Hidungmu Tersumbat ? Coba lakukan cara ini

0
71
Ketika Hidungmu tersumbat itu menandakan adanya peradangan di selaput rongga hidung. Akibat dari peradangan ini bisa mengurangi bahkan menghalangi aliran udara ketika masuk melalui hidung. Pada saat peradangan itu hidung akan memproduksi lendir untuk mengusir segala sesuatu yang menggangu.
Source : Idn Times

Ketika kita sedang beraktifitas tiba – tiba hidungmu tersumbat, pasti rasanya jengkel dan itu akan mengganggu aktifitas sehari – harimu. Mungkin kita beranggapan ketika hidung tersumbat itu dikarenakan ingus. Nyatanya bukan karena ingus loh, hidung tersumbat ini biasanya terjadi karena ada pembengkakan pada lapisan hidung.

Ketika Hidungmu tersumbat itu menandakan adanya peradangan di selaput rongga hidung. Akibat dari peradangan ini bisa mengurangi bahkan menghalangi aliran udara ketika masuk melalui hidung. Pada saat peradangan itu hidung akan memproduksi lendir untuk mengusir segala sesuatu yang menggangu.

Ternyata ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbar ini. Berikut adalah caranya:

  • Meniup Hidung
    Ketika hidung sedang tersumbat, coba deh meniup hidup lembut ke arah atas. Berdasarkan apa yang disampaikan Mayo Clinic di Amerika Serikat, cara tersebut akan sedikit membantu menghilangkan lendir di saluran hidungmu.
  • Minum Banyak Cairan
    Ketika hidung tersumbat coba juga meminum banyak cairan, ini dipercaya dapat meredakan hidung tersumbat juga. Meminum banyak cairan dapat berguna untuk mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tetap lembab.
  • Menghirup Uap hangat dari bawang putih
    Didalam Bawang Putih terkandung allicin yang beguna sebagai anti bakteri. Senyawa ini bisa membantu mengencerkan lendir yang ada di saluran pernapasan. Cara menggunakannya potong beberapa bawang putih menjadi kecil lalu masukan kedalam rebusan air. Jika sudah anda bisa hirup aroma dari bawang putih yang sudah direbus dengan air.
  • Menggunakan Kain Lap Hangat
    Cara ini juga dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat. Caranya cukup letakan kain lap hangat di wajah ketika merasa lendir keluar dari hidung. Menurut Medlineplus cara tersebut bisa menguras lendir yang berada didalam hidung.
  • Gunakan Minyak Kayu Putih
    Menggunakan Minyak Kayu Putih dapat membantu mengencerkan ingus didalam hidung. Untuk tatacaranya cukup hirup uap dari air panas yang sudah diteteskan minyak kayu putih.
  • Tidur dengan bantal lebih
    Ketika posisi kepala miring ini dapat membantu bernafas agar lebih leluasa dan meringankan hidung yang tersumbat.

Jika sudah melakukan cara tersebut dan hidung anda masih tersumbat dalam waktu seminggu. Anda mungkin harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!
Referensi
https://www.sehatq.com/artikel/9-cara-mengatasi-hidung-tersumbat-yang-bikin-napas-jadi-plong-kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here