HomePengobatanTips mengatasi Sakit Leher Bagian Belakang

Tips mengatasi Sakit Leher Bagian Belakang

Sakit leher bisa saja terjadi kepada semua orang ini diakibatkan dari beberapa hal diantaranya posisi tidur yang salah, bekerja depan komputer dengan jangka waktu yang lama tanpa mengubah posisi duduk, cedera fisik atau bisa juga postur tubuh yang kurang baik.

Jika anda mengalami sakit leher pada bagian belakang biasanya ini bukan berasal atau pertanda dari penyakit yang serius. Sakit leher bagian belakang ini bisa kok diobati sendiri tanpa adanya pengobatan yang khusus.

Tahukah anda ketika seseorang mengalami sakit leher dibagian belakang ini disebabkan oleh cervical syndrome. cervical syndrome ini merupakan serangkaian gangguan akibat dari adanya perubahan pada tulang belakang dan jaringan lunak yang mengelilinginya, ini akan menyebabkan sarat tulang belakang akan tertekan dan juga dapat menyebabkan rasa nyeri.

Nah lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Berdasarkan artikel yang ditulis di halodoc dan juga alodokter ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut diantaranya :

  1. Menggerakan Leher
    Coba deh kamu gerakan otot pada bagian leher secara perlahan – lahan. Lakukan gerakan ini dengan cara melingkar agar otot – otot pada leher yang sakit bisa direnggakan. Setelah itu anda bisa variasikan dengan gerakan kedepan juga kebelakang atau juga ke kiri dan juga kanan. Cara tersebut dapat membuat rentan gerak otot pada leher dapat membaik. Tapi jika misalnya terasa hatikan lebih baik hentikan dahulu dan coba dengan cara yang lain.
  2. Berendam menggunakan larutan garam mandi
    Jika kamu ketika pulang kerja mengalami sakit leher pada bagian belakang coba deh berendam dengan air hangat yang sudah diberi garam. Larutan garam dapat membantu melemaskan otot – otot yang kaku. Selain itu berendam dengan larutan air garam juga bisa untuk mengurangi stres dan juga melancarkan sirkulasi darah.
  3. Oleskan Balsam
    Anda bisa juga menggunakan balsam pada bagian leher yang sakit. Balsam atau salep mengandung bahan aktif seperti : capsaicin, menthil atau camphor untuk menekan sinyal rasa sakit.
  4. Kompres dengan air hangat atau dingin
    Coba deh setelah pulang kerja anda bisa mandi dengan air hangat, ini akan membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke leher, serta membantu otot – otot leher menjadi rileks. Selain itu anda juga bisa menyelinginya dengan kompress leher menggunakan es pada handuk, ini bisa membuat rasa sakit berkurang dan juga dapat merelaksasi otot – otot pada leher.
  5. Perbaiki posisi tidur
    Jika kamu mengalami sakit leher ketika bangun tidur, berarti ada yang salah dengan posisi tidurmu. Coba deh atur posisi tidurmu dengan cara menggunakan bantal yang terlalu tinggi dan pertahankan posisi tidur agar tidak terlalu terangkat tinggi.
  6. Pijat leher
    Menurut sebuah penelitian pijat dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit, walau hanya dalam jangka pendek.

Jika cara – cara tersebut masih gagal dan mengalami sakit leher yang berlanjut hingga seminggu. Lebih baik anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter kepercayaan anda.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi

https://www.alodokter.com/cara-sederhana-mengatasi-sakit-leher-belakang

https://www.halodoc.com/artikel/6-cara-mengatasi-nyeri-leher-bagian-belakang

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care