Konsumsi 9 Makanan ini Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

0
50
makanan untuk mencegah alzheimer
Photo by Anna Pelzer on Unsplash

Penyakit Alzheimer biasanya sering menyerang para lansia. Penyakit ini menyerang otak dan mengakibatkan penurunan daya ingat dan juga kemampuan berpikir serta berbicara. Untuk mencegah penyakit ini otak memerlukan nutrisi untuk meningkatkan kemampuan memori dan intelegensi.

Menurut The National Institutes of Health mengatakan ada beberapa bukti bahwa makanan, diet dan juga gaya hidup sehat dapat mencegah penyakit Alzheimer. Untuk itu kami merangkum beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mencegah penyakit Alzheimer :

  1. Biji – bijian
    Makanan pertama yang dapat mencegah Alzheimer adalah biji – bijian terutama gandum karena gandum dapat mendorong terjadinya generasi sel.
  2. Oyster
    Jika kamu menyukai seafood pasti pernah mendengar oyster kan ? Oyster ini ternyata memiliki banyak manfaatnya diantaranya dapat menurunkan berat badan, bagus untuk kesehatan kulit dan juga dapat meningkatkan fungsi otak. Sebab di dalam oyster terdapat banyak sekali kandungan diantaranya vitamin B12, Omega 3, zat besi dan zinc yang sangat berperan bagi kesehatan otak manusia.
  3. Ikan
    Selain oyster ikan terutama salmon dan tuna dapat membantu pertumbuhan otakmu, ini bisa terjadi karena ikan kaya akan protein dan kalsium.
  4. Blueberry
    Buah blueberry yang memiliki rasa asam dan juga manis ternyata kaya akan antioksidan. Antioksidan ini sangat baik untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu Blueberry juga dipercaya dapat menjaga keseimbangan dan sinkronisasi sel – sel tubuh dengan usia.
  5. Telur
    Telur memiliki banyak vitamin yang berperan untuk kesehatan otak yakni B6, B12, folat dan kolin. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa asupan kolin yang tinggi dapat meningkatkan daya ingat dan mental. Sementara itu vitamin B seperti B6 dan B12 serta asam folfat dapat mengurangi kadar senyawa homosistein dalam darah. Diketahui jika kadar senyawa homosistein ini meningkat dapat menyebabkan resiko serangan jantung, stroke, pembentukan darah beku dan mungkin penyakit Alzheimer.
  6. Tomat
    Tomat memiliki banyak sekali vitamin didalamnya diantaranya terdapat likopen sebagai antioksidan yang tinggi. Seperti yang sudah disinggung diatas antioksidan ini sangat baik untuk mencegah risiko kerusakan sel dan dapat mencegah risiko terjadinya penyakit Alzheimer.
  7. Brokoli
    Brokoli memang serat dengan nutrisi dan juga memiliki vitamin K yang dapat membantu meningkatkan otak secara keseluruhan.
  8. Kopi
    Kopi jika dikonsumsi secara berlebihan memang buruk untuk kesehatan. Tapi, kopi nyatanya dapat mencegah Alzheimer karena kaya akan kafein dan juga antioksidan.
  9. Yogurt
    Salah satu penyebab terjadinya penyakit alzheimer adalah stres. Jika anda mengalami stres cobalah konsumsi yogurt karena yogurt mengandung asam amino yang mampu mengurangi stres.
Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Image Source :

https://unsplash.com/@annapelzer?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here