Tips Merawat Lansia di Rumah saat Pandemi

0
33
Merawat lansia saat pandemi
Merawat lansia saat pandemi

Jika kamu memiliki orang tua atau kakek dan nenek, tentu kita perlu memberikan perhatian ekstra untuk merawat mereka. Apalagi sekarang kita berada di masa pandemi Covid-19, pasti kita harus lebih ekstra untuk memberikan perhatian kepada mereka.

Covid-19 merupakan virus yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 atau disingkat (SARS-COV-2). Covid-19 ini umumnya dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan, mulai dari gejala flu ataupun sampai infeksi pada paru – paru seperti pneumonia.

Pada lansia akan sangat rentan terjangkit virus ini karena sistem imun tubuh pada lansia mengalami penurunan. Selain itu virus covid-19 ini akan mengalami dampak berbahaya jika lansia memiliki penyakit jantung, paru – paru dan juga diabetes.

Lalu bagaimana cara untuk merawat lansia di rumah saat pandemi seperti sekarang ?

Berikut kami rangkum beberapa cara merawat lansia di rumah untuk terhindar dari covid-19 :

  1. Selalu jaga kesehatan diri anda
    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjaga diri kamu agar terhindar dari virus corona terutama jika kamu merawat dan berkontak langsung dengan lansia. Ini untuk mengurangi resiko lansia terpapar virus corona.
  2. Kamu harus selalu melakukan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.
    Selain itu kamu juga tentu harus meningkatkan sistem imun dengan cara konsumsi makanan sehat dan juga rutin melakukan olahraga. Selain meningkatkan sistem imun kamu juga tentu harus mengurangi bepergian jika dirasa tidak terlalu penting. Jika memang terpaksa, selalu kenakan masker dan juga lakukan jaga jarak untuk mengurangi resiko terpapar virus corona.
  3. Memastikan lansia mendapatkan makanan dengan gizi seimbang
    Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah memastikan lansia mendapatkan makanan dengan gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
  4. Batasi lansia bepergian keluar rumah
    Saat pandemi covid-19 seperti saat ini, sebisa mungkin semua orang untuk tetap tinggal di rumah. Jika mendesak dan perlu bepergian keluar rumah harus selalu pastikan memakai masker dan juga jaga jarak untuk mencegah resiko terpapar virus corona, serta pastikan selalu cuci tangan ketika sudah datang ke rumah.
  5. Istirahat yang cukup
    Menurut Motivator Kesehatan Dr Handrawan Nadesul mengatakan sebenarnya tidur itu tidak secara langsung meningkatkan imunitas dan juga kekebalan tubuh. Kaitannya dengan tidur dan sistem imunitas secara tidak langsung dijelaskan oleh Dr Handrawan bahwa selama tidur lelap, tubuh akan meregenerasi dan memperbaiki sel – sel tubuh, serta memperkuat imun tubuh. “Kalau tidur itu bagus, kita sehat karena proses detoksifikasi atau pembuangan racun di tubuh bisa berjalan baik.” kata dia.

    Oleh karena itu, lansia dianjurkan mendapatkan istirahat yang cukup agar sistem imun meningkat.
  6. Ajari lansia menggunakan gadget
    Ketika di rumah tentu setiap orang pasti akan mengalami bosan. Terutama jika di rumah tidak bisa melakukan apa – apa. Lansia juga demikian pasti akan merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, ajari lansia untuk menggunakan gadget. Dengan menggunakan gadget lansia bisa melakukan panggilan video dengan keluarga ataupun dengan kerabatnya tanpa perlu bertatap muka secara langsung.
    Selain itu dengan gadget juga bisa membuat lansia terhibur dengan beragam pilihan seperti menonton tv, memainkan game dan lain – lain.
  7. Lakukan Aktivitas di rumah
    Memang lansia tidak dianjurkan untuk terlalu banyak aktivitas. Tapi bukan berarti itu membuat lansia tidak boleh melakukan kegiatan apapun.

    Kegiatan tentu akan membuat lansia tidak mudah bosan dan jenuh di rumah. Kamu bisa mengajaknya memasak, menenun ataupun merawat bunga agar membuat mereka aktif bergerak dan berkreasi menyalurkan hobi mereka.

Itu adalah beberapa tips untuk selalu menjaga lansia di rumah saat pandemi. Jika kamu sibuk dengan pekerjaanmu kamu bisa kok menyewa jasa home care Insan Medika untuk membantumu merawat dan menjaga orang tua kamu. Perawat kami dengan senang hati akan merawat dan menjaga orang tua kamu secara profesional.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here