HomeFakta KesehatanKeuntungan dan Kerugian Memakan Daging Sapi saat Idul Adha

Keuntungan dan Kerugian Memakan Daging Sapi saat Idul Adha

Hari Raya Idul Adha dilakukan hari ini tanggal 31 Juli 2020, biasanya hari raya idul adha akan diperingati dengan shalat idul adha dan juga melakukan pemotongan hewan qurban. Banyak dari kita mungkin memasak olahan daging ini dengan berbagai macam olahan, ada yang membuat sate, tongseng, gulai ataupun rendang.

Keuntungan Memakan Daging Sapi

Tapi tahukah anda berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia di twitter, ternyata banyak manfaat jika kita memakan daging sapi bagi kesehatan, diantaranya :

  1. Meningkatkan Sistem Imun
    Didalam daging sapi ini ternyata mengandung protein, dimana fungsi dari protein ini dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak. Selain itu juga daging sapi ternyata mampu meningkatkan fungsi otak. Selain kandungan protein ternyata dalam daging sapi mengandung zat besi, ini berguna untuk pengikat oksigen dalam tubuh dan membantu proses metabolisme serta dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil.
  2. Menjaga Berat Badan
    Banyak dari kita mungkin dengan memakan daging sapi dapat meningkatkan berat badan. Tapi ternyata daging sapi justru bisa membantu menjaga berat tubuh yang ideal, ini karena didalam daging sapi juga terdapat kandungan senyawa asam linoleat terkonjugasi dan juga L-carnitine. Fungsi dari L-carnitine ini ternyata dapat memberikan penurunan tubuh yang lebih signifikan dari pada orang yang tidak mengkonsumi. Lalu fungsi dari asam linoleat ini dapat membantu penurunan lemak. Walaupun daging sapi dapat menjaga tubuh, tapi sebaiknya jangan memakan daging sapi secara berlebihan yah.
  3. Mempercepat Penyembuhan Luka
    Berdasarkan apa yang terlah disampaikan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia ternyata protein dalam daging sapi ini membantu juga dalam penyembuhan luka.
  4. Membantu Fungsi Jantung
    Jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, daging sapi tanpa lemak juga ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung.
  5. Menjaga Kesehatan Kulit
    Di dalam daging sapi juga memiliki mineral dan nutrisi, ini berfungsi untuk membantu regenerasi kulit agar tidak kusam, bisa juga untuk menghilangkan noda hitam pada wajah dan mencegah penuaan dini. Selain mineral dan nutrisi daging sapi mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.

Dampak Negatif Terlalu banyak Makan daging Sapi

Selain keuntungan yang didapat dari mengkonsumsi daging sapi, ternyata daging sapi juga memiliki dampak negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah dampak negatif jika terlalu banyak makan daging sapi :

  1. Meningkatkan kadar kolesterol
    Daging sapi selain memiliki protein, mineral dan nutrisi, ia mengandung banyak lemak. Lemak ini yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga bisa menyebabkan banyak penyakit. Jika kadar kolesterol ini dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti stroke dan juga penyakit jantung.
  2. Mengalami Dehidrasi
    Memang Protein di dalam daging sapi memiliki protein, tapi jika protein ini terlalu berlebihan bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi banyak protein juga bisa menyebabkan ginjal akan memproduksi urine yang lebih pekat.
  3. Menyebabkan Sakit Kepala
    Daging sapi banyak mengandung lemak, jika terlalu banyak memakan daging sapi ini bisa menyebabkan naiknya tekanan darah yang akhirnya bakal menyebabkan sakit kepala.
Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah purusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesiona: Perawat Medis, Perawat Orang Sakit, Perawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

Referensi
1. https://tirto.id/plus-minus-mengonsumsi-daging-sapi-bagi-kesehatan-ef6c
2. https://doktersehat.com/manfaat-daging-sapi/
3. https://www.liputan6.com/bola/read/4256705/6-dampak-negatif-kebanyakan-makan-daging-sapi
4. https://twitter.com/kementan/status/1074495284187525120

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care