HomeHerbalKonsumsi Sayuran ini Dipercaya Bikin Otak jadi 'Encer', Pernah...

Konsumsi Sayuran ini Dipercaya Bikin Otak jadi ‘Encer’, Pernah Coba?

Otak manjadi salah satu bagian tubuh yang penting bagi manusia. Fungsi otak seringkali dikira hanya untuk berpikir saja. Namun faktanya otak memiliki peranan yang penting dalam aktivitas manusia.

Oleh karena itu, untuk menjaga fungsi otak tetap optimal, diperlukan nutrisi yang cukup. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi sayuran. Beberapa sayuran memiliki kandungan yang dipercaya baik untuk menutrisi otak.

Rekomendasi sayuran yang bagus untuk otak

Seperti yang kita tahu, sayuran adalah salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi tubuh. Namun, tidak semua sayuran ternyata baik untuk otak. Dilansir dari kompas.com, sayuran yang alami bewarna kuning, hijau, dan merah terbukti mengandung zat-zat yang bergizi dan penting bagi kesehatan otak.

Berikut ini ada rekomendasi beberapa sayuran yang bagus untuk kesehatan otak yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: 5 Buah Kaya akan Vitamin C untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Bayam

Foto sayur bayam yang bermanfaat untuk kecerdasan otak (freepik.com/racool.studio)

Bayam memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi seperti asam folat, zat besi, kalsium, vitamin E, serta vitamin K, yang mana dapat membantu untuk mempertajam daya ingat.

Tak hanya baik untuk mempertajam daya ingat, bayam juga bermanfaat bagi lansia. Hal tersebut dibuktikan dari sebuah penelitian yang membuktikan bahwa seseorang lansia yang mengonsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya secara rutin, memiliki kemampuan kognitif otak menjadi lebih muda 11 tahun dari usianya.

Baca juga: Jasa Perawat Orang Tua Yang Menderita Alzheimer dan Demensia di Rumah

2. Sayur Brokoli

Foto sayur brokoli yang baik untuk kesehatan otak (freepik.com/racool.studio)

Sayuran selanjutnya yaitu brokoli. Brokoli dipercaya ampuh bikin otak jadi ‘encer’ dan terjaga kesehatannya. Hal itu karena brokoli tinggi antioksidan, vitamin C, dan flavonoid.

Dilansir dari briliofood.net, konsumsi brokoli juga dapat mencegah penurunan kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir.

3. Asparagus

Foto sayur asparagus yang baik untuk kesehatan otak (freepik.com/jcomp)

Selain enak, asparagus juga bermanfaat bagi kecerdasan otak. Asparagus kaya akan vitamin B12 dan mineral yang mana dapat membantu untuk mencegah kerusakan otak juga penyakit demensia.

Untuk mendapat manfaatnya secara maksimal, pilihlah asparagus yang masih segar, memasaknya tidak terlalu matang, dan tidak mencampurkan terlalu banyak tambahan. Anda juga bisa konsumsi secara langsung atau sebagai makanan pendamping steak.

4. Wortel

Foto sayur wortel yang baik untuk kesehatan otak (freepik.com/dashu83)

Terkenal akan manfaatnya yang baik untuk mata, wortel ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Wortel mengandung luteolin yang dapat mencegah inflamasi pada otak. Ketika seseorang mengalami inflamasi pada otak, dapat membuat ingatan perlahan-lahan menghilang.

5. Tomat

Foto sayur tomat yang baik untuk kesehatan otak (freepik.com/roocal.studio)

Tomat yang kita lihat, umumya bewarna merah. Hal itu disebabkan oleh sejenis fitokima yang disebut likopen. Likopen adalah sejenis antioksidan yang dapat membantu melindungi sistem dan saraf pada otak.

Selain itu, tomat juga mengandung vitamin B dan mineral yang dapat membantu kekuatan otak dan menghasilkan neuromessenger (pembawa pesan saraf) di otak.

6. Paprika merah

Foto sayur paprika merah yang baik untuk kesehatan otak (freepik.com/pakhnyushchyy)

Paprika memiliki dua jenis, yaitu paprika merah dan hijau. Keduannya sama-sama memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C dan betakaroten yang merupakan pro-vitamin A. Namun, kandungan vitamin C pada paprika merah lebih tinggi sekitar 20% dari paprika hijau.

Warna merah itulah yang dapat menunjukan ada banyak kanfungan betakaroten yang baik untuk kessehatann otak. Selain itu, paprika jug mengandung sodium dan potassium, yang mana dapat membantu meningkatkan pengiriman pesan saraf.

Warna merah pada paprika itulah yang menunjukkan ada banyak kandung betakaroten yang baik untuk kesehatan otak.

7. Bit

Terakhir adalah sayur bit. Sayur bit dipercaya dapat membantu aliran darah membawa oksigen ke otak karena kaya akan karbohidrat dan juga sumber zat besi.

Selain itu, warna ungu pada sayur bit disebabkan oleh adanya antosianidin dapat melindungi membran sel otak yang sangat lembut dan menjadi lebih mudah menerima pesan neurotransmitter.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI
  • Healthline (2021). 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory. Diakses pada 2 Desember 2022.
  • Brillio.food (2022). 10 Sayuran ini bagus untuk kesehatan otak, bisa pertajam daya ingat. Diakses pada 2 Desember 2022.
  • bbcgoodfood (2022). 10 foods to boost your brainpower. Diakses pada 2 Desember 2022
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer