HomeKesehatanHati-Hati! Penyakit Mematikan Ini Mudah Menular Melalui Terompet

Hati-Hati! Penyakit Mematikan Ini Mudah Menular Melalui Terompet

Terompet identik dengan perayaan tahun baru masehi, semua orang akan beramai-ramai meniup terompet pada tengah malam menjelang pergantian tahun baru.

Beberapa kabar simpang siur menyebutkan penularan penyakit mematikan seperti kanker mulut, kanker lidah, kanker darah, hepatitis dan penyakit menular lainnya.

Penularan penyakit dapat terjadi melalui satu terompet yang telah dicoba oleh beberapa orang sekaligus. Pertama dicoba oleh pembuatnya, kedua oleh penjualnya dan ketiga oleh calon pembeli.

Informasi mengenai penularan penyakit kanker melalui terompet agaknya terlalu berlebihan dan cenderung hoax. Hal ini seperti yang disampaikan oleh dr Fikry Hamdan Yasin, SpTHT-K(K).

“Ini kadang-kadang narasinya terlalu berlebihan ya. Mana bisa kanker disebar melalui terompet,” ucap dokter yang bertugas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) seperti yang dikutip dari detik.com.

Meski kanker tidak dapat menular melalui air liur yang ada di terompet, namun beberapa penyakit seperti hepatitis C, cacar air dan flu bisa dengan mudah menginfeksi orang lain.

“Kalau beberapa penyakit menular bisa karena kan ada infeksi tadi misalnya seperti radang tenggorokan, kalau dia sedang radang dan air liurnya ad di terompet, itu kan bisa menularkan infeksi berat seperti hepatitis C,” terangnya.

Baca juga: Stop Meminjam 10 Barang Ini Kepada Orang Lain Demi Kesehatan

Cara aman menggunakan terompet agar tidak tertular penyakit

Merayakan pergantian tahun kurang afdol bila tidak meniupkan terompet bersama-sama, agar terhindar dari berbagai penyakit menular, berikut cara aman menggunakan terompet.

1. Mensterilkan pangkal terompet

Sebelum Anda menggunakan terompet dengan cara ditiup, pastikan untuk mensterilkan terlebih dahulu pangkal terompet dengan tissue basah atau lap kering.

Sebelum digunakan, pastikan cairan pembersih atau carian yang digunakan untuk mensterilkan terompet telah kering dan aman digunakan. Jangan gunakan ketika pangkal terompet masih basah karena dapat membuat keracunan.

2. Jangan meminjam dan meminjamkan terompet

Beberapa penyakit baik bakteri atau virus dapat dengan mudah menular melalui air liur, meminjam dan meminjamkan terompet kepada orang lain dapat meningkatkan risiko terkena penyakit menular.

Jika ada orang yang hendak meminjam terutama anak kecil, berikanlah pengertian bahwa terompet ini sudah dicoba dan tidak bisa dipinjamkan ke orang lain karena dapat menularkan penyakit.

3. Awasi anak-anak ketika menggunakan terompet

Sering kali anak-anak berlarian kesana kemari bersama teman-temannya dan tak sungkan untuk meminjam atau meminjamkan terompet secara bergantian ke sesama anak kecil.

Sebelum mengajak anak-anak keluar atau menggunakan terompet, pastikan Anda telah memberitahu terlebih dahulu kepada mereka mengenai bahaya menggunakan terompet secara bersama-sama.

4. Menggunakan terompet tangan

Bila Anda tidak yakin dengan terompet tiup yang banyak dijual di pinggir jalan, Anda dapat menggunakan terompet tangan yang jauh lebih aman.

Terompet tangan tidak memerlukan tiupan karena mekanisme kerjanya hanya menggunakan gas yang difungsikan dengan menekan pegas saja.


Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat empat layanan profesional keperawatan, seperti: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

[socialpoll id=”2578549″]

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care