Tahu vs Tempe, Nutrisi Mana yang Lebih Unggul ?

0
63
Tempe vs tahu mana yang lebih baik
Tempe vs tahu mana yang lebih baik

Tahu dan tempe salah satu makanan yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Tahu dan tempe ini sama – sama terbuat dari kedelai dan memiliki banyak sekali nutrisi di dalamnya. Tahu dan tempe merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang di Indonesia terutama ketika sudah diolah menjadi tumis, sayur, kripik dan juga gorengan.

Jika dilihat lebih jauh tentang kandungan nutrisi yang terdapat diantara kedua makanan tadi, tentu banyak dari kita penasaran mana si yang lebih baik kandungan nutrisinya antara tahu dengan tempe.

Menurut Made Astawan yang merupakan seorang ahli kedelai dari Institusi Pertanian Bogor mengungkapkan tempe sebenarnya lebih unggul nutrisinya dibandingkan tahu. Penyebab keunggulannya ternyata berasal dari pengelolahan tempe yang lebih unggul. Teknik pengolahan pada tempe berupa fermentasi pada kedelai.

“Fermentasi dilakukan oleh mikroba, yakni kapang Rjizopuz. Fermentasi merombak sesuatu yang kompleks dalam kedelai menjadi sederhana. Ini bisa membuat tempe lebih unggul dari tahu. Meski begitu, keduanya tetap menjadi makanan super menyehatkan dan kaya nutrisi,” ungkap Made.

Selain itu kandungan nutrisi pada tempe juga lebih padat dibandingkan dengan tahu. Berikut adalah jumlah kandungan yang terdapat pada tempe dan tahu :

Kandungan 100 gram tahuKandungan 100 gram tempe
– Air : 82,2 gram
– Energi : 80 kal
– Protein : 10,9 gram
– Lemak : 4,7 gram
– Karbohidrat : 0,8 gram
– Serat : 0,1 gram
– Kalsium : 223 mg
– Fosfor : 183 mg
– Besi : 3,4 mg
– Natrium : 2 mg
– Kalium : 50,6 mg
– Tembaga : 0,19 mg
– Seng : 0,8 mg
– Betakaroten : 118 mcg
– Thiamin : 0,01 mg
– Riboflavin : 0,08 mg
– Niasin : 0,1 mg
– Air : 55,3 gram
– Energi : 201 kal
– Protein : 20,8 gram
– Lemak : 8,8 gram
– Karbohidrat : 13,5 gram
– Serat : 1,4 gram
– Kalsium : 155 mg
– Fosfor : 326 mg
– Besi : 4,0 mg
– Natrium : 9 mg
– Kalium : 234,0 mg
– Tembaga : 0,57 mg
– Seng : 1,7 mg
– Thiamin : 0,19 mg
– Riboflavin : 0,59 mg
– Niasin : 4,9 mg

Berdasarkan data diatas disimpulkan bahwa tempe memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan tahu. Tapi karena tempe dan tahu adalah makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi, sebaiknya konsumsi 2 makanan tersebut menjadi makanan utama sehari – hari. Pastikan juga untuk mengolah makanan tersebut dengan baik seperti dibuat sayur, tumis dan lain – lain. Tapi jangan sampai makanan tersebut di goreng karena kandungan nutrisinya seperti isoflavon dan juga antioksidan keduanya akan berkurang banyak.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi

  1. https://insanmedika.co.id/article/tahu-tempe-mana-yang-nutrisinya-lebih-unggul
  2. https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/nutrisi/kandungan-gizi-tahu-dan-tempe-yang-harus-kalian-ketahui/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here