Mengenal Diabetes Melitus pada Lansia

0
84
diabetes melitus
source : alodokter.com

Banyak dari kita belum mengetahui ternyata penyakit diabetes melitus ini banyak dialami oleh lansia. Diabetes melitus ini merupakan suatu kelompok penyakit yang menyerang metabolisme tubuh dikarenakan kadar gula yang tinggi.

Gula atau Glukosa ini merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Ketika glukosa menumpuk dan tidak bisa diserap lagi oleh sel tubuh dengan benar, ini akan menyebabkan gangguan pada organ tubuh.

Diabetes Melitus terbagi atas 2 tipe yaitu :

  1. Diabetes tipe 1
    Diabetes ini terjadi karena sel – sel beta di pankreas mengalami kerusakan, sehingga pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Hal ini terjadi karena antibodi yang seharusnya melindungi tubuh menyerang sel – sel beta yang berada pada pankreas. Akibat dari kondisi tersebut sel – sel pada tubuh tidak bisa mengambil gula didalam darah dan mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah.
  2. Diabetes tipe 2
    Diabetes ini terjadi bukan karena tidak bisa memproduksi insulin tetapi respon sel – sel tubuh tidak sensitif ketika menyerap kadar gula. Ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar gula.

Lalu apa faktor – faktor penyebab diabetes melitus ini ? Berikut adalah beberapa faktor penyebab diabetes melitus pada lansia oleh jeffrey:

  1. Umur
    Semakin bertambahnya umur ini akan menurunkan fungsi dari sel – sel pada pankreas dan juga kurangnya massa otoT dan perubahan vaskuler
  2. Obesitas
  3. Aktifitas fisik yang kurang
  4. Menggunakan obat yang bermacam – macam
  5. Keturunan
  6. Keberadaan penyakit lain

Keluhan yang sering muncul akibat gangguan ini seperti gangguan penglihatan karena katarak, rasa kesemutan pada tungkai serta kelemahan otot, dan ada juga gangguan luka pada tungkai yang sudah untuk sembuh.

Jika anda membutuh kan perawat home care untuk membantu merawat orang tua anda dirumah baik itu medis maupun non medis anda bisa menggunakan jasa home care kami. Anda bisa menghubungi website Insan Medika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here