10 barang pribadi yang dapat menularkan penyakit
10 barang pribadi yang dapat menularkan penyakit

Pernahkah kamu meminjam barang milik orang lain yang bersifat pribadi? Meminjam barang miliki orang lain yang bersifat pribadi dapat mengakibatkan menularkan atau tertular berbagai jenis penyakit.

Berikut 10 barang yang mungkin pernah kamu pinjam atau dipinjamkan ke orang lain, perhatikan 10 barang pribadi berikut ini yang tidak boleh dipinjamkan demi kesehatan.

Baca juga: Hanya dengan terkena bersin orang lain saja, Anda berisiko terkena penyakit paru-paru basah atau pneumonia.

Sikat Gigi

Terdengar aneh ketika mendengar ada orang meminjam sikat gigi, namun hal ini mungkin pernah terjadi di luar sana. Miminjam sikat gigi milik orang lain berisiko tinggi tertular berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri mau pun virus.

Salah satu penyakit yang dapat menular melalui peminjaman sikat gigi adalah hepatitis c. Untuk menghindari penyakit menular melalui sikat gigi sebaiknya membeli baru daripada meminjam milik orang lain.

Handuk

Penyakit kulit sangat mudah menular melalui handuk milik orang lain. Panu adalah salah satu yang harus diwaspadai. Membawa handuk milik sendiri atau menggunakan tissue untuk mengeringkan badan jauh lebih baik ketimbang meminjam handuk milik orang lain.

Pisau Cukur atau Alat Cukur

Penyakit hepatitis B dan hepatitis C dapat menular melalui alat jukur seperti pisau cukur milik orang lain. Penggunaan alat cukur yang dapat melukai kulit dan mengeluarkan darah sangat berisiki membawa berbagai penyakit.

Sebaiknya membeli atau mengganti pisau cukur milik orang lain sebelum menggunakannya. Merendamnya pada alkohol adalah cara terbaik untuk menghilangkan berbagai virus atau bakteri pada alat cukur.

Deodoran

Deodoran berfunsi untuk menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri dengan menghambat produksi keringat yang terjadi pada kelenjar ketiak.

Penggunaan deodoran berbentuk roll-on sangat mudah untuk digunakan, walau begitu ternyata bakteri sangat mudah menuluar melalui deodoran terutama yang berbentuk roll-on.

Sisir

Penyakit kulit kepala seperti kurap sangat mungkin menular melalui sisir. Banyak orang menyepelekan dengan miminjam sisir orang lain, padahal hal ini harus diwaspadai.

Selalu lengkapi barang pribadi dengan membeli dan menyiapkan sisir di mana pun kamu pergi, sehingga ketika kamu membutuhkannya dapat menggunakan sisir milik sendiri daripada meminjam milik orang lain.

Gunting Kuku

Penggunaan gunting kuku secara bergantian oleh orang lain dapat mengkibatkan risiko penularan berbagai jenis bakteri, virus dan jamur yang terdapat pada kuku.

Sebaiknya gunting kuku jangan pernah dipinjamkan kepada orang lain dan jangan meminjamnya pula kepada orang lain. Jadikan gunting kuku sebagai barang pribadi.

Earphone

Sama halnya dengan sisir, banyak orang masih sering meminjam earphone milik orang lain, padahal penyakit atau infeksi pada telinga bagian luar dapat menular.

Terjadi infeksi pada telinga yang tidak ditangani secara serius berisiko mengakibatkan sakit telinga hingga gangguan pendengaran. Selalu gunakan earphone milik sendiri dan menghindarkan orang lain untuk meminjamnya.

Sepatu

Beberapa pakar kesehatan mengungkapkan bahwa berbagai jenis bakteri atau jamur dapat berkembang biak dan mudah menular apa bila penggunaan sepatu yang bergantian antar orang lain.

Memakai sepatu milik orang lain sebaiknya tidak dilakukan guna menghindari berbagai jenis bakter atau jamur kaki.

Lipstik

Penyakit herpes sangat mungkin menular melalui penggunaan lipstik secara bergantian dengan orang lain. Banyak orang mencoba lipstik yang dijual di toko-toko sebagai tester.

Padahal jika lipstik tersebut sangat berisiko menularkan penyakit menular yang berbahaya seperti herpes simplex, virus ini dapat menimbulkan luka lecet hingga melepuh pada bibir.

Make-up

Bagi wanita make-up adalah barang yang wajib dimiliki, banyak orang rela menggunakan make-up orang lain demi tampil cantik. Padahal alat make-up yang digunakan secara bersama-sama atau bergantian dapat meyebabkan gangguan kesehatan.

Seperti konjungtivitis dan mata merah adalah risiko penularan penyakit yang dapat diakibatkan oleh penggunaan alat make-up secara bergantian dengan orang lain.

Itulah 10 barang pribadi yang tidak boleh dipinjam demi kesehatan dan kebersihan tubuh. Jika kamu mempunyai kisah tertular penyakit tertentu dari penggunaan barang milik orang lain dapat dituliskan pada kolom komentar ya.

Dapatkan pelayanan home care live-in 24 jam di rumah pribadi dari pada perawat profesional seperti perawat lansia, perawat anak, perawat orang sakit hingga perawat medis. Pelayanan terbaik sekelas rumah sakit. Pesan cepat, bergaransi tak terbatas dan biaya transparant. Hubungi Insan Medika sekarang!

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here