainnya.

Layanan Non Medis Lansia

Lansia membutuhkan perawat yang bisa mendampingi mereka melakukan aktivitas harian di rumah. Perawat yang melakukan layanan non medis lansia disebut sebagai caregiver dan bertugas membantu lansia ketika makan, mandi, berganti pakaian, minum obat, dan lainnya.

Kondisi lansia bervariasi tergantung usia, kondisi tubuh, serta jenis sakit yang dialami. Oleh karena itu, Anda disarankan menggunakan perawat caregiver yang terpercaya dan terlatih. Dengan cara ini, Anda bisa meninggalkan orang tua atau lansia di rumah bersama caregiver tanpa rasa khawatir.

Baca juga: Homecare Indonesia: Cara Kerja, Standar Pelayanan, Jasa Perawat Homecare Terbaik

Perawat Medis

Berikutnya ada jenis layanan homecare berupa perawat medis. Layanan tipe ini akan menghadirkan perawat yang sudah memiliki lisensi praktik, surat izin melakukan praktik, serta sertifikasi legal lain yang dibutuhkan. Ketika bertugas, perawat ini akan melakukan perawatan medis sesuai anjuran dokter.

Bukan itu saja tugas perawat medis, seringkali perawat ini akan membantu pasien merawat luka, memasang kateter, melakukan penyuntingan, pemasangan NGT, hingga pemasangan infus. Perawat pun bisa membantu pasien memantau efek samping pemakaian obat apabila diperlukan.

Layanan Visitasi Dokter

Selain menghadirkan perawat, layanan homecare juga termasuk visitasi atau kunjungan dokter. Dengan layanan ini, pasien bisa mendapatkan pemeriksaan medis dari dokter tanpa perlu meninggalkan rumah. Beberapa jenis pemeriksaan yang sering dipakai antara lain pemeriksaan fisik, anamnesa, hingga pengambilan sampel.

Tujuan dari layanan homecare visitasi dokter adalah memprioritaskan kesehatan pasien. Dokter yang datang ke rumah tak hanya bisa mengetahui keadaan pasien, namun juga tak menganggu proses penyembuhan pasien.

Perawatan Paliatif

Perawatan paliatif merupakan salah satu layanan homecare yang paling banyak digunakan. Perawatan ini ditujukan khusus untuk pasien yang mengalami penyakit serius, misalnya kanker, gagal jantung, atau stroke. Pendampingan perawatan paliatif bisa disesuaikan kebutuhan, Anda bisa memilih perawatan harian, mingguan ataupun bulanan.

Baca juga: Mengenal Perawatan Paliatif, Program Homecare untuk Pasien Kanker

Jenis perawatan paliatif dalam layanan homecare direkomendasikan untuk anggota keluarga yang sibuk dan tidak bisa menjaga pasien atau lansia yang sakit. Perawat paliatif yang datang ke rumah juga akan membuat pasien lebih nyaman karena mendapatkan perawatan sesuai keluhan.

Perawatan Pasca Operasi

Setelah operasi, pasien juga harus mengalami proses penyembuhan yang waktunya tak sebentar. Selama masa pemulihan tersebut, pasien dianjurkan mendapatkan perawatan secara intensif. Perawatan ini bisa didapatkan dengan layanan homecare pasca operasi.

Perawat yang menemani pasien akan membantu pasien melakukan aktivitas harian tanpa harus khawatir mengalami cidera. Selain itu, perawat juga bisa membantu pasien mengganti perban, mencegah kompilasi infeksi, hingga membantu pasien melakukan kontrol rutin.

Layanan Maternity Care

Ibu hamil dan pasca melahirkan nyatanya membutuhkan pendampingan agar makin sehat. Perawat homecare yang memberikan layanan maternity care akan membantu dan mengawasi ibu dalam segala aktivitas. Lewat layanan ini pula, kemungkinan pendeteksian masalah ataupun kompilasi kesehatan bisa dipantau.

Perawat yang melakukan layanan maternity care tak hanya akan menjaga dan mengedukasi sang ibu, tapi juga melakukan perawatan pada bayi apabila diperlukan. Resiko ibu mengalami kelelahan, baby blues, maupun gangguan mental lainnya.

Baca juga: Peran Layanan Homecare Bagi Ibu Pasca Bersalin, Apa Saja?

Layanan Terapi Rehabilitasi

Terapi rehabilitasi diperlukan untuk pasien yang mengalami penurunan mobilitas, terutama pasien yang mengalami sakit stroke atau selesai melakukan operasi. Ada banyak pilihan terapi rehabilitas yang bisa diberikan oleh layanan terapi ini, diantaranya terapi wicara, menelan, hingga fisioterapi.

Kehadiran layanan homecare terapi ini akan memudahkan pasien yang ingin berlatih rutin tanpa harus datang ke rumah sakit. Anggota keluarga pun tak perlu repot mengantarkan pasien ke rumah sakit, karena semua proses terapi bisa dilakukan di rumah.

Pasien Apa Saja yang Membutuhkan Layanan Homecare?

layanan homecare
Ilustrasi layanan homecare yang diberikan oleh caregiver (Sumber: Freepik)

Kelompok pasien yang disarankan menggunakan layanan homecare antara lain pasien dengan penyakit kronis, pasien pasca operasi, hingga lansia. Pasien paliatif, ibu hamil atau ibu pasca melahirkan juga bisa menggunaan layanan homecare agar kondisi kesehatannya tidak menurun.

Sedangkan kelompok lainnya yang membutuhkan layanan ini adalah orang dengan keterbatasan fisik, anak-anak dengan kondisi khusus, serta pasien yang mengalami luka atau cidera. Pasien dengan kondisi mental yang naik turun juga sebaiknya menggunakan layanan homecare untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Menggunakan layanan homecare akan membawa banyak kemudahan, mulai dari biaya yang lebih rendah, perawatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, serta rasa tenang dari pasien dan anggota keluarga. Jangan ragu menggunakan layanan homecare untuk memantau kesehatan sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka yang tersayang.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care