5 Manfaat Madu bagi Kesehatan

0
93
Manfaat Madu
Manfaat Madu (Photo by Arwin Neil Baichoo on Unsplash)

Tahukah kamu madu memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan loh. Sejak dahulu madu sering dijadikan makanan dan juga obat, karena banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Madu memiliki banyak kandungan diantaranya air, gula, antioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin C, vitamin E, asam amino serta mineral.

Masyarakat sering menggunakan madu ini untuk berbagai macam obat untuk meredakan batuk, diare maupun asma. Selain itu berdasarkan apa yang ditulis dari berbagai media madu ini memiliki manfaat lain diantaranya :

  1. Penyembuh luka
    Mungkin banyak dari kita yang belum tahu, ternyata madu dapat menyembuhkan luka. Ini disebabkan karena Nutrisi dan juga bahan kimia lainnya yang terdapat pada madu yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangsi rasa sakit dan juga infeksi. Selain itu madu juga dapat meningkatkan kinerja sel – sel yang terlibat dalam penyembuhan luka dan juga dapat mengurangi nanah serta dapat mengurangi bau tidak sedak pada luka. Jenis – jenis luka yang dapat disembuhkan diantaranya adalah luka bakar, lecet, pascaoperasi dan borok atau ulkus kaki kronis.
    Cara menggunakan madu untuk luka cukup dengan mengoleskan madu olahan atau krim mengandung madu pada kulit yang terluka.
  2. Mencegah kanker dan menyehatkan jantung
    Didalam kandungan madu terdapat antioksidan yang tinggi. Diketahui antioksidan dapat menangkal pertumbuhan sel – sel jahat dalam tubuh, termasuk kanker.
    Selain kandungan antioksidan madu juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung.
  3. Mencegah diabetes
    Salah satu penyebab terjadinya diabetes adalah kadar gula darah yang tinggi lantaran banyak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang manis. Madu dipercaya dapat mencegah diabetes karena memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa yang dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah.
    Walaupun madu sedikit lebih baik dari gula bagi penderita diabetes, mengkonsumsi madu juga harus berhati – hati.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Madu juga memiliki kandungan nutrisi yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.
  5. Membersihkan racun dalam tubuh
    Madu juga dapat membersihkan berbagai macam racun di dalam tubuh. Ini karena madu mengandung antioksidan yang tinggi.

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi tidak semua madu aman. Ada beberapa jenis madu yang malah dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Madu jenis ini biasanya berasal dari nektar Rhododendron. Madu ini beresiko menyebabkan tekanan darah rendah, nyeri dada dan juga gangguan irama jantung karena mengandung racun.

Jika anda ingin mengkonsumsi madu yang aman, anda sebaiknya memastikan madu yang akan dikonsumsi sudah terdapftar di BPOM RI atau belum dan juga perhatikan untuk tanggal kadaluarsanya.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi
https://www.alodokter.com/manfaat-madu-ditinjau-dari-sisi-medis
https://www.liputan6.com/bola/read/4093639/22-khasiat-madu-bagi-kesehatan-salah-satunya-mencegah-kanker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here