Kebanyakan Makan Daging ? Waspadai 7 Gangguan Kesehatan ini

0
139
Gangguan kesehatan jika terlalu banyak makan daging
Gangguan kesehatan jika terlalu banyak makan daging

Mendapatkan daging saat tradisi qurban tentu menjadi sesuatu yang patut disyukuri, apalagi jika sudah mempunyai rencana untuk mengolah daging tersebut. Daging kambing ataupun daging sapi sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara baik dan benar. Sayangnya ketika Idul Adha banyak dari kita mungkin terlalu berlebihan mengkonsumsi berbagai macam olahan daging baik itu sate, gulai, opor, dan lain – lainnya.

Gangguan Yang akan dialami jika memakan daging berlebihan

Jika Kamu adalah tipe orang yang selalu mengkonsumsi daging berlebihan, coba deh perhatikan beberapa gangguan yang bakal dialami karena makan daging berlebihan :

  1. Mengantuk
    Semakin kamu banyak memakan daging terutama daging sapi ini akan membuatmu kelelahan. Ini bisa terjadi karena protein dalam daging membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diproses.
  2. Sembelit
    Daging itu tidak memiliki serat jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi daging itu bisa membuat saluran cerna tersumbat. Apalagi jika kamu mengkonsumsi daging tanpa mengkonsumsi sayuran.
  3. Kolestrol Tinggi
    Cara pengolahan daging yang kurang tepat juga bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan. Terutama jika mengolah daging dengan menggunakan banyak sekali santan, ini akan meningkatkan kadar kolesterolmu. Jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan otomatis kadar kolesterolmu akan tinggi.
  4. Kenaikan Berat Badan
    Ketika Idul Adha berat badanmu naik ? mungkin salah satunya karena banyak mengkonsumsi daging. Itu disebabkan karena daging memiliki kandungan lemak yang bisa membuat berat badan dan kolesterolmu meningkat jika dikonsumsi secara berlebihan.
  5. Dehidrasi
    Memang Protein di dalam daging sapi memiliki banyak manfaat, tapi jika protein ini terlalu berlebihan bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi banyak protein juga bisa menyebabkan ginjal akan memproduksi urine yang lebih pekat.
  6. Menyebabkan Sakit Kepala
    Daging sapi banyak mengandung lemak, jika terlalu banyak memakan daging sapi ini bisa menyebabkan naiknya tekanan darah yang akhirnya bakal menyebabkan sakit kepala.
  7. Peradangan di dalam tubuh
    Ada penelitian yang menyebutkan bahwa lemak jenuh pada daging bisa menyebabkan meningkatnya peradangan di dalam tubuh. Jika anda mengkonsumi daging ini secara berlebihan, bisa saja terjadi peradangan yang cepat dan menyebabkan organ – organ penting bisa mengalami gangguan.

Meskipun pada daging memiliki banyak manfaat, tapi jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Jika anda mengalami gangguan – gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan diatas sebaiknya segera mengkonsumsi sayuran serta berhenti dahulu mengkonsumsi daging atau bisa juga langsung segera berobat ke dokter kepercayaan anda.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!
Referensi : 
1. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631235/6-gangguan-kesehatan-akibat-kebanyakan-makan-daging
2. https://www.liputan6.com/health/read/4034731/9-dampak-konsumsi-daging-sapi-secara-berlebihan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here