Beberapa Masalah yang sering ditemukan pada gigi Lansia

0
55
Masalah Gigi pada Lansia
Masalah Gigi pada Lansia

Semakin bertambah umur biasanya lansia akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Salah satu masalah yang dialami lansia biasanya terkait dengan gigi dan juga gusi.

Gigi sangat penting bagi setiap orang terutama untuk mengunyah, menggigit, merobek makanan agar mudah dicerna oleh tubuh. 

Seiring bertambahnya usia gigi akan mengalami penurunan pada fungsinya dan menyebabkan banyak masalah terutama pada lansia. Masalah yang ditimbulkan biasanya meliputi sakit gigi, gusi yang meradang, gusi berdarah dan juga infeksi pada gusi.

Berikut adalah beberapa masalah gigi yang harus diperhatikan dan juga cara pencegahannya :

1. Kerusakan pada gigi

kerusakan gigi
kerusakan gigi


Gigi berlubang adalah salah satu masalah kerusakan gigi. Kerusakan gigi dapat menyebabkan sakit gigi, infeksi bahkan bisa menyebabkan gigi copot.

Kerusakan gigi biasanya terjadi karena pola makan yang salah, seperti sering makan makanan manis, sering ngemil diantara waktu makan dan juga penurunan produksi air liur. Kebiasaan – kebiasaan itu bisa menyebabkan penumpukan gula dan asam pada mulut sehingga gigi dapat mengalami kerusakan.

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari kerusakan gigi ?

Cara yang paling ampuh untuk terhindar dari kerusakan gigi adalah selalu membiasakan sikat gigi 2 x sehari. Selain itu jika anda sering mengkonsumsi makanan manis ada baiknya untuk dikurangi.

2. Penyakit Gusi

Gusi yang bermasalah disebabkan oleh bakteri yang berada pada plak dan karang gigi. Faktor terjadinya penyakit pada gusi biasanya disebabkan karena sering merokok. Jika mengalami penyakit pada gusi gejala yang ditimbulkan seperti iritasi dan berdarah pada gusi.

Penyakit pada gusi ini untungnya masih bisa dicegah dengan cara menyikat gigi setiap hari dan juga melakukan flossing.

3. Gusi surut

Penyebab lain yang biasanya ditemukan pada gigi adalah gusi yang surut. Faktor penyebab utama gusi surut disebabkan kebersihan gigi yang buruk, sering merokok , riwayat keluarga dan kebiasaan menggertakan gigi.

Akibat gusi yang surut bisa menyebabkan gigi sensitif. Jika tidak diobati, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan mulut dan bisa menyebabkan berkembangnya penyakit pada gusi serta kehilangan gigi.

Untuk mencegah gusi surut sebaiknya kurangi makanan yang manis, berhenti merokok dan selalu memperhatikan kebersihan gigi.

4. Mulut Kering

Umumnya ada beberapa orang mengalami penurunan produksi air liur seiring bertambahnya usia kondisi tersebut dikenal sebagai mulut kering. Mulut kering juga bisa disebabkan dari efek samping ketika mengkonsumsi obat tertentu.

Ketika Produksi air liur berkurang, ini bisa menyebabkan gula dan asam mudah menumpuk di mulut. Hal tersebut bisa menyebabkan gigi berlubang, bibir kering dan pecah – pecah, lidah bengkak hingga sulit menelan dan berbicara.

Untuk mengatasi hal tersebut terutama pada lansia, ada sebaiknya anda meminum air secara teratur dan mengurangi makanan dan minuman manis. Selain itu anda juga bisa mengunyah permen karet untuk merangsang produksi air liur dan berkumur untuk mencegah penumpukan asam.

5. Kanker Mulut

Kanker mulut bisa terjadi pada lansia yang sering merokok atau minum – minuman beralkohol.

Cara pencegahan paling penting adalah berhenti merokok dan juga minum – minuman beralkohol.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here