HomePerawatApa Itu STR dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Apa Itu STR dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Pengertian STR

Surat Tanda Registrasi atau sering disebut STR merupakan bukti tertulis yang diberikan pemerintah kepada tenaga kesehatan berupa sertifikat kompetensi. STR ini sangat diperlukan bagi tenaga kesehatan seperti perawat, dokter dan juga tenaga medis lainnya sebagai legalitas yang diakui oleh negara sebagai tenaga kesehatan yang memiliki kompeten di bidang kesehatan.

Apa Saja Manfaat STR ?

Selain sebagai legalitas, Surat Tanda Registrasi (STR) juga berguna untuk tenaga kesehatan memperoleh izin untuk melakukan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan jenis profesinya. Biasanya jika seseorang sudah mendapatkan STR, secara tidak langsung pemerintah telah mengkonfirmasi bahwa tenaga kesehatan tersebut merupakan tenaga kesehatan yang sudah layan memberikan pelayanan kesehatan.

Berapa lama masa STR ?

Surat Tanda Registrasi berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang setiap lima tahun. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1796 tahun 2011 yang isinya, STR yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang melalui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan dan / atau pelatihan, serta kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan bidang tugasnya atau profesinya.

Bagaimana Prosedur Mendaftar STR ?

Untuk mendapatkan STR tenaga kesehatan bisa mengajukannya secara manual dan juga dilakukan secara online. Untuk pengajuan STR secara online tenaga kesehatan perlu mempersiapkan beberapa berkas – berkas yang diperlukan ketika mendaftar STR secara online.
Berikut adalah berkas –  berkas untuk mendaftar STR secara online :

  1. Pas foto resmi dengan latar belakang berwarna merah.
  2. Scan / Foto KTP
  3. Scan / Foto Ijazah
  4. Nomor Sertifikat Kompetensi
  5. Scan / Foto Surat Sehat
  6. Sumpah Profesi
  7. Surat Pernyataan Patuh pada Etika Profesi

Jika kamu sudah mempersiapkan berkas – berkas yang ada diatas. Kamu bisa mulai melakukan pendaftaran secara online. Dikutip dari indonesia.go.id, berikut adalah cara daftarnya :

  1. Masuk ke halaman Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI).
  2. Silakan masukan PIN Kamu, jika belum punya bisa pilih menu belum punya pin.
  3. Selanjutnya sistem akan meminta Kamu mengisi data alamat email, nomor KTP dan captcha. Selanjutnya pilih menu Daftar.
  4. Jika data yang Kamu masukan valid, secara otomatis kolom akan terisi dan Kamu bisa klik ceklis pada kolom sehingga pendaftaran bisa dilanjutkan.
  5. Catat PIN yang dibawah untuk masuk ke akun Kamu.
  6. Selanjutnya pilih menu Registrasi Baru jika Kamu sebelumnya belum memiliki akun
  7. Pilih menu Lulusan diatas Tahun 2020 jika Kamu lulus kuliah setelah tahun tersebut.
  8. Setelah itu Kamu perlu mengisi data meliputi Perguruan Tinggi, Program Studi dan juga Nomor Induk Mahasiswa. Jika data yang Kamu isi tidak ditemukan, Kamu bisa hubungi pihak institusi Perguruan Tinggi agar bisa dilengkapi.
  9. Jika semua data sudah benar, Klik Konfirmasi Data ke Kemenristekdikti. Beri ceklis pada kolom yang telah disediakan lalu klik mulai.
  10. Pada Step 1 Kamu akan diminta mengunggah dokumen seperti pas foto, KTP, Ijazah, Nomor Sertifikat Kompetensi, Surat Sehat, Sumpah Profesi dan juga Surat Pernyataan Patuh pada Etika Profesi.
  11. Selanjutnya pada step 2, Kamu perlu mengisi data Info Administrasi berupa jenis Tempat Kerja, Status Tempat Kerja, Nama Tempat Kerja, Alamat Tempat Kerja seperti Provinsi, Kabupaten dan juga Nomor Telepon Tempat Kamu bekerja. Jika saat pembuatan STR Kamu belum bekerja, Kamu bisa mengosongkan kolom – kolom tersebut.
  12. Pada Step 3, Kamu akan diminta mengisi data Uji Kompetensi berupa Nomor Sertifikat Kompetensi, Tanggal Sertifikat Kompetensi, Tempat Uji Kompetensi, Tanggal Uji Kompetensi, setelah semua terisi Kamu bisa klik selesai.
  13. Jika sudah selesai, maka akan keluar pemberitahuan bahwa pendaftaran Kamu sukses. Selanjutnya data akan divalidasi oleh perwakilan Organisasi Profesi dan anggota Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia atau disingkat MTKI.
  14. Setelah permohonan STR disetujui, Kamu perlu membayar nominal Rp. 100.000 dengan kode billing melalui bank yang sudah ditunjuk.
  15. Cek email Kamu setelah melakukan pembayaran. Periksa di bagian Cek Status untuk mengetahui permohonan STR yang Kamu ajukan.
  16. STR yang sudah selesai selanjutnya akan dicetak oleh Sekretariat KTKI dan dilegalisir sebelum dikirim ke Kantor Pos yang terdekat dengan Kamu.
  17. Kamu juga bisa mencetak STR sendiri melalui QR Code yang ada di akun Kamu.
  18. Kamu bisa mengambil STR dengan menunjukan kartu identitas kepada petugas Kantor Pos
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care