HomeKesehatanMeningitis: Penyebab, Jenis, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Meningitis: Penyebab, Jenis, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Meningitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada meningen atau selaput pelindung otak dan syaraf tulang belakang. Gejala meningitis tidak begitu jelas sehingga sering disalah artikan.

Anak-anak, remaja dan lansia lebih rentan menderita penyakit ini meski orang dewasa juga tidak bisa lepas dari risiko terjadinya peradangan pada selaput otak.

Ibu hamil atau orang yang tidak menjalani imunisasi meningitis sangat berisiko terkena penyakit ini daripada orang lain yang telah menjalani suntik atau vaksin meningitis.

Gleen Fredly seorang musisi tanah air menjadi salah satu korban meninggal akibat penyakit meningitis pada usinya yang baru 44 tahun.

Baca juga: Vanessa Angel Terkena Sinusitis, Berikut Gelaja dan Obatnya

Penyebab Meningitis

Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur dan parasit.

Selain itu, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau mempunyai kondisi kesehatan tertentu juga dapat berisiko mengalami meningitis.

Jenis Meningitis

Penyakit radang selaput otak ini dapat dibagi menjadi lima jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu:

1. Meningitis Virus

Kasus meningitis akibat infeksi virus jumlahnya cukup banyak mengingat meningitis jenis ini dapat menular melalui percikan air atau droplet saat bersin, batuk, pilek bahkan bisa melalui sentuhan langsung oleh orang yang terinfeksi.

Selain menular dari manusia ke manusia, meningitis virus dapat ditularkan dari hewan seperti serangga, nyamuk dan kutu.

2. Meningitis Bakteri

Bakteri Neisseria Meningitdis atau Streptococcus Pneumoniae dapat menular melalui interaksi secara langsung dengan penderitanya. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri ini sangat berisiko menyebabkan kematian.

Meski kedua bakteri tersebut dapat menular namun tidak dapat akan hidup terlalu lama di luar tubuh inangnya, sehingga orang sehat tidak mudah tertular asal tidak terlalu lama atau sering berinteraksi dengan penderita.

3. Meningitis Jamur

Cryptococcus atau peradangan selaput otak yang disebabkan oleh infeksi jamur. Umumnya jenis infeksi oleh jamur ini dialami oleh orang dengan sistem imun lemah.

Meski begitu, kasus meningitis jamur ini sangat langka dan tidak menular ke orang lain.

4. Meningitis Parasit

Meski jenis penyakit meningitis ini sangat langka namun risikonya sangat berbahaya hingga mengancam jiwa. Penyebab utama dari mengingitis ini adalah infeksi amuba mikroskopis Naegleria Fowleri.

Parasit jenis ini banyak ditemukan di danau atau sungai dan mudah masuk melalui saluran pernapasan atau hidung. Meski begitu, jenis meningitis parasit tidak menular.

5. Meningitis Non-Infeksi

Tidak semua penderita meningitis akibat dari infeksi virus, bakteri atau jamur. Beberapa kejadian seperti cidera pada kepala atau pasca operasi otak dapat meningkatkan risiko mengalami peradangan selaput otak atau meningitis.

Selain itu, beberapa kondisi medis seperti kanker, lupus atau penyakit lainnya juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami meningitis.

Gejala Meningitis

Seseorang yang telah terinfeksi salah satu mikroorganisme penyebab meningitis bisa tidak mengalami gejala atau sakit. Berikut ciri-ciri meningitis pada orang dewasa yang patut diwaspadai:

  • Gejala mirip flu (demam dan sakit kepala)
  • Kejang-kejang.
  • Leher kaku.
  • Timbul rasa nyeri pada leher dan dapat menyebar hingga pada bagian dagu atau dada.
  • Mual hingga muntah.
  • Timbul rasa kantuk yang sangat berat.

Gejala Meningitis pada anak

Biasanya meningitis di alami oleh anak di bawah usia 2 tahun dengan gejala seperti:

  • Muncul benjolan di kepala.
  • Menangis tiada henti.
  • Mudah sakit atau terkena penyakit.
  • Tidak napsu makan.
  • Gangguan pernapasan hingga menyebabkan kesulitan saat bernapas.
  • Batuk-batuk.

Pengobatan Meningitis

Dokter akan memberikan obat sesuai dengan penyebab meningitis yang diderita oleh seseorang. Ada pun contoh pengobatan yang akan dilakukan adalah:

  • Pengobatan dengan antibiotik dan steroid (deksametason) untuk meningitis yang disebabkan oleh bakteri.
  • Pengobatan secara mandiri di rumah dengan meredakan gejala apa bila disebabkan oleh infeksi virus. Disarankan untuk banyak istirahat dan mengkonsumsi banyak air.
  • Pengobatan di rumah sakit. Beberapa kondisi pasien meningitis membutuhkan bantuan alat pernapasan seperti oksigen dan infus untuk menjaga cairan tubuh.

Harap temui dokter apa bila muncul komplikasi meningitis yang dapat menimbulkan berbagai kondisi kesehatan yang lebih buruk.

Pada penderita anak-anak sangat disarankan untuk kembali menemui dokter setelah penyakit meningitis sembuh. Hal ini untuk mencegah adanya efek jangka panjang dari penyakit meningitis.

Pencegahan Meningitis

Pencegahan paling penting dari meningitis adalah mengikuti imunisasi atau suntik vaksin yang diperuntukan sesuai dengan usia masing-masing orang.

Harap konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui jenis imunisasi yang cocok untuk anak-anak atau orang dewasa.

Selain mengikuti imunisasi, untuk mencegah penularan meningitis dapat dengan menghindari faktor risiko penyebabnya serta menerapkan gaya hidup sehat dan bersih.

Q & A (Question & Answer) tentang Meningitis

Q: Apa itu meningitis?
A: Meningitis adalah peradangan pada selaput otak yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme dan kondisi medis tertentu seperti kanker, lupus atau cidera pada bagian kepala.

Q: Apakah meningitis bisa sembuh?
A: Dengan penanganan dan pengobatan yang tepat, penderita meningitis dapat sembuh.

Q: Apakah meningitis menular?
A: Penyakit meningitis yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme dapat menular. Namun apa bila meningitis disebabkan oleh kondisi tertentu non-infeksi maka tidak dapat menular.

Q: Berapa biaya vaksin meningitis
A: Biaya untuk menjalani vaksin atau imunisasi meningitis tergantung dari tempat atau rumah sakit dan kota wilayah di Indonesia. Biaya suntik meningitis biasanya berkisar sekitar Rp 305.000,-.


Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

lowongan kerja perawat home care insan medika
- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care