HomeHome carePelayanan Home Care yang Tepat Bagi Penderita Ulkus Diabetikum

Pelayanan Home Care yang Tepat Bagi Penderita Ulkus Diabetikum

Penderita Diabetes Melitus semakin beranjak dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut menyebabkan pula peningkatan kejadian luka seperti pada kaki dan tangan yang diakibatkan oleh diabetes atau biasa disebut ulkus diabetikum.

Penderita penyakit ini tidak hanya lansia namun banyak juga usia yang masih produktif. Tidak jarang juga kini banyak rumah sakit yang menerapkan layanan home care atau pelayanan kesehatan di rumah.

Home care merupakan sebuah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada individu atau keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, dan memulihkan kesehatan secara maksimal.

Pengertian Ulkus Diabetikum

Ulkus diabetikum merupakan sebuah kondisi munculnya luka yang disertai keluarnya cairan berbau tidak sedap dari kaki. Penyakit ini kerap dialami oleh penderita diabetes.

Diabetikum juga termasuk salah satu penyakit komplikasi diabetes yang berbahaya sehingga perlu segera mendapatkan penanganan yang tepat oleh medis.

Tanda yang paling terlihat dari diabetikum adalah jaringan hitam (disebut eschar) di sekitar ulkus. Jaringan hitam ini terbentuk karena tidak adanya aliran darah yang sehat ke daerah maag.

Jika sudah terlihat tanda seperti itu segera konsultasikan ke dokter untuk mengidentifikasi seberapa serius ulkus diabetikum yang diderita.

Baca juga: Mengenal Diabetes Melitus pada Lansia

Penyebab dan faktor Ulkus Diabetikum

Umumnya ulkus diabetikum terjadi akibat kerusakan saraf dan pembuluh darah karena kadar gula darah yang tidak terkontrol (hiperglikemia). Selain itu juga buruknya sirkulasi darah yang membuat aliran darah tidak mengalir ke kaki dengan baik.

Kondisi tersebut yang akhinya memicu kaki mati rasa dan akhirnya terjadi luka pada kaki. Tidak hanya sirkulasi darah, ada juga beberapa faktor yang menyebabkan ulkus diabetikum, antara lain:

  • Kapalan/penebalan kulit di kaki
  • Gangguan penglihatan
  • Kelebihan berat badan/obesitas
  • Konsumsi merokok
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Ganguan benjolan pada kaki atau bunion

Pada umumnya, penderita diabetes sangat beresiko untuk terkena ulkus diabetikum. Jika Anda memiliki riwayat diabetes, disarankan untuk menghindari faktor-faktor diatas agar terhindar dari ulkus diabetikum.

Pelayanan home care bagi penderita Ulkus Diabetikum

Penderita diabetes yang mengalami ulkus diabetikum umumnya sulit jika harus berobat ke rumah sakit. Luka yang biasanya terjadi di kaki menyebabkan penderita akan sulit berjalan. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan bagi penderita ulkus diabetikum tidak diberikan perawatan medis.

Kini ada jasa pelayanan home care yang memudahkan seorang pasien untuk tetap berobat di rumah. Pelayanan home care sendiri bermacam-macam, ada layanan untuk lansia, bayi yang baru lahir, disabilitas, dan pasca operasi atau perawatan luka.

Bagi penderita ulkus diabetikum disarankan untuk memilih pelayanan home care perawatan luka.

Insan Medika sebagai home care terbaik di Indonesia memiliki layanan home care perawatan luka khususnya bagi penderita diabetes yang membutuhkan perawatan intensif.

Adapun pelayanan yang diberikan perawat pada pasien penderita ulkus diabetikum sebagai berikut:

  • Memberikan perawatan, pendampingan, dan pengawasan pasien selama masa perawatan di rumah.
  • Mengatur pemberian obat serta jadwal check up ke dokter
  • Memastikan pasien aman dan nyaman ketika masa pengobatan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan
  • Merencanakan pola makan yang sesuai untuk penderita diabetes dan menyiapkannya
  • Memastikan pasien makan dengan teratur
  • Memantau kondisi kesehatan pasien terutama luka yang diderita, tekanan darah (tensi), dan detak jantung.
  • Mengganti perban pada luka
  • Memberikan laporan progres kesembuhan pasien pada keluarga
  • Memberikan tindakan perawatan pada luka sesuai dengan sop yang benar dan memastikan tidak terjadi infeksi

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

REFERENSI

Healthline (2021). Diabetic Ulcers: Causes and Treatment. Diakses pada 29 September 2022

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care