HomeHome careTips Tetap Sehat Untuk Lansia Yang Masih Produktif

Tips Tetap Sehat Untuk Lansia Yang Masih Produktif

Banyak lansia yang masih bekerja di hari tuanya. Walaupun mengalami penurunan fungsi pada tubuh karena bertambahnya usia, tapi tidak menurunkan semangat para lansia agar tetap aktif bekerja. Mereka dituntut untuk tetap sehat agar tidak mengganggu pekerjaannya. Karena itu agar lansia tetap bugar meski memiliki banyak sekali kesibukan, lansia harus memperhatikan beberapa faktor seperti pola makan, olahraga dan kebiasaan hidup sehari – hari.

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat untuk lansia yang masih produktif, lansia disarankan menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut adalah beberapa tips hidup sehat yang bisa diterapkan untuk lansia yang memiliki banyak sekali kesibukan :

1. Istirahat yang cukup

Walaupun lansia memiliki banyak sekali kesibukan, jangan lupa tetap mendapatkan istirahat yang cukup ketika malam. Setidaknya lansia butuh waktu tidur kisaran 7 – 8 jam sehari. Istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh lansia.

Jika lansia mengalami insomnia saat malam hari, hindari minuman berkafein saat sore ataupun malam hari.

2. Pola Makan yang sehat

Menjaga asupan nutrisi yang seimbang sangat penting untuk menjaga lansia tetap sehat. Hal tersebut dapat membantu lansia mengontrol berat badan dan juga mendapatkan nutrisi yang cukup bagi mereka. Pola makan yang sehat juga dapat menurunkan resiko lansia terkena penyakit jantung dan juga diabetes.
Untuk mengatur pola makan bagi lansia ada beberapa yang harus diperhatikan diantaranya :

  • Fokus pada asupan gizi seimbang, mengonsumsi makanan yang kaya gizi dan juga nutrisi dapat membantu lansia mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan, seperti : vitamin, mineral, protein, karbohidrat,serta lemak.
  • Mengatur porsi makan, Porsi makan bagi lansia sangat penting untuk diperhatikan, agar lansia terhindar dari masalah berat badan.
  • Mulai batasi gula, garam dan juga lemak, Untuk menjaga kesehatan bagi lansia, sangat penting bagi kita untuk membatasi mereka untuk mengkonsumsi gula, garam dan juga lemak. Jika ini tidak dibatasi, lansia akan memiliki resiko besar terkena hipertensi, kolesterol, stroke, penyakit jantung dan juga diabetes.
  • Konsumsi Kalsium, Semakin bertambahnya usia lansia sangat membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Jika kepadatan tulang berkurang, mereka akan lebih rentan mengalami pengeroposan tulang dan gigi. Untuk mendapatkan kalsium, bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti : susu, keju, kacang almond, yogurt dll.
  • Perhatikan kebutuhan kalori lansia, Kalori pada lansia akan mengalami penurunan akibat bertambahnya usia. Karena itu lansia harus selalu memperhatikan jumlah kalori yang dibutuhkan dengan cara menghitungnya dengan kalkulator kebutuhan kalori berdasarkan jenis kelamin, tinggi, berat, usia serta aktivitas lainnya. 

3. Perbanyak minum air putih

Semakin bertambahnya usia, lansia akan cenderung beresiko mengalami dehidrasi. Karena itu sangat penting untuk mengkonsumsi air agar menjaga cairan tubuh tetap seimbang.
Air putih sangat berguna bagi lansia untuk menjaga kandungan oksigen dalam darah. Hal ini berguna untuk menjaga konsentrasi dan juga fungsi kognitif pada otak ketika melakukan banyak kegiatan. 

4. Olahraga

Melakukan rutinitas bagi lansia adalah hal yang wajib dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. Olahraga sangat penting bagi mereka yang masih aktif bekerja saat usia tua. Karena Olahraga dapat meningkatkan imunitas didalam tubuh dan juga memperlancar proses metabolisme serta mencegah lansia terkena resiko diabetes mellitus, penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, hipertensi dan berbagai penyakit lainnya.
Olahraga yang bisa dilakukan lansia diantaranya : jalan kaki saat pagi hari, bersepeda dan melakukan yoga.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care