HomeKesehatanSering Bergadang ? Coba Lihat Efek Buruknya

Sering Bergadang ? Coba Lihat Efek Buruknya

Bergadang adalah hal yang biasanya dianggap wajar atau bahkan sering kita lakukan. Entah itu karena sedang menyelesaikan pekerjaan, ataupun sedang melakukan aktifitas seperti nonton bola, ngeronda dan lain – lain.

Tapi tahukah anda jika kita sering bergadang akan berakibat buruk bagi kesehatan ?

Dikutip dari alodokter sampai saat ini belum ada informasi tentang efek baik dari bergadang untuk kesehatan, karena jika seseorang bergadang dan mengakibatkan kurang tidur itu dapat membuat kondisi fisik maupun mental dapat menjadi buruk.

Selain efek diatas ternyata bergadang juga memiliki banyak resiko yang dapat memperburuk kesehatan diantaranya :

  1. Meningkatnya Berat badan atau beresiko obesitas
    Dari beberapa penelitian menyebutkan jika seseorang kurang tidur itu akan menyebabkan seseorang lebih banyak makan cemilan berkalori tinggi. Selain itu jika seseorang mengalami kurang tidur itu maka kadar hormon leptin akan menurun, ini menyebabkan tubuh anda akan merasa lapar.
  2. Melemahkan Sistem Imun
    Ketika seseorang tertidur dengan lelap itu akan memproduksi hormon sitokinin. Hormon sitokinin ini berguna untuk melawan bakteri dan juga virus yang menyerang tubuh. Hormon ini juga membantu anda mudah tertidur.
    Jika anda sering bergadang dan menyebabkan anda kurang tidur ini akan membuat sistem imun anda melemah dan menyebabkan kita mudah terkena penyakit.
  3. Pelupa
    Tidur berguna untuk meregenerasi sel yang berguna untuk memperkuat ingatan. Ketika seseorang bergadang ini akan menghambat proses tersebut dan menyebabkan seseorang menjadi pelupa.
  4. Penurunan Kemampuan Berfikir
    Selain menjadi pelupa bergadang juga dapat menyebabkan mengurangnya kemampuan seseorang untuk berpikir, berkonsentrasi dan juga dalam memecahkan sesuatu masalah. Selain itu juga bergadang dapat menyebabkan kewaspadaan seseorang mengalami penurunan dan bisa menyebabkan kecelakaan ketika bekerja.
  5. Memicu penyakit serius
    Ketika seseorang terus menerus bergadang ada kemungkinan nanti akan mengundang penyakit serius seperti jantung, stroke, darah tinggi, diabetes dan lain – lain.
  6. Penurunan produksi hormon
    Ketika kita sedang tidur, tubuh akan memproduksi berbagai macam hormon seperti sitokinin dan lain – lain. Jika seseorang mengalami kurang tidur itu bisa membuat produksi hormon terganggu dan mengundang berbagai macam penyakit.
Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi :
1. https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-begadang-dan-dampak-buruknya-bagi-kesehatan
2. https://www.alodokter.com/banyak-kondisi-buruk-menanti-anda-karena-efek-begadang

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
8 Prinsip Etika Keperawatan

10 Prinsip Etika dalam Dunia Keperawatan yang Wajib Dimiliki

0
Etika keperawatan adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh perawat sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi perawat dengan menerapkan norma-norma keperawatan...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care