HomeKesehatan LansiaIni Makanan yang Harus Dihindari oleh Lansia

Ini Makanan yang Harus Dihindari oleh Lansia

Makan merupakan hal yang penting untuk setiap orang termasuk lansia. Menjaga pola makanan yang baik bisa membuat seseorang hidup menjadi lebih sehat. Untuk menjaga pola makan bagi lansia ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama asupan makanan. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk asupan makanan pada lansia. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi oleh lansia dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Mengapa Asupan sangat perlu diperhatikan bagi lansia ?

Tubuh biasanya akan mengalami penurunan ketika usia bertambah. Umumnya pada saat usia sudah masuk 30 tahun, seseorang bisa saja mendapatkan beberapa gejala penyakit seperti diabetes, hipertensi dan yang lainnya. 

Pada Lansia ada beberapa fungsi yang biasanya sering mengganggu tubuh diantaranya metabolisme menjadi lebih lambat. Karena masalah tersebut asupan makanan pada lansia akan mengalami penurunan.

Lalu Makanan apa yang harus dihindari oleh lansia ?

Makanan yang harus dihindari lansia diantaranya adalah :

  1. Beberapa Jenis Keju
    Keju menjadi makanan yang harus dihindari oleh lansia diantaranya seperti keju brie, camembert, soft blue cheese, serta keju keju yang tidak melalui proses pasteurisasi. Keju – keju diatas merupakan jenis keju yang berbahaya jika dikonsumsi lansia, karena keju tersebut tidak terlalu asam dan lebih lembab dari keju lainnya dan menyebabkan kuman dan bakteri bisa tumbuh di keju tersebut. Jika makanan telah terkontaminasi dengan kuman dan bakteri bisa menyebabkan lansia mengalami keracunan.
  2. Susu yang tidak dipasteurisasi
    Hampir mirip seperti kasus diatas, susu yang tidak melalui proses pasteurisasi dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri pada susu. Oleh karena itu, susu perlu dipanaskan terlebih dahulu untuk membunuh bakteri yang ada pada susu tersebut.
  1. Daging dan telur mentah
    Lansia tidak diperbolehkan makan – makanan daging, ikan ataupun telur yang mentah. Makanan yang mentah bisa menyebabkan kesehatan lansia terganggu, ini karena makanan mentah tanpa dimasak terlebih dahulu bisa jadi mengandung banyak bakteri di dalamnya.
  1. Makanan rendah lemak
    Menghindari lemak bukanlah hal yang disarankan terutama bagi lansia. Apalagi jika lemak yang dihindari adalah lemak sehat yang ditemukan pada ikan, kacang, dan juga minyak zaitun. Lemak sehat juga nyatanya sangat penting bagi lansia agar terhindar dari berbagai penyakit. Lemak sehat juga berfungsi untuk perlindungan pada otak, sendi dan juga cadangan energi untuk tubuh pada lansia.
  2. Gula
    Menghindari gula sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh lansia. Gula menjadi penyebab naiknya berat badan. Berdasarkan apa yang peneliti temukan bahwa jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi permen itu bisa membuat usia berkurang. Selain itu gula juga termasuk penyebab seseorang terkena diabetes.
  3. Garam
    Selain gula ada baiknya lansia untuk mengurangi mengkonsumsi garam huna menghindari tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan seseorang mudah terkena serangan jantung, stroke, dan juga penyakit pada ginjal.
  4. Kafein
    Kafein bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Selain itu kafein pada lansia bisa menyebabkan meningkatnya kecemasan pada lansia. Kafein juga bisa membuat jantung seseorang bekerja lebih cepat atau tidak teratur. Ini bisa sangat berbahaya jika lansia memiliki riwayat penyakit jantung.

Itu adalah beberapa makanan yang perlu dihindari oleh lansia. Selain menjaga asupan makanan yang baik ada baiknya jika lansia juga menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari stres dan berbagai penyakit lainnya.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care