Tips Melakukan Protokol Kesehatan bagi Lansia saat Pilkada Serentak

0
52
Tips melakukan protokol kesehatan saat pilkada
Tips melakukan protokol kesehatan saat pilkada

Nanti tanggal 9 Desember 2020, Indonesia akan mengadakan pilkada serentak. Diharapkan masyarakat melakukan protokol kesehatan ketika akan melakukan pemilihan. Hal ini dilakukan karena pilkada serentak kali ini dilakukan ketika Pandemi covid-19 masih berlangsung di Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M.Tito Karnavian, meminta untuk penyelenggara pilkada dapat memperhatikan pemilih yang memiliki penyakit bawaan atau berstatus komorbid dan juga para lansia saat melakukan pemungutan suara pilkada serentak. Perlu diketahui lansia dan juga komorbid merupakan orang – orang yang rentan terjangkit virus covid-19.

“Untuk pemilih lansia dan yang berstatus komorbid di tengah pandemi ini karena mereka rentan penularan, kami menyarankan agar mereka oleh diberikan perlakuan khusus. Tujuannya untuk melindungi mereka dari potensi terpapar Covid-19,” kata Tito pada acara Rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020 yang digelar di Kemenko Polhukam, di Jakarta.

Perhatian khusus tersebut bisa dengan cara dijemput, difasilitasi dan juga masuk kelompok pemilih saat pagi hari agar para lansia dapat selesai dengan cepat. Selain itu juga jangan lupa melakukan protokol kesehatan ketika berada di lokasi tempat pemilihan umum.

Apa saja protokol kesehatan yang harus diperhatikan saat melakukan pemungutan suara saat pilkada serentak ? 

Berikut kami rangkum beberapa hal yang patut kamu perhatikan jika keluargamu terdapat lansia dan juga kelompok komorbid :

  1. Jaga kebersihan tangan
    Ketika selesai melakukan pemungutan suara saat pilkada, selalu bersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer. Jika tangan dinilai kotor ketika sudah melakukan pemungutan suara, ada baiknya segera bersihkan tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.
  1. Jangan menyentuh wajah
    Ketika keluargamu yang ada di golongan lansia dan komorbid. Selalu ingatkan mereka agar sebisa mungkin untuk tidak menyentuh area wajah khususnya mulut, mata dan juga hidung.
  2. Terapkan etika batuk dan bersin
    Ketika seseorang tidak sengaja batuk dan juga bersin, tubuh akan mengeluarkan virus dari dalam tubuh. Jika virus itu mengenai dan terpapar ke orang lain khususnya para lansia dan juga kelompok komorbid, maka mereka akan bisa terinfeksi virus yang berasal dari tubuh kita. Karena itu ada baiknya kita selalu menerapkan etika batuk dan bersin dengan benar, caranya cukup tutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam.
  3. Pakai Masker
    Menggunakan masker saat pilkada serentak sangat penting khususnya untuk para lansia dan juga kelompok komorbid agar terhindar dari penyakit virus covid-19. Karena itu pastikan lansia dan juga kelompok komorbid menggunakan masker ketika akan melakukan pemilihan pada pilkada serentak nanti.
  4. Jaga jarak
    Agar para lansia dan juga kelompok komorbid ini bisa terhindar dari virus covid-19, mereka harus senantiasa melakukan jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. 

Itu adalah beberapa tips melakukan protokol kesehatan ketika akan melakukan pilkada serentak. Ada baiknya kita selalu dampingi keluarga kita terutama yang sudah lansia dan juga orang yang termasuk kelompok komorbid agar bisa diingatkan untuk melakukan protokol kesehatan.

Selain itu, lakukan Isolasi mandiri jika saat atau sesudah pilkada merasa mengalami tanda – tanda covid-19.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here