Segudang Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

0
72
Segudang Manfaat dari bawang putih
Segudang Manfaat dari bawang putih

Banyak dari kita pasti sudah sering mendengar namanya bawang putih. Bawang putih ini sering digunakan oleh banyak orang sebagai salah satu bumbu dapur dalam membuat masakan. Tapi, tahukah anda ternyata bawang putih ini memiliki banyak sekali manfaat untuk berbagai macam persoalan di dalam kesehatan.

Di dalam bawang putih segar ternyata memiliki kandungan belerang dan allicin. Salah satu manfaat dari allicin ini bisa menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol. Di dalam sebuah penelitain yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine ini menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi 10 gram bawang putih perharinya, ternyata dapat mengalami penurunan kolesterol secara drastis dalam waktu dua bulan jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

Selain untuk menurunkan Kolesterol ternyata bawang putih juga memiliki kelebihan lainnya, diantaranya :

  1. Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung
    Bawang putih juga ternyata memiliki potensi untuk mencegah risiko penyakit jantung. Berdasarkan dari sebuah penelitian ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang mengadung ekstrak bawang putih ini akan memberikan efek untuk perlindungan kesehatan pada jantung.
  2. Mecegah dan mengobati Flu
    Di dalam bawang putih menganduk antioksidan dan nutrisi. Antioksidan dan nutrisi ini berguna untuk kekebalan tubuh serta dapat mencegah dan mengobati penyakit pilek atau flu.
  3. Mengontrol Berat badan
    Bawang putih juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi berat badan. Ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menunjukan makanan kaya akan bawang putih bisa mengurangi berat dan lemak di dalam tubuh.
  4. Mencegah Kerontokan Rambut
    Bawang putih juga dipercaya bisa mengakhiri masalah kerontokan, ini disebabkan karena kandunga allicin yang tinggi pada bawang putih. Untuk cara penggunaannya anda bisa memotong bawang putih lalu gosokan pada kulit kepala dan lakukan selama 5 menit. Setelah itu tunggu sekitar 30 menit sampai 1 jam.
  5. Mengusir Nyamuk
    Ternyata bau bawang putih yang kuat diketahui mengandung sulfur alami yang beracun ketika nyamuk menelan atau menciumnya.
  6. Mengurangi rasa pusing atau sakit kepala
    Bawang putih juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit kepala. Untuk Caranya Anda bisa mengiris bawah putih menjadi 2 bagian, lalu letakan pada telinga. Bawang putih ini akan membantu mengalirkan rasa hangat dari telinga sehingga membuat sakit kepala menghilang.
Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!
Referensi
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/24/202234820/perhatikan-12-manfaat-hebat-bawang-putih?page=all
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3772656/atasi-sakit-kepala-dengan-bawang-putih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here