manfaat lari untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat memperlancar aliran darah, serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Disamping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik
7 Manfaat lari yang sayang untuk Dilewatkan (bandungkita.id)

Lari adalah Olahraga yang terjangkau, Lari dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu lari dapat menurunkan risiko segala macam penyakit berbahaya.

Beberapa manfaat lari untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat memperlancar aliran darah, serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tLari memiliki beberapa manfaat diantaranya dapat melancarkan aliran darah , meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh. Lari juga dapat memicu keluarnya hormon dan enzim untuk merangsang otot dan jantung bekerja lebih baik. Manfaat lainnya bisa disimak berikut ini :

Manfaat Lari

Berlari adalah salah satu cara tercepat untuk membakar kalori. Di samping memperlancar aliran darah dalam tubuh, lari juga memiliki manfaat lain yang secara langsung dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat lari bagi tubuh.

  • Mengurangi berat badan

Berlari adalah salah satu cara tercepat untuk membakar kalori. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus berlari secara teratur. Ini juga mempercepat laju metabolisme Anda. Olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Berlari atau jogging juga termasuk jenis olahraga yang baik untuk mengecilkan perut. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari Anda, serta berat badan Anda.

  • Mencegah osteoporosis

Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

  • Mencegah risiko jantung koroner

Setiap melakukan olahraga lari, detak jantung Anda akan berdegup lebih kencang dari normalnya. Itu menandakan bahwa jantung sedang dilatih agar lebih kuat, sehingga bisa terhindar dari ancaman penyakit. Berlari lebih dari 16 km per minggu, setidaknya bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh Anda. Manfaat lari lainnya yang bisa Anda dapatkan yaitu berkurangnya kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh. Dan jika Anda bisa meningkatkan jarak lari hingga 80 Km per minggu, Anda akan mengalami peningkatan HDL yang signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain melakukan olahraga teratur, Anda perlu menunjang dengan makanan dan gaya hidup yang sehat.

  • Baik bagi kesehatan lutut

Melakukan olahraga lari dapat memelihara kesehatan lutut, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut. Namun apabila Anda memiliki masalah pada sendi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, sebelum memulai olahraga lari sebagai aktivitas rutin.

  • Memperbaiki suasana hati

Ketika Anda berlari secara rutin, tingkat energi Anda naik, tubuh Anda terasa bugar dan suasana hati Anda juga terangkat. Ini memberi Anda rasa bahagia yang juga akan memberikan efek pada kinerja kerja dan hubungan pribadi Anda. Seseorang yang rutin melakukan olahraga lari, akan merasa hari-harinya lebih baik dan bahagia. Hal ini mampu meningkatkan suasana hati Anda, dan berdampak baik pasda kualitas hidup Anda. Selain itu, olahraga lari juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjasdinya depresi. Hal ini karena ketika lari, tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu berinteraksi dengan reseptor di otak Anda untuk mengurangi persepsi tentang rasa sakit. Hormon ini juga memicu perasaan positif di dalam tubuh. Olahraga dipercaya dapat meringankan penyakit depresi ringan hingga sedang.

  • Meningkatkan kualitas otak

Saat Anda sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang Anda hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif. Akibat berlari, sel-sel otak Anda mendapatkan lebih banyak darah beroksigen. Ini membantu Anda berpikir lebih cepat.

  • Meningkatkan fungsi organ tubuh

Lari secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung yang terlatih akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat. Meski mudah dan dapat dilakukan kapan saja, sebaiknya Anda mengetahui beberapa tips lari di bawah ini agar hasil yang didapatkan lebih maksimal dan dapat mengurangi risiko cedera yang mungkin terjadi

Beberapa hal yang harus diketahui, di antaranya :

  • Pilih sepatu yang tepat, guna mengurangi risiko cedera pada tubuh.
  • Lakukan pemanasan sebelum lari, untuk menghindari sakit betis atau sakit pergelangan kaki yang sehingga menimbulkan kram otot.
  • Mulailah dengan berjalan selama lima menit atau lebih
  • Sisipkan lari setidaknya selama lima menit atau lebih
  • Sisipkan lari setidaknya selama beberapa menit, kemudian kembali berjalan. lakukan secara bergantian
  • Tingkatkan durasi lari Anda secara bertahap, hingga Anda mampu berlari tanpa berjalan.
  • Lakukan pendinginan dengan berjalan pelan, agar detak jantung dan tekanan darah Anda kembali normal.
  • Lakukan peregangan otot saat fase pendinginan, agar tidak terjadi kram otot dan terjadinya farises.

Selain mengikuti beberapa tips di atas, jika Anda baru pertama kali melakukan olahraga lari, sebaiknya Anda mulai perlahan dengan melakukannya secara rutin tiga kali seminggu.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat lari bagi tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas, lakukanlah olahraga lari secara rutin. Agar hasil maksimal, kombinasikan lari dengan mengonsumsi makanan sehat, bergizi dan mempraktekkan pola gaya hidup yang sehat.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here