Nyeri punggung berdasarkan jenis dan lokasi sakitnya
Nyeri punggung berdasarkan jenis dan lokasi sakitnya

Nyeri punggung tidak hanya dialami oleh lansia saja, melainkan semua usia dapat menderita sakit punggung yang disebabkan oleh berbagai hal. Sakit yang dirasakan antara tulang leher hingga tulang ekor ini sering diremehkan oleh penderitanya.

Padahal beberapa indikasi seseorang mempunyai masalah kesehatan yang lebih serius ditandai dengan adanya nyeri punggung. Nyeri punggung diakibatkan karena adanya permasalahan di ruas antar tulang belakang dan jaringan di sekitarnya.

Beberapa orang mengalami nyeri punggung akibat melakukan olahraga atau kegiatan yang banyak memberi beban terhadap tubuh khususnya tulang belakang. Jaringan pada tulang belakang yang cidera akan memunculkan rasa nyeri di punggung.

Memahami penyebab nyeri punggung yang dialami amatlah sangat penting, jika nyeri punggung tidak diketahui penyebabnya maka dikhawatirkan dapat menjalar ke berbagai bagian tubuh lainnya.

Dibutuhkan diagnosa dokter lebih lanjut untuk mengetahui penyebab punggung nyeri. Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter biasanya menggunakan metode “trial and error” untuk mendapatkan hasil yang paling mendekati penyebab utamanya.

Baca juga: 5 Tips Kesehatan untuk Lansia Agar Terhindar dari Penyakit Kronis

Sakit Punggung Berdasarkan Jenisnya

Nyeri Punggung Akibat Haid

Saat menstruasi, wanita akan merasa nyeri di beberapa bagian tubuhnya. Salah satunya adalah nyeri punggung akibat adanya ketegangan otot perut yang berkontraksi.

Walau yang berkontraksi otot perut ternyata otot-otot di bagian lain juga akan mendapatkan efeknya, seperti nyeri pada bagian punggung, pinggang, panggul dan bagian paha atas.

Nyeri Punggung Akibat Hamil

Beberapa tindakan seperti membungkuk akan terasa sulit dan kadang dibarengi dengan rasa nyeri untuk ibu hamil. Hal ini wajar mengingat ketika hamil maka ibu akan mengalami perubahan hormon yang berfungsi untuk memperbesar otot pinggul.

Hormon tersebut diberi nama hormon relaksin yang diproduksi secara alami. Nyeri punggung yang dialami oleh ibu hamil akan terasa pada sendi sakroiliaka atau area pertemuan tulang panggul dengan tulang belakang.

Nyeri Punggung Akibat Ginjal Bermasalah

Sakit punggung dapat disebabkan oleh pelbagai hal, salah satunya adanya masalah pada ginjal. Nyeri punggung ketika ginjal bermasalah dapat dirasakan dari bagian yang nyeri.

Jika terdapat nyeri pada salah satu bagian punggung saja, antara punggung sebelah kanan atau kiri maka harus ditangani secara serius oleh dokter.

Nyeri Punggung Berdasarkan Tempatnya

Nyeri dapat dirasakan di beberapa bagian punggung, setiap bagian mempunyai indikasi penyakit yang lebih serius. Untuk meng

Nyeri Punggung Bawah

Low back pain atau nyeri punggung bawah sering terjadi karena disebabkan oleh adanya cidera pada otot menjadi tegang atau ligamen (keseleo).

Nyeri punggung bagian bawah dapat kambuh kembali namun keluhan ini bukanlah jenis penyakit. Sampai sejauh ini belum diketahui penyebab nyeri punggung bawah secara spesifik, gejala ini dapat hilang dengan sendirinya.

Nyeri Punggung Kiri

Sakit punggung sebelah kiri dapat disebabkan adanya ketegangan atau keseleo pada otot. Jika tidak ditangani secara serius, nyeri punggung dapat terasa semakin memburuk.

Beberapa gejala atau keluhan dari nyeri punggung sebelah kiri adalah kram otot, sulit untuk melakukan mobilitas seperti berdiri, berjalan dan membungkuk.

Selain disebabkan karena otot tegang dan keseleo, sakit punggung sebelah kiri dapat disebabkan karena sciatica. Sistem saraf sciatica terdapat pada sepanjang bagian punggung bawah, pinggul, bokong hingga kaki.

Nyeri Punggung Kanan

Lokasi nyeri yang terletak di bagian punggung kanan sering dikaitkan dengan masalah organ tubuh bagian dalam, seperti paru-paru dan gangguan pencernaan.

Penyakit pneumonia dapat memberikan efek yang terasa sakit pada bagian punggung kanan atas. Sedangkan masalah lainnya adalah gangguan pada pencernaan.

Adanya peradangan yang terjadi pada kantung empedu dapat menimbulkan rasa sakit mulai dari bawah tulang rusuk bagian kanan hingga menjalar ke bagian punggung sebelah kanan.

Jika kondisi nyeri punggung sebelah kanan tidak kunjung reda walau sudah diobati, segera konsultasikan ke dokter.

Itulah berbagai jenis nyeri punggung dan bagian yang sering terasa sakit. Jika Anda membutuhkan perawatan secara intensif di rumah oleh perawat home care terbaik di Indonesia, Anda bisa menghubungi Insan Medika. Khusus pembaca artikel ini berhak mendapatkan harga spesial.*

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here