Komedian Idan Separo Meninggal akibat Diabetes

0
49
Akibat Diabetes idan separo meninggal
Idan Separo (Source : tribunnews.com)

Dunia hiburan Indonesia kembali berduka, komedian Achmad Sahidan atau lebih kita kenal Idan Separo dikabarkan meninggal dunia kemarin, Rabu (2/9/2020).

Kabarnya Idan mengidap penyakit gula atau diabetes. Untuk yang belum mengetahui penyakit diabetes, penyakit ini merupakan penyakit kronis yang biasanya ditandai dengan ciri – ciri tingginya kadar gula darah. Gula atau sering disebut juga Glukosa ini merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Jika seseorang memiliki glukosa yang menumpuk di dalam darah karena tidak terserap dengan baik, ini bisa menyebabkan berbagai gangguan organ pada tubuh.

Mungkin masih banyak masyarakat yang masih menyepelekan penyakit diabetes ini. Tapi harus diketahui penyakit diabetes jika tidak dikelola atau dikontrol dengan baik bisa saja menyebabkan penderita dapat meninggal.

Berdasarkan dari beberapa sumber penyakit diabetes ini memiliki beberapa jenis diantaranya :

  1. Diabetes Tipe 1
    Diabetes tipe 1 ini biasanya kerap menyerang seseorang remaja atau seseorang yang memiliki umur dibawah 40 tahun. Ini terjadi karena sel – sel yang seharusnya memproduksi hormon insulin dirusak oleh imun. Akibatnya tubuh kekurangan insulin karena pankreas pun tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Akibat dari kekurangan insulin tersebut mengakibatkan kadar glukosa meningkat.
    Diabetes tipe 1 ini juga sering disebut sebagai gangguan autoimun.
    Pencegahan yang biasanya dilakukan hingga kini adalah dengan menyuntikan insulin ke tubuh oleh dokter pada pasiennya, Untuk jenis penyuntikannya terbagi atas 3 macam diantaranya :
    – Insulin Aksi Cepat
    – Insluin Aksi Lambat
    – Inslulin Aksi Intermediate
  2. Diabetes Tipe 2
    Berbeda dengan diabetes tipe 1, pada diabetes tipe 2 biasanya menyerang orang dewasa dan lansia. Ini akibat dari dari sel – sel tubuh kurang sensiti terhadap insulin, sehingga insulin tidak dapat dipergunakan dengan baik.
    Untuk kasus ini coba biasakan mengganti pola hidup menjadi lebih teratur agar dapat mengembalikan kadar gula dan juga produksi insulin yang seharusnya, seperti memperhatikan pola makan serta minum dan juga selalu barengi dengan olahraga.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki gejala yang hampir mirip diantaranya :

  1. Sering buang air kecil.
  2. Sering merasa haus.
  3. Penurunan berat badan tanpa kejelasan
  4. Masa otot berkurang
  5. Sering merasa lapar
  6. Terdapat keton dalam urine.

Jika anda mengalami gejala – gejala tersebut sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat di diagnosa dan dicegah sedini mungkin.

Untuk diabetes sebenarnya memiliki beberapa jenis lain diantaranya diabetes gestasional dan juga diabetes labil. Untuk penjelasan lebih lanjut anda bisa membaca artikel Jenis-Jenis Penyakit Diabetes dan Penyebabnya.

Layanan home care perawat medis, perawat orang sakit, perawat lansia dan perawat bayi atau anak
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here