Segudang Manfaat dari Jalan Kaki di Pagi Hari

0
127
Jalan Kaku
Jalan Kaki (Source : https://health.kompas.com/)

Pagi hari emang enak buat olahraga. Olahraga yang bisa kita lakukan ketika pagi tidak harus berat kok, kita bisa melakukan olahraga seperti jalan kaki.

Mudah bukan ?

Selain mudah udara dipagi hari juga dapat meningkatkan mood kita dan memberikan energi postif untuk menjalankan rutinitas keseharian kita. Selain udara yang segar jalan saat pagi hari dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh loh.

Berikut adalah manfaat jalan kaki bagi kesehatan :

  1. Dapat menurunkan berat badan
    Ketika kamu melakukan jalan pagi selama 30 menit itu dapat membakar hingga 150 kalori dalam tubuh. Lumakan kan ? tapi lebih bagus lagi jika kamu kombinasikan dengan diet sehat dan juga latihan kekuatan, agar hasilnya menjadi lebih memuaskan.
  2. Baik untuk jantung
    Siapa yang pingin memiliki jantung yang sehat ? rutinitas jalan pagi selama 30 menit juga nyatanya dapat membantu mengontrol tekanan darah dan juga memperkuat jantung juga loh. Selain itu jalan pagi juga dapat menurunkan kadar trigliserida yaitu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah.
  3. Menguatkan otot
    Berjalan kaki selain sehat dapat juga memperkuat otot – otot kakimu. Untuk hasil yang lebih optimal ada sebaiknya kamu tambah latihan untuk penguatan kaki lainnya seperti squat dan lunges beberapa kali seminggu untuk otot yang lebih sehat.
  4. Meningkatkan fokus
    Kalau kamu sering kehilangan fokus ketika bekerja atau belajar, mungkin jalan kaki saat pagi hari menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan fokusmu. Karena jalan kaki dapat meningkatkan mental dan juga kemampuan saat berpikir sepanjang hari loh. Selain itu berjalan kaki saat pagi juga dapat membantu kamu untuk berpikir lebih kreatif.
  5. Mencegah depresi
    Selain meningkatkan fokusmu jalan pagi nyatanya dapat mencegah depresi akibat rutinitas padatmu loh. Ini bisa terjadi karena munculnya hormon endorfin yang bisa memberikan energi positif dan dapat mengurangi stres.
  6. Kontrol kadar kolesterol
    Kalau kolesterolmu sering tinggi, mungkin jalan kaki adalah salah satu solusinya. Karena dengan jalan kaki dapat mencegah Aterosklerosis yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat akibat penimbunan plak dan juga kolesterol pada dinding arteri. Pelu diketahui jika kolesterolmu tinggi itu bisa menyebabkan masalah jantung yang akan berbahaya bagi kesehatan.
  7. Cegah Arthritis dan Osteoporosis
    Kalau kamu malas gerak dan susah berolahraga itu bisa menyebabkan radang sendi loh. Oleh karena itu, mulai biasakan olahraga atau setidaknya jalan kaki agar dapat melatih kekuatan sendimu.
  8. Menurunkan Resiko Diabetes
    Selain manfaat diatas jalan kaki juga bisa menurunkan resiko diabetesmu juga. Ini bisa terjadi karena jalan kaki dapat membantu meningkatkan kontol gula darahmu. Berjalan kaki akan membuat sel – sel dalam tubuhmu akan menggunakan glukosa yang tidak terpakai, sehingga lemak dalam tubuh dapat dikelola dengan baik.

Ternyata banyak yah manfaat dari jalan kaki saat pagi hari. Selain berjalan kaki saat pagi ada sebaiknya memulai makan – makanan yang bergizi yah agar manfaat diatas lebih terasa lagi untuk menyehatkan tubuhmu.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi
https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-jalan-kaki-di-pagi-hari
https://hot.liputan6.com/read/4176143/10-manfaat-jalan-pagi-untuk-kesehatan-cegah-penyakit-serius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here